ABCkotaraya.id
Image default
Keuangan

Ada Niatan Pinjam Modal ke Koperasi Online? Simak dulu Plus dan Minusnya

Pernah mendengar tentang koperasi online? Belakangan ini sebagian orang mulai marak membicarakan tentang pinjaman uang atau modal dari koperasi ini. Selain mudah prosesnya, koperasi online juga memberikan keringanan pada peminjam yaitu tidak adanya jaminan yang harus diberikan.

Pengajuan pinjamannya juga sangat praktis dan dapat diakses siapa saja. Jika Anda pemilik bisnis yang mungkin berminat untuk meminjam modal dengan syarat yang tidak ribet, bisa menghubungi admin koperasi tersebut yang akan membantu mendapatkan dana segar, namun sebelum itu ketahui dulu plus minus dari meminjam dana pada koperasi ini.

Mendapatkan modal dari koperasi online memang lebih mudah, dibandingkan harus langsung mengantri ke koperasi secara langsung. Namun, ada juga beberapa hal yang dianggap merugikan jika meminjam modal ke koperasi tersebut. Apa saja plus minus dari sistem koperasi ini berikut ulasanya:

1. Prosesnya Cepat dan Mudah

Meminjam uang melalui koperasi online tanpa agunan, memang mudah, karena ini merupakan suatu organisasi atau lembaga saja. Tidak ada ketentuan apapun seperti hal nya koperasi pada umumnya. Selain proses pinjam yang mudah dan cepat, proses pencairan dananya juga terbilang cepat.

2. Wajib Menjadi Anggota Koperasi

Seperti hal nya koperasi pada umumnya, untuk melakukan pinjaman pada koperasi online, Anda harus menjadi angota dari koperasi tersebut. Pinjaman memang diberikan hanya kepada anggota saja. Untuk bisa mendapatkan pinjaman, setidaknya Anda sudah menjadi anggota untuk 1 tahun minimal.

3.Keringanan Bunga

Jika beberapa jenis pinjaman lainya mensyaratkan bunga dengan nilai yang berbeda-beda ( tidak pasti), maka koperasi online memiliki bunga yang pasti atau tetap. Sistem bunga yang dibebankan adalah bunga flat yang sudah ditentukan oleh kesepakatan semua anggota. Misalnya, untuk pinjaman Rp. 10 juta, dengan tenor 24 bulan, maka bunganya tetap sama.

4.Plafon Pinjaman Terbatas

Meminjam ke koperasi online, jumlah besarnya pinjaman sangat terbatas. Hal ini disebabkan oleh dana pinjaman yang berasal dari iuran anggotanya. Selain itu, dana juga berasal dari kegiatan yang diadakan bersama.

5. Syarat yang Rumit

Ternyata, meminjam uang ke koperasi jenis ini, mensyaratkan beberapa hal yang cukup rumit dibandingkan syarat pinjam ke lembaga lainya. Untuk meminjam dana ke koperasi online, beberapa syaratnya yang wajib dimiliki adalah fotokopi KTP, NPWP, Slip gaji, Kartu keluarga (KK), hingga rekening listrik atau PDAM. Selain itu, syarat tambahan yang harus dipenuhi adalah membuat proposal usaha.

Jika melakukan pinjaman ke koperasi secara langsung, mungkin akan banyak pilihan koperasi yang bisa Anda jadikan alternatif untuk meminjam dana. Namun, khusus untuk koperasi jenis ini, ternyata cukup sulit dijumpai. Jika ada, Anda harus tetap mengecek legalitas hukum koperasi tersebut, jangan sampai Anda tertipu dengan entitas keuangan yang ilegal dan memberikan Anda banyak kerugian.

Untuk pengembangan usaha yang lebih cepat, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan Anda. Pilihlah software akuntansi dengan fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga terjangkau seperti Accurate Online.

Accurate Online sudah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi pilihan pengguna di Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

5 Tips Mengelola Arus Kas Untuk UKM Secara Tepat dan Cepat!

admin

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Memiliki Kondisi Keuangan Baik

admin

Apakah Anda Sudah Melakukan Melakukan Financial Check Up?

admin

Leave a Comment