ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Jenis-Jenis Akuntansi yang Perlu Dikenali Pebisnis

Akuntansi ternyata bukanlah tentang debit dan kredit. Proses akuntansi dilakukan dengan lengkap dan tidak semudah apa yang Anda bayangkan. Meskipun dalam arti luas akuntansi merupakan proses pencatatan. Tetapi sebenarnya bukan sekedar pencatatan saja. Terdapat beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan. Ada beberapa jenis-jenis akuntansi yang mungkin harus Anda pahami sebagai pelaku bisnis.

Keberadaan akuntansi bagi bisnis sangatlah penting. Akuntansi menjadi alat informasi kondisi keuangan bisnis. Apabila keuangan dalam kondisi yang baik, berarti perusahaan berada dalam kondisi yang aman Namun ketika kondisi keuangan berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan artinya bisnis bermasalah.  Disinilah perlunya akuntansi, pebisnis menjadikan akuntansi sebagai alat untuk mengontrol bisnis.

Meskipun bagi beberapa bisnis, tidak semua jenis akuntansi digunakan. Untuk itu ABC Kotaraya akan memilihkan Anda jenis-jenis akuntansi yang umum digunakan oleh bisnis kecil maupun menengah.

Baca Juga: Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Komponen, dan Manfaat

Macam-Macam Akuntansi dalam Bisnis

Akuntansi Keuangan

Pada awalnya jika Anda bukanlah orang yang mengerti akuntansi, Anda akan menganggap akuntansi keuangan sudah menjadi sesuatu yang menyeluruh dari seluruh proses akuntansi bisnis. Dalam akuntansi jenis ini disebutkan berbagai proses pencatatan dan penyajian laporan keuangan untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Founder, Direktur, dan Manajamen dalam perusahaan.

Dalam penyajian laporan keuangan berdasarkan akuntansi keuangan harus disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Sehingga hasil dari perhitungan akuntansi tersebut sudah sesuai dengan standar dan mudah dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan pada bisnis.

Akuntansi Perbankan

Berbisnis sudah pasti akan melibatkan urusan perbankan. Begitu juga dalam akuntansi terdapat istilah akuntansi perbankan yang masuk dalam jenis-jenis akuntansi umum di Indonesia. Pada pengertiannya akuntansi perbankan adalah akuntansi yang menggunakan akun khusus untuk digunakan oleh perbankan.

Sebenarnya akuntansi perbankan hampir sama dengan akuntansi keuangan. Keduanya sama-sama menjalankan siklus akuntansi. Namun akuntansi perbankan dilakukan oleh pihak bank.

Pihak bank akan mencatat setiap transaksi dan laporan yang terjadi dalam satu periode akuntansi. Hasilnya pencatatan tersebut akan dikeluarkan oleh bank dalam bentuk rekening administrasi.

Akuntansi Biaya

Seperti dari jenis namanya, akuntansi biaya digunakan untuk mencatat seluruh biaya yang berkaitan dengan operasional perusahaan atau bisnis. Dengan adanya akuntansi ini perusahaan akan mampu melakukan perencanaan berkaitan dengan biaya operasional.

Selain itu, dari akuntansi biayalah akan keluar bagaimana cara menghitung harga jual produk atau jasa. Tujuannya tentu untuk tetap mendapatkan laba. Sebab dengan akuntansi biaya akan menghitung semua pengeluaran yang berkaitan dengan biaya produksi lalu diolah menjadi harga pokok penjualan.

Akuntansi biaya akan menetapkan biaya berdasarkan aktivitas perusahaan. Dengan fungsi utama akan mengumpulkan dan menganalisis biaya yang ada dan yang akan dikeluarkan kedepannya.

Baca Juga: Apa Itu Akuntansi Biaya: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Akuntansi Manajemen

Akuntansi jenis ini akan membantu manajemen dalam membantu memberikan informasi berkaitan dengan kondisi perusahaan. Informasi yang disajikan terdapat dua macam, yakni informasi kuantitatif dan kualitatif.

Informasi kuantitatif berisi laporan keuangan pada umumnya, sedangkan informasi kualitatif merupakan informasi non laporan keuangan tanpa harus melakukannya melalui tahapan siklus akuntansi. Biasanya akuntansi manajemen hanya digunakan bagi pihak-pihak internal atau manajemen perusahaan saja.

Akuntansi manajemen berguna sebagai pengontrol kegiatan perusahaan, memantau arus kas, menentukan alternatif lain dalam sebuah keputusan.

Akuntansi Perpajakan

Jenis-jenis akuntansi berikutnya yang bisa menjadi patokan untuk Anda adalah akuntansi perpajakan. Berbisnis selain berurusan dengan bank, Anda juga akan berurusan dengan pajak. Dari laporan akuntansi pajak lah akan ditentukan berapa beban pajak yang harus dibayarkan perusahaan kepada negara.

Kegiatan ini akan membantu manajemen dalam menentukan pertimbangan-pertimbangan perpajakan yang ada. Oleh karena itu, untuk mengelola akuntansi ini adalah orang yang paham terhadap aturan-aturan perpajakan yang berlaku. Karena akuntansi perpajakan akan mengacu pada Undang-Undang Perpajakan.

Setiap proses akuntansi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan agar tidak menimbulkan kerugian. Anda bisa menyesuikan jenis-jenis akuntansi yang sesuai digunakan berdasarkan pada kondisi dan situasi yang berlaku.

Disinilah Anda harus memperlakukan akuntansi dengan rapi, akurat, dan tepat. Untuk kemudahan Anda dalam proses akuntansi, Anda bisa menggunakan software Akuntansi Accurate Online untuk kemudahan proses akuntansi bisnis. Dengan Accurate Online bisa menggunakan berbagai fitur mumpuni untuk memudahkan proses bisnis.

Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari sekarang juga.

CTA Accurate Online

Related posts

8 Langkah Tepat Meningkatkan Arus Kas Bisnis Demi Kesehatan Keuangan Usaha

mimin ABC kotaraya

Apa Itu Akuntansi Biaya: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

mimin ABC kotaraya

6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Fattah Miyaz

Leave a Comment