ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

5 Cara Analisis Transaksi Dalam Pembukuan Bisnis

Setiap pelaku bisnis sudah pasti melakukan transaksi dalam kegiatan bisnisnya. Semua transaksi yang terjadi wajib dicatat dalam buku besar. Setelah melakukan pencatatan transaksi, agar transaksi yang telah dicatat bisa akurat adalah melakukan analisis transaksi dalam pembukuan bisnis.

Analisis transaksi dalam akuntansi merekap berbagai data keuangan bisnis, baik itu pengeluaran, pemasukan, belanja, dan biaya lainnya yang mempengaruhi akun-akun dalam akuntansi.

Oleh sebab itu, setiap proses transaksi harus benar-benar di analisis agar keakuratan dan pengaruh dari persamaan dasar akuntansi. Sehingga disinilah sangat penting untuk bisnis agar setiap bukti transaksi dicatat dan di simpan dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Penerapan Akuntansi Bisnis e-Commerce

Sebenarnya mengapa bisnis perlu melakukan analisis? Lantas, apa itu analisis transaksi dan bagaimana melakukan transaksi tersebut? Di artikel kali ini kita akan memberi informasi mengenai cara analisis transaksi dalam pembukuan bisnis.

Apa itu analisis transaksi?

Analisis transaksi merupakan awal dari perjalanan siklus akuntansi. Pengertian analisis transaksi secara umum adalah aktivitas memeriksa kembali pencatatan transaksi untuk melihat pengaruh antar transaksi dalam persamaan dasar akuntansi.

Bagaimana Melakukan Analisis Transaksi

Memahami Jenis Akun

Saat Anda melakukan analisis transaksi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami jenis transaksi. Setiap transaksi akan berpengaruh pada semua akun. Jadi, ketahui dulu akun tersebut memiliki aset, kewajiban, dan ekuitas.

Setiap akun harus dicatat berdasarkan tanggal terjadinya dan juga periode akuntansi yang berlaku. Pemahaman analisis jenis akun atau dokumen agar mampu melakukan analisa dengan lebih baik dan sesuai agar tidak rancu maupun bias. Salah satunya membagi setiap akun baik itu aset, kewajiban, modal, dan pendapatan.

Mengumpulkan Seluruh Data

Setelah Anda memahami jenis akun dari setiap transaksi, sekarang saatnya mengumpulkan seluruh data yang ada dan berpengaruh dalam aktivitas transaksi. Data yang dimasukan terdiri dari seluruh bukti transaksi dalam periode tertentu, kinerja perusahaan, dan pemasukan keuangan hingga pengeluaran.

Data yang tersajikan harus juga menyajikan data mengenai hutang yang mungkin dilakukan oleh bisnis bahkan data piutang. Seluruh data yang mempengaruhi keuangan bisnis tentu harus dimasukan dalam data ini agar bisa di analisis dengan mudah oleh para akuntan.

Identifikasi Akun

Cara analisis transaksi dalam pembukuan bisnis berikutnya adalah dengan melakukan identifikasi akun-akun yang berpengaruh terhadap arus kas. Misal mengenai penambahan modal, aset, pembayaran hutang, dan piutang maupun transaksi lainnya.

Setiap uang masuk dan keluar, pastinya akan berpengaruh terhadap pembukuan bisnis milik Anda. Sebaiknya untuk terus memantau kondisi arus kas.

Menetapkan Data Pemasukan dan Pengeluaran Secara Akurat

Setelah semua data keuangan sudah ada dan keluar, saatnya menetapkan data nyata mengenai pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan yang telah terjadi selama satu periode. Kemudian, langkah selanjutnya adalah melakukan pengukuran dan evaluasi terhadap semua transaksi yang pernah dilakukan.

Lalu, Anda juga harus menyesuaikan jumlah uang yang ada sesudah atau setelah adanya transaksi, apakah sesuai atau tidak dengan catatan yang Anda lakukan untuk bisnis.

Buatkan Laporan

Setelah semua analisis transaksi dilakukan dengan baik dan benar. Saatnya Anda membuat laporan. Aktivitas membuat laporan menjadi aktivitas akhir dari semua analisis yang dilakukan, Laporan sudah harus mampu memastikan setiap data yang tertulis dapat dipertanggungjawabkan.

Membuat laporan akan lebih mudah jika semua data analisis yang dilakukan sudah mencapai semuanya dan membuat laporan menjadi lebih mudah untuk dimengerti maupun disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia saat ini.

Baca Juga: Jenis-Jenis Akuntansi yang Perlu Dikenali Pebisnis

Kini, untuk melakukan analisis transaksi hingga membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah bersama Accurate Online. Accurate Online adalah software bisnis yang memudahkan penggunanya dalam melakukan Analisa transaksi yang ada.

Dapatkan Accurate Online sekarang juga dengan dan nikmati pengalaman penggunaan Accurate Online selama 30 hari gratis.

Related posts

6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Fattah Miyaz

Pengertian dan Rumus Akuntansi Perusahaan Jasa yang Wajib Dipahami

mimin ABC kotaraya

5 Cara Terbaik Penerapan Akuntansi Bisnis e-Commerce

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment