ABCkotaraya.id
Akuntansi

Apa Itu Akuntansi Biaya: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Promo Accurate Online

Membahas akuntansi memang tidak ada habisnya. Bagi seorang pengusaha akuntansi sangat berperan penting atas keberlangsungan usaha yang mereka miliki. Salah satu topik pembahasan yang cukup menarik adalah akuntansi biaya. Apa itu akuntansi biaya, definisi, fungsi, dan manfaatnya yang akan kita ulas pada artikel kali ini.

Definisi Akuntansi Biaya

Apa itu akuntansi biaya akan kita jabarkan dalam penjelasan berikut ini. Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, serta penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa dengan cara-cara tertentu dalam menghitung suatu biaya produksi.

Akuntansi sendiri masuk dalam bidang akuntansi yang diperuntukan bagi proses pelacakan dan analisis biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu bisnis atau perusahaan dalam proses menghasilkan suatu barang dan jasa.

Pendekatan yang digunakan dalam penghitungan akuntansi biaya adalah pendekatan biaya standar (standard costing), berdasarkan kegiatan (activity-based costing), dan biaya berdasarkan hasil (cost volume profit/CVP).

Baca Juga : Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Dagang

Definisi Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Bastian Bustami dan Nurlaela

Menurut kedua ahli tersebut dalam buku yang diterbitkan dengan judul Akuntansi Biaya, mereka mengatakan bahwa akuntansi biaya merupakan bidang ilmu akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur, dan pelaporan informasi biaya yang digunakan. Disamping itu, akuntansi biaya juga membahas tentang penentuan harga pokok dari “suatu produk” yang di produksi dan dijual kepada pemesan maupun kepada pasar, serta untuk persediaan produk yang akan dijual.

Firdaus A Dunia, Wasilah Abdullah, dan Catur Sasongko

Ketiga ahli ini menyebut bahwa akuntansi biaya masuk dalam bagian akuntansi manajemen dimana merupakan salah satu dari bidang khusus akuntansi yang menekankan penentuan dan pengendalian biaya.

Fungsi Akuntansi Biaya

Adapun fungsi dari akuntansi biaya untuk membantu akuntansi manajemen dalam mengambil keputusan tentang harga pokok produk yang dihasilkan dan lain-lain:

Membuat Harga Produk Menjadi Kompetitif

Salah satu fungsi dari akuntansi biaya adalah untuk menentukan harga jual di pasar. Penentuan harga pokok telah diputuskan dengan pertimbangan biaya produksi yang terdapat pada akuntansi biaya. Sehingga semua harga ditentukan dengan menghitung segala risiko yang mungkin timbul di kemudian hari.

Mengukur Modal

Para pelaku usaha akan lebih mudah dalam menentukan profit yang mereka dapatkan atas penjualan barang dan jasa dengan bersumber pada data yang telah diolah dalam proses akuntansi biaya.

Pengambilan Keputusan

Semua proses akuntansi yang terjadi dilakukan untuk memilih pengambilan keputusan terhadap rencana keuangan bisnis di masa depan. Hal ini juga termasuk dalam fungsi dari akuntansi biaya adalah sebagai sumber pengambil keputusan.

Pengendalian Keuangan

Penerapan akuntansi biaya dalam bisnis akan memudahkan para pemilik bisnis untuk melakukan monitoring setiap biaya yang telah dikeluarkan dengan keuntungan yang didapatkan. Apakah ada perhitungan selisih atau tidak akan menjadi lebih mudah saat di hitung menggunakan akuntansi biaya.

Manfaat Akuntansi Biaya

Adapun manfaat dari penerapan akuntansi biaya untuk bisnis adalah untuk kebutuhan pihak manajemen, investor, kreditur, dan lain sebagainya. Penyajian bagi manajemen bisnis akan memudahkan dalam menyusun rencana atau mengambik keputusan berkaitan keuangan usaha. Mengingat keuangan merupakan hal krusial dalam bisnis.

Informasi dari pencatatan dan hasil analisa akuntansi biaya bermanfaat bagi manajemen perusahaan untuk:

  • Perencanaan dan pengendalian laba
  • Pengambilan keputusan
  • Manfaat untuk masa depan
  • Menyediakan informasi biaya bagi manajemen guna membantu mereka mengelola perusahaan

Objek dalam Pencatatan Biaya

Dalam akuntansi biaya ada beberapa objek biaya (cost objek) sehingga satuan atau aktivitas biaya diakumulasi dan diukur dalam akuntansi biaya. Berikut aktivitas objek biaya:

  • Proses produksi
  • Pemasaran
  • Divisi
  • Kontrak atau Proyek
  • Lini Produk dan tujuan

Nah itulah ulasan mengenai apa itu akuntansi biaya. Sekarang Anda akan lebih membuka pikiran kenapa harus melakukan akuntansi biaya dalam bisnis Anda. Lantaran akuntansi biaya bisa menunjukan hasil riil atas apa saja biaya yang telah dikeluarkan oleh bisnis.

Memang untuk melakukan aktivitas akuntansi biaya cukup menguras waktu jika dilakukan secara manual. Sebaiknya, Anda melakukan pencatatan setiap biaya yang keluar dengan ringkas, rapih, dan agar terhindar dari salah hitung.

Ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online yang di beli langsung melalui Store Resmi Accurate Online CV ABC Kotaraya untuk kemudahan pencatatan dan penghitungan akuntansi biaya. Sehingga semua bisa Anda lakukan dengan baik, tepat, cepat, dan akurat. Nikmati pengalaman menggunakan Accurate Online 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

8 Etika Profesi Akuntansi yang Perlu Diterapkan

mimin ABC kotaraya

Optimasi Pengelolaan Online Shop dengan Accurate Online

Faqih

Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment