ABCkotaraya.id
Akuntansi

Software Akuntansi Berbasis Desktop untuk Bisnis

Promo Accurate Online

Software akuntansi yang baik sangat cocok untuk segala jenis bisnis, terlepas apapun skala atau industrinya. Kehadiran software akuntansi memudahkan segala pekerjaan mengenai urusan bisnis hingga keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dan cepat serta menjadikan laporan dengan otomatis. Berdasarkan sistem pengoperasian, software akuntansi dibagi menjadi dua macam, yaitu software akuntansi berbasis desktop dan cloud atau online. Kali ini kita akan mengulas software akuntansi berbasis desktop.

Apa lagi saat ini sudah banyak para pemilik bisnis yang telah tersadarkan untuk menggunakan software akuntansi dalam aktivitas bisnis mereka. Sehingga penyelesaian pembukuan dan pencatatan pada urusan bisnisnya menjadi lebih mudah serta cepat.

Baca Juga: Software Akuntansi: Kenapa Perlu dan Penting Bagi Perusahaan

Mengenal Software Akuntansi Desktop

Software akuntansi desktop adalah software akuntansi yang di install pada personal komputer Anda. Komputer ini biasanya berada di kantor dan semua data berkaitan akuntansi perusahaan Anda tersimpan di dalam desktop tersebut.

Dahulu memang banyak perusahaan yang menggunakan jenis software ini, bahkan di Indonesia saat ini pun masih banyak perusahaan yang menggunakan software akuntansi berbasis desktop. Dimana Aplikasi hanya tersimpan dan bisa di akses di komputer yang terinstall software tersebut. Berbeda dengan software akuntansi berbasis online, dimana Anda bisa mengaksesnya dimana saja dan menggunakan perangkat komputer dimana saja.

KELEBIHAN KEKURANGAN
Tidak Selalu bergantung dengan koneksi internet Hanya bisa di akses pada beberapa perangkat komputer yang telah terinstall
Performa terbaik yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang digunakan Tidak bisa beralih komputer atau laptop
Cukup aman jika tidak terhubung ke internet. Karena tidak mudah terkena hack Selalu perlu diperbarui secara manual dan biasanya dikenakan biaya
Harganya cukup terjangkau Perlu pencadangan data tambahan untuk memback-up data.

 

Apakah Bisnis Perlu Software Akuntansi Dekstop

Banyak yang bertanya, apakah bisnis memerlukan aplikasi pembukuan berbasis desktop? Sebenarnya aplikasi jenis ini sangat diperlukan oleh setiap bisnis, Anda bisa menyesuaikan apakah bisnis Anda lebih membutuhkan software akuntansi berbasis desktop atau online.

Namun Anda juga perlu melihat lokasi tempat bisnis Anda. Jika Anda merupakan bisnis kecil berbasis UMKM, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis desktop. Mengapa? Mungkin lokasi bisnis Anda masih belum terakses dengan jaringan internet yang baik, Anda bisa memanfaatkan software pembukuan desktop untuk menjalankan usaha Anda. Selain itu, aplikasi pencatatan keuangan desktop lebih murah dibandingkan dengan aplikasi online.

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk menyesuaikan pada bisnis, Anda bisa mengerti dasar-dasar akuntansi untuk menggunakan software akuntansi berbasis desktop. Jika memang pengguna atau akuntan di perusahaan Anda hanya satu orang, dan aktivitas akuntansi di perusahaan Anda tidak terlalu banyak aplikasi pembukuan berbasis desktop sudah bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, pada umumnya software akuntansi desktop digunakan oleh banyak kantor hukum. Mengapa? Karena mereka menghindari adanya pembajakan data yang dilakukan oleh pihak ketiga. Sehingga banyak kantor hukum yang lebih memilih menggunakan software akuntansi berbasis desktop.

Apabila budget bisnis Anda terbatas, tetapi bisnis memerlukan perangkat lunak akuntansi, maka Anda sangat disarankan menggunakan aplikasi berbasis desktop untuk pencatatan keuangan Anda.

Baca Juga: 10 Fitur Wajib yang harus Ada di Software Akuntansi

Kesimpulan

Setiap bisnis membutuhkan aplikasi pembukuan untuk mendapatkan keakuratan dan transaparansi dari setiap data keuangan yang mereka gunakan. Sehingga bisnis bisa mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan otomatis secara cepat.

Dalam memilih software akuntansi berbasis desktop Anda perlu mengetahui berbagai fitur dan modul yang ada di dalamnya. Setiap industri memiliki jenis dan fitur software yang berbeda-beda dan perlu Anda sesuaikan dengan jenis bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apakah perangkat akuntansi yang Anda pilih bisa di integrasikan dengan sistem milik pihak ketiga, seperti perbankan atau perpajakan yang lain. Anda perlu memastikan fleksibilitas dan skalabilitas yang mendorong pertumbuhan serta peningkatan profitabilitas.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Alasan Penting, Mengapa UMKM Wajib Memiliki Pembukuan

mimin ABC kotaraya

Jenis-Jenis Akuntansi yang Perlu Dikenali Pebisnis

mimin ABC kotaraya

Rekomendasi Software Akuntansi Murah untuk Bisnis Skala Kecil hingga Besar

Iskandar

Leave a Comment