ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

7 Cara Membangun Tim Bisnis Hebat dan Solid

Membangun tim bisnis hebat memang tidak mudah. Banyak yang gagal membangun tim yang solid. Kehadiran tim yang solid sangat diperlukan demi perkembangan bisnis kedepan. Lalu, pertanyaannya bagaimana agar mampu membangun tim dengan baik. Adanya tim yang solid akan menguatkan pondasi bisnis, selain dari keuangan.

Menyatukan banyak orang, hati, pikiran, dan tenaga tidaklah mudah, meskipun tujuannya dan aktivitas yang dilakukan sama. Oleh karena itu, sebagai pimpinan, Anda harus mampu menyatukan setiap perbedaan tersebut untuk menggapai tujuan bersama. Sehingga setiap anggota tim mengetahui tupoksi mereka masing-masing.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Perlu Dipantau?

Kali ini kita akan membahas bagaimana membangun tim yang baik serta solid untuk bisnis Anda.

Memilih Orang-Orang Berkualitas

Memilih orang-orang berkualitas dalam satu tim memang bukan sesuatu yang mudah. Meskipun memang sangat sulit menyatukan kepala dari setiap orang-orang cerdas di satu kelompok. Maka, jangan mengumpulkan orang hanya dengan melihat bahwa mereka terlihat orang-orang cerdas.

Orang-orang berkualitas adalah orang-orang yang berpikir untuk masa depan. Mereka selalu memikirkan hal-hal baru, dengan pikiran yang out of the box. Sehingga hal ini akan saling mendukung antar anggota setiap tim yang ada demi mencapai tujuan yang telah di rencanakan.

Menyelaraskan Gaya Komunikasi

Semua orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda. Sebagai pemimpin, kita harus mampu menyesuaikan gaya komunikasi kepada tim. Jangan mencoba agar tim mengikuti gaya komunikasi atasan saja, anggota tim yang solid akan melihat bagaimana cara atasan mereka menyampaikan komunikasi kepada bawahan.

Gaya komunikasi yang sesuai dengan tim akan lebih mudah dalam menggapai fokus dan mampu menjalankan kolaboratif dengan baik saat bekerja Bersama. Dengan cara ini, tentu akan lebih mudah dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Menghargai Setiap Anggota

Membangun tim Hebat haruslah sesuai dengan gaya komunikasi
Source: Cozymeal.com

Semua orang sangat suka dihargai satu sama lain. Dalam membangun tim yang solid Anda harus mampu menghargai setiap anggota. Setiap individu dalam tim tentu memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda satu sama lain. Agar kondisi tim tetap berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan, setiap anggota tim harus mampu menyiapkan sikap saling menghargai satu sama lain.

Ketika setiap anggota tim saling menghargai, semakin besar produktivitas tim tersebut. Hal ini menyangkut pada psikologi saat setiap anggota tim bekerja. Mereka bisa bebas bekerja dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Tentukan Tujuan Bersama

Sebelum benar-benar bekerja, ketika ingin membangun tim yang solid, Anda harus memastikan setiap anggota tim mengetahui tujuan mereka bisa bekerja bersama. Sehingga apa yang ingin dicapai sudah dapat diketahui oleh setiap anggota tim yang bekerja.

Dengan adanya tujuan, semua anggota tim pun akan bertugas sesuai dengan tanggungjawab mereka masing-masing. Adanya penentuan tujuan yang spesifik akan membantu anggota tim lebih mudah dalam berkordinasi dan menjalankan peran masing-masing.

Melatih Kecerdasan Emosional

Jarang sekali para pemimpin tim mencoba untuk melatih kecerdasan emosional para anggota. Padahal ini penting, para pemimpin hebat memahami bahwa tidak semua anggota tim memiliki motivasi dengan hal yang sama.

Mungkin beberapa anggota tim sangat senang bekerja secara kelompok. Tetapi ada juga yang sangat ingin bekerja secara sendiri. Dengan merangkul gaya kerja dan motivasi yang berbeda-beda dari setiap orang, pemimpin hebat akan menjadikan hal tersebut sebagai aset bukan hambatan.

Saling Mengenal

Membangun sebuah tim hebat memang tidak mudah. Menyatukan berbagai kepala dalam satu waktu. Ada kalanya mengajak anggota tim untuk bekerja di luar. Baik itu untuk mengurus pekerjaan maupun untuk mengajak mereka sekedar berlibur.

Mengutip dari Entrpreneur.com cara ini cukup efektif untuk membuat setiap anggota tim saling mengenal satu sama lain lebih dari sekedar menganggap anggota tim lain sebagai rekan kerja. Mengenal orang-orang yang bekerja dengan Anda akan membantu memahami gaya kerja dari setiap anggota tim. Begitu juga akan lebih mudah dalam memahami anggota tim dalam melakukan diskusi secara intens di hari-hari berikutnya.

Merayakan Keberhasilan

Cara terakhir yang mungkin ABCkotaraya berikan kepada Anda mengenai cara membangun tim yang solid dengan melakukan perayaan keberhasilan. Melihat bahwa ketika mereka bekerja Bersama, hal-hal hebat dapat terjadi.

Perayaan keberhasilan bukan harus melakukan hal-hal besar. Melainkan Anda bisa memberikan teriakan kepada anggota tim yang berhasil dihadapan seluruh tim yang ada. Ini akan membantu orang tersebut merasa bahwa apa yang sudah mereka kerjakan memberikan dampak yang hebat kepada perusahaan.

Membangun tim bisnis hebat dalam bisnis sangatlah sulit. Terkadang tidak semua orang akan sangat mudah dalam membentuk tim dalam satu waktu. Setiap pemimpin bisa saja terus melakukan perombakan anggota tim setiap tiga hingga enam bulan untuk mendapatkan orang-orang yang cocok.

Baca Juga: Strategi Mengelola Keuangan Bisnis Di Masa Pandemi

Namun, jika Anda bisa mengikuti tips diatas, bisa jadi tim yang Anda bangun tidak akan mudah melakukan perombakan tim dalam waktu singkat. Anda harus bisa menyesuaikan dengan gaya kerja dari tim dan membangun budaya kerja pada tim.

Related posts

Ada Indonesia! 10 Negara Terbaik untuk Memulai Bisnis dan Investasi Di 2021

yani

7 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal

Fattah Miyaz

3 Strategi Influencer Marketing yang Sedang Tren di Era Digital

Fattah Miyaz

Leave a Comment