Beriklan kini semakin mudah dengan kehadiran internet. Semua lini di internet bisa menjadi ladang untuk memasang iklan loh. Berbeda dengan iklan konvensional yang dilakukan hanya waktu-waktu tertentu saja. Iklan digital bisa dilakukan kapan saja, menargetkan siapa saja yang diinginkan, hingga menyesuaikan biayanya loh. ABC Kota Raya akan membahas jenis iklan digital yang harus diketahui para pengusaha untuk mendorong closing.
Iklan digital atau digital ads bisa Anda lakukan dengan menyasar target market Anda dengan menyesuaikan pada demografi mereka. Tidak seperti iklan konvensional yang mengarahkan kepada khalayak luas. Disinilah menjadi keunggulan dari iklan digital.
Berbagai iklan kini bermunculan di platform internet. Memudahkan Anda membidik calon konsumen yang tepat untuk membeli produk. Iklan internet menjadi peluang para pengusaha dalam mendapatkan konsumen tepat.
Ada beberapa jenis iklan digital yang sering digunakan para pengusaha yang sudah go digital. Berikut daftar iklan digital yang harus Anda ketahui.
Jenis Iklan Digital
Search Engine Marketing (SEM)
Iklan pertama yang cukup banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di dunia maya adalah Search engine marketing atau SEM. SEM sendiri merupakan iklan yang dilakukan pada platform mesin pencari Google dengan menargetkan kata kunci tertentu maupun format yang diinginkan.
Memang dapat dikatakan SEM menjadi iklan yang cukup banyak digunakan oleh para pengusaha online. Tetapi buat Anda yang baru akan memasuki dunia digital ads, Anda harus memahami bahwa digital ads dengan metode SEM harus menggunakan website atau landing page.
Sehingga Anda harus memanfaatkan website dan landing page untuk mengarahkan calon konsumen yang melihat iklan Anda. Jika Anda tidak memiliki keduanya, tentu Anda tidak bisa memasang iklan SEM untuk membidik target pasar dari kata kunci pada industri Anda.
Ada beberapa macam Google Ads yang harus Anda ketahui sebelum memulainya:
- Google Adwords : Google Adwords merupakan jenis iklan yang tampil dalam mesin pencari ketika user melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.
- GDN (Google Display Network) : GDN merupakan iklan yang sering muncul dalam website, aplikasi, dan mobile games berupa teks maupun gambar. Iklan ini diklaim memiliki tingkat jangkauan yang cukup besar dalam digital ads
- Google Shopping : Sangat cocok untuk para pebisnis, Google Shoping merupakan layanan iklan Google yang digunakan dalam mempromosikan katalog produk. Tak heran, Google Shoping menjadi andalan para pebisnis untuk meningkatkan angka konversi.
- Youtube Ads : Seperti namanya, Youtube ads merupakan jenis iklan yang tampil dalam Youtube. Siapapun yang menonton Youtube secara free pasti akan menemukan iklan di setiap video
- Google Adsmob (Advertising on Mobile) : Kalau Anda ingin menampilkan brand dengan menyasar para pengguna aplikasi di smartphone, Anda bisa menggunakan Google Adsmob sebagai pilihan terbaik untuk menyasar pengguna smartphone.
- Email Marketing : Google memiliki layanan email gratis yang hampir digunakan oleh 90% pengguna internet diseluruh dunia. Keberadaan email saat ini dapat dijadikan tempat untuk beriklan.
Social Media Advertising
Sosial media advertising ada yang menyebutnya juga sebagai sosial media marketing. Keberadaan sosial media saat ini tidak hanya diperuntukan sebagai media sosial yang digunakan untuk memamerkan aktivitas pengguna yang mereka lakukan.
Dahulu, sosial media hanya sebagai tempat untuk berbagi teks saja. Sekarang sosial media menjadi ajang promosi dagang. Sangat mudah menemukan sosial media digunakan untuk dagang, hampir semua sosial media menjadi ajang beberapa orang bahkan brand ternama dalam memasarkan brand mereka kepada khalayak luas.
Sosial media juga menjadi tempat untuk membangun brand awareness bagi suatu brand. Karena audiens sosial media bisa menemukan produk yang sesuai dengan karakteristik mereka sendiri. Di Indonesia sendiri ada tiga sosial media yang paling banyak digunakan yaitu Instagram, Facebook, dan Twitter. Saat ini, TikTok akan menjadi media besar yang bisa masuk dalam urutan terbaik dalam memasang iklan digital.
Kehadiran sosial media membuat brand merasa lebih dekat dengan konsumen. Begitupun para pelaku UMKM merasakan dampak luar biasa dari kehadiran sosial media untuk bisnis mereka. Para pelaku UMKM tidak lagi takut menghabiskan budget untuk beriklan. Ini menjadi peluang yang cukup hebat yang layak untuk dicoba oleh semua pengusaha.
Apa lagi iklan sosial media bisa menargetkan secara spesifik calon audiens yang akan disasar. Seperti gender, usia, wilayah, penghasilan, pendidikan, minat, hobi, dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa menyasar dengan konsumen lebih tepat dengan biaya iklan yang murah dibandingkan iklan konvensional.
Sudah terbayang mau iklan di platform apa? Semoga artikel jenis-jenis iklan digital ini dapat membantu Anda untuk menjangkau konsumen dengan tepat dan sesuai. Bahkan dengan modal yang cukup minim dibandingkan harus memasang iklan di televisi, radio, media cetak, maupun billboard.
Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!