ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Tips Mudah Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana

Akuntansi memang ilmu yang tidak semua orang memilikinya. Jika ingin mempelajarinya secara mendalam, seseorang harus mengambil sekolah akuntansi beberapa tahun. Ada juga cara cepat dengan mengikuti training. Namun bagi seorang pebisnis akuntansi adalah skill wajib yang harus dimiliki, meskipun bisnis Anda hanya sebuah toko. Ada teknik akuntansi toko sederhana yang bisa Anda terapkan pada bisnis.

Membuka toko untuk berjualan hingga saat ini masih menjadi primadona bagi beberapa pebisnis. Meskipun serbuan toko online menjadi kompetitor utama bagi para pemilik toko konvensional. Tetapi mereka menganggap ada beberapa produk yang ingin diperoleh oleh konsumen secara langsung. Konsumen yang tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan produk.

Beberapa toko memang masih memiliki sistem penjualan toko yang masih cukup sederhana, begitu juga sistem pembukuan yang mereka lakukan. Sangat jarang ada toko yang memiliki sistem pembukuan tersistem dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Analisis Transaksi Dalam Pembukuan Bisnis

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir. Sebab ABC Kotaraya akan memberikan Anda beberapa panduan untuk menerapkan sistem akuntansi toko secara sederhana yang bisa diterapkan dalam toko Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan sistem akuntansi yang baik untuk toko Anda.

Penerapan Akuntansi Toko Dengan Sederhana

Buat Catatan Harian

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan akuntansi pada toko yang Anda miliki adalah dengan membuat catatan harian. Catatan ini di khususkan untuk mencatat barang terjual, barang yang baru masuk, hingga uang masuk dan uang keluar.

Secara sederhana memang Anda bisa menggunakan beberapa Teknik untuk melakukannya. Salah satunya dengan menggunakan buku catatan manual. Tetapi jika Anda ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan sistem komputer berbasis Excel yang bisa Anda gunakan. Ini akan memudahkan Anda dalam merekap semua data penjualan yang Anda miliki.

Pastikan Uang Masuk Keluar Tercatat

Dalam akuntansi Anda tidak boleh mengabaikan uang masuk dan keluar sama sekali, meskipun jumlahnya hanya Rp 1. Karena ini akan berdampak pada catatan keuangan yang akan berbeda. Untuk itu, pastikan Anda membuat catatan uang masuk dan keluar dengan tepat dan akurat.

Memang ini cukup sulit, tetapi Anda bisa melakukannya dengan baik. Jika ada staff Anda yang meminta uang untuk keperluan operasional, pastikan Anda bisa memastikan keluar masuk uang bisa terpantau, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menghitungnya setiap akhir bulan.

Catat Stok Barang/Produk

Akuntansi Toko Sederhana
Source: Fusiontaxes.com

 

Jika toko Anda menjual berbagai barang atau produk, pastikan juga Anda mencatat barang atau produk yang Anda miliki. Jangan sampai Anda melwatkan hal ini. Sebab itu penting untuk mematau keberadaan stok di toko Anda.

Jangan sampai ketika ada pelanggan yang menanyakan salah satu produk, produk tersebut tidak tersedia dan membuat pelanggan kecewa. Dengan adanya catatan, saat produk sudah sangat sedikit, Anda bisa segera memesan kembali dari distributor untuk mengisi stok kembali.

Buku Inventaris

Anda juga harus memiliki buku catatan inventaris. Pencatatan dalam buku ini tentu berbeda dengan pencatatan stok barang dan produk. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki buku inventaris untuk mencatat beberapa inventaris yang Anda miliki.

Buku inventaris menjadi buku yang penting untuk mencatat setiap pengeluaran tidak terduga seperti hibah, sumbangan, hingga belanja toko. Buku ini akan memudahkan Anda melihat mutasi keuangan toko dengan lebih mudah dan lebih baik.

Laporan Laba Rugi

Meskipun Anda hanya toko sederhana yang menerapkan akuntansi toko sederhana, Anda bisa mencoba menerapkan akuntansi toko sederhana dan tidak melupakan laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan yang akan membantu Anda menjadi lebih mudah dalam melihat keuangan toko.

Di dalam laporan keuangan terdapat beberapa akun, pendapatan usaha, harga pokok penjualan, harga penjualan produk dan pembelian, lalu ditarik untuk menemukan jumlah laba kotor.

Baca Juga: 5 Laporan Keuangan yang Harus Disiapkan Untuk Evaluasi Akhir Tahun

Bagi Anda pemilik toko, Anda tidak boleh melupakan akuntansi sebagai salah satu hal dasar yang perlu Anda terapkan dalam bisnis Anda. Akuntansi akan lebih mudah membuat Anda memantau arus kas bisnis dengan lebih baik.

Jika toko Anda sudah menghasilkan keuntungan yang cukup, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu penerapan akuntansi pada bisnis Anda. Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online yang bisa Anda gunakan tanpa perlu memiliki ilmu yang mendalam mengenai akuntansi.

Kalaupun Anda belum tertarik menggunakannya, Anda bisa segera mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari sekarang juga.

Proses Akuntansi

Related posts

Tips Pembukuan Rapih, yang terakhir sudah banyak diterapkan!

Efi Nofitri

Software Akuntansi Accurate untuk Segala Jenis Bisnis

mimin ABC kotaraya

5 Manfaat Pembukuan untuk Bisnis Kecil yang Sering Terbaikan

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment