ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Kesalahan Pemasaran Menggunakan Facebook yang Sering Terjadi

Keberadaan sosial media saat ini tidak hanya menjadi ajang untuk eksistensi diri. Tetapi menjadi tempat untuk memasarkan produk. Banyak produk yang memiliki akun media sosial seperti facebook dan Instagram, namun mereka melakukan beberapa kesalahan dalam penggunaannya. Kali ini kita akan membahas kesalahan pemasaran menggunakan facebook yang banyak dilakukan oleh para pebisnis.

Apa saja kesalahan yang sering sekali terjadi pada brand yang baru memulai facebook marketing akan kita ulas dalam artikel ini. Sebaiknya, Anda terus membaca artikel ini hingga selesai untuk menemukan apakah ada kesalahan yang Anda lakukan. Dan Anda bisa menghindari kesalahan tersebut segera setelah Anda membaca artikel ini.

Baca Juga: 2 Jenis Iklan Digital yang Selalu Bikin Closing

Panduan Menghindari Kesalahan Pemasaran Menggunakan Facebook

Ikuti Tata Tertib

Fanspage Facebook Abc Kotaraya

Facebook memiliki tata tertib tersendiri kepada para pengguna, baik itu pengguna individu maupun bisnis. Apa lagi banyak orang yang suka menggabaikan tata tertib yang ada di Facebook, meskipun ini hal sederhana, sebenarnya cukup penting untuk membaca syarat dan ketentuan dari facebook. Sehingga Anda tetap berada dalam koridor yang aman untuk halaman facebook sebagai menjadi channel digital marketing yang menarik untuk selalu dikunjungi oleh audiens.

Jika Anda melakukan kesalahan dalam setiap posting konten dan konten Anda selalu ditolak oleh facebook, hal tersebut pastinya akan menyulitkan diri Anda sendiri. Sebaiknya sebelum memposting konten membaca syarat dan ketentuan yang berlaku menjadi wajib untuk dilakukan. Jadi, Anda tidak perlu membuat konten secara berulang-ulang agar konten bisa tampil di facebook.

Menargetkan Target Iklan yang Tidak Spesifik

Facebook iklan sering digunakan para pebisnis untuk menjangkau target konsumen yang ingin disasar. Tetapi banyak pelaku bisnis yang hanya sekedar membuat target asal-asalan hanya untuk mendatangkan jumlah like yang cukup banyak. Cara ini menjadi acuan para pebisnis dengan anggapan produk akan dikenal luas oleh masyarakat. Banyak yang berpikir untuk memperbanyak fans lebih dahulu baru fokus menargetkan konsumen.

Inilah kesalahan pemasaran menggunakan facebook. Ketika Anda memiliki budget terbatas dalam beriklan, tentu cara diatas adalah cara yang membuang-buang uang Anda? Sebaiknya cara tersebut jangan dilakukan kecuali Anda memang menargetkan audiens untuk membuka konten blog atau video website Anda.

Tetapi jika ingin mendapatkan konversi, maka audiens tertarget menjadi tujuan penting. Jadi, pastikan target Anda memang target market yang Anda incar. Sehingga Anda tidak tampak membuang-buang budget yang banyak hanya untuk mendapatkan tanda like di facebook. Anda harus memikirkan konversi dan engagement.

Jangan hanya Produk

Saat Anda memiliki bisnis di facebook, pastikan jangan sekedar memposting mengenai produk saja. Anda harus coba untuk membagikan aktivitas bisnis Anda kepada audiens. Strategi facebook marketing yang bisa Anda lakukan dengan membagikan sisi manusiawi bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus mampu berkomunikasi secara pribadi, bukan sekedar menjadi sebuah perusahaan. Manfaatkan konten Anda untuk berbagi cerita karyawan atau mengunggah foto tempat kerja. Anda bisa memberikan konten-konten aktivitas produksi dan juga melakukan siaran langsung mengenai aktivitas di perusahaan Anda. Dibandingkan hanya terus menerus memberikan konten produk.

Hindari kesalahan pemasaran menggunakan facebook dalam hal ini. Konten Anda harus bisa menampilkan sisi pribadi untuk bisa menghadirkan sisi humanis kepada calon pelanggan Anda. Libatkan pelanggan untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan.

Variasikan Konten Anda

Kalau berbicara mengenai pemasaran digital marketing, Anda sangat memerlukan variasi konten yang beragam. Konten yang Anda buat jangan itu-itu saja, tetapi Anda harus mampu membuat variasi konten untuk lebih menarik calon-calon pelanggan yang ingin di target di facebook.

Adanya fitur terbaru dari facebook membantu Anda dalam menghasilkan visibilitas dan engagement yang lebih banyak daripada dengan konten yang monoton. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan dengan menentukan tema konten secara konsisten yang bisa membuat audiens Anda tertarik dengan setiap konten yang Anda buat. Anda juga bisa memberikan konten-konten humor yang bisa membuat audiens tertarik terlibat.

Tidak Mengetahui Ukuran Gambar

Sering terjadi pada pengusaha pemula. Mereka tidak mengetahui ukuran gambar yang sesuai di Facebook. Padahal, facebook memiliki ukuran-ukuran yang berbeda untuk setiap postnya. Misal Anda melakukan post di story, ukurannya berbeda dengan post di feed. Pastikan Anda ketahui ukuran gambar agar gambar tidak berantakan.

Kalau Anda ingin membuat iklan di facebook, Anda juga harus memastikan bahwa gambar yang akan di posting memiliki teks kurang dari 20% hitungan pixel facebook. Anda harus bijaksana dalam melakukan ini untuk memastikan iklan Anda bisa tayang tanpa harus melakukan revisi.

Baca Juga: Peran Influencer dalam mengembangkan bisnis

Nah itulah lima kesalahan yang sering ditemui saat para pengusaha baru memulai menggunakan facebook marketing. Hindari kesalahan tersebut untuk menonjolkan bisnis Anda di Facebook dan sosial media lainnya.

Related posts

Cara Membuat Laporan Keuangan

Eka

7 Barang Bekas yang Bisa Jadi Ladang Emas!

Fattah Miyaz

Penyebab Mudah Stress

ervan

Leave a Comment