ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

Tips Mudah Mengatasi Rasa Lelah

Padatnya aktivitas membuat rasa Lelah menghampiri. Rasa Lelah sering muncul disaat-saat yang tidak tepat. Tekadang membuat semua rencana yang telah disusun menjadi berantakan dan harus di schedule ulang. Mengatasi rasa Lelah bisa dilakukan dengan beberapa cara efektif.

Rasa Lelah biasanya disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan, istirahat yang kurang, stress, pola makan yang tidak sehat, hingga gaya hidup. Kelelahan yang normal biasanya cukup diatasi dengan mengkonsumsi makanan bergizi hingga istirahat yang cukup. Tetapi jika kedua hal tersebut tidak cukup, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Mengatasi Rasa Lelah Berlebihan

Makan Teratur

Umumnya sebagai pengusaha aktivitas yang Anda lakukan cukup banyak. Hingga membuat Anda lupa makan. Sekalinya makan, karena mengejar waktu memilih makanan yang mudah diperoleh atau makan fast food. Kalau sebulan hanya beberapa kali tidak masalah, tetapi jika sering tentu membahayakan.

Baca Juga: Jangan Takut! Ini 7 Pelajaran Penting dari Kegagalan

Rasa Lelah yang menyerang tidak cukup hanya diatasi dengan mengenyangkan perut saja. Tetapi Anda juga harus memenuhi kebutuhan gizi dari setiap makanan yang di konsumsi. Baik itu kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan dan minuman kaleng. Terkadang kesemua makanan tersebut tidak memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hindari Kafein dan Alkohol

Saat stress menerjang, sering sekali kita memilih minuman ber kafein dan alkohol yang dianggap bisa menghilangkan rasa Lelah. Memang kedua minuman tersebut bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas lain. Tetapi saat efek keduanya hilang, Anda akan merasakan kelelahan yang berlebihan.

Terlalu banyak minum alokohol pun dapat menganggu kinerja otak dan fungsi hati yang menimbulkan masalah tidur. Meskipun alkohol mampu membuat diri Anda terlelap dengan cepat, tetapi saat Anda bangun alkohol akan mampu membuat tubuh Anda menjadi pusing, dan kurang bertenaga di esok hari.

Jika Anda belum bisa menghindari keduanya, cobalah untuk mengurangi porsi konsumsi dua-duanya.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Daripada Anda mengkonsumsi minuman berkafein, ada baiknya memperbanyak konsumsi air putih. Setidaknya Anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam satu hari. Sehingga kebutuhan cairan bisa terpenuhi dan Anda tidak mudah Lelah.

Apabila Anda bosan dengan air putih, Anda bisa mencoba minuman sehat lainnya. Seperti infused water, jus buah segar, dan teh.

Lakukan Olahraga

Berolahraga untuk mengatasi kelelahan
Source: Sportcoaching.co.nz

Lelah bukan berarti menghindari olahraga. Mungkin kelelahan yang Anda rasakan diakibatkan dari pekerjaan dan aktivitas harian. Olahraga justru mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan memperlancar peredaran darah. Dengan melakukan olahraga, tentu bisa mendorong tubuh Anda menjadi lebih berenergi.

Olahraga yang Anda lakukan bisa di mulai dengan Gerakan sederhana, seperti senam, jalan santai, dan olahraga olah tubuh lainnya yang bisa dilakukan di tempat. Cukup lakukan selama 15-30 menit sudah bisa meningkatkan energi di dalam tubuh. Cobalah untuk melakukannya secara bertahap dan dapatkan apa yang Anda rasakan.

Mengelola Stress

Ketika Anda stress akan membuat efek negatif terhadap pola hidup Anda, baik itu pola tidur, sistem tubuh, hingga Kesehatan secara keseluruhan akan membuat tubuh semakin Lelah. Sebaiknya Anda mampu mengelola stress dengan baik.

Mengatasi rasa Lelah bisa Anda lakukan dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk Anda lakukan. Seperti membaca, memancing, atau sekedar jalan-jalan di dalam kota. Anda bisa pergi ke museum, tempat wisata kota, atau tempat wisata yang tidak jauh dari lokasi Anda. Cara ini bisa Anda coba untuk beberapa aktivitas.

Baca Juga: 5 Aktivitas untuk Mengatasi Stress Akibat Pandemi

Jangan Abaikan Waktu Tidur

Tidur bukan menjadi ajang malas-malasan. Tidur bisa menjadi sumber charge energi. Ketika Anda sudah Lelah, jangan memaksakan diri. Sebaiknya Anda menyudahi pekerjaan dan terlelap. Saat tubuh perlu istirahat, Anda juga perlu istirahat. Jangan abaikan waktu istirahat, usahakan untuk tidur selama 6-8 jam di malam hari.

Jika Anda sedang Lelah di waktu siang, cobalah untuk sekedar tidur siang selama 20-30 menit. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan energi dan akan membuat Anda lebih produktif dari sebelumnya.

Nah, aktivitas bisnis yang melelahkan jangan membuat Anda selalu memaksakan untuk menjalankan bisnis. Pastikan Anda bisa tetap menjaga ritme tubuh Anda. Saat waktunya istirahat, maka Anda harus istirahat. Ketika tubuh Lelah, maka coba cari cara untuk membuat tubuh kembali bugar.

Related posts

Kesuksesan Tidak Akan Datang Jika Kamu Tidak Bisa Mengenal Dirimu Sendiri

Safina

12 Kesalahan Seorang Pemimpin Dalam Perusahaan yang Jarang Disadari

mimin ABC kotaraya

Investasi untuk Bisnis yang Perlu Dilakukan Demi Kemajuan

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment