ABCkotaraya.id
Image default
Manajemen

5 Cara Mengambil Keputusan yang Baik dan Efektif

Salah satu tips menjadi seorang pemimpin hebat yakni mampu mengambil keputusan dengan tepat. Mengambil keputusan yang efektif membutuhkan percaya diri, perhatian terhadap detail, dan kemampuan dalam pemecah masalah. Meskipun terlihat mudah, masih banyak para pemimpin tidak mampu mengambil keputusan dengan tepat. Ada cara mengambil keputusan efektif dan tepat.

Mempelajari hal ini tentu akan membantu Anda menjadi seorang pengambil keputusan yang lebih baik dari orang lain. Pada praktiknya, mengambil keputusan dilakukan secara bervariasi. Tidak ada satu cara yang pasti. Semua harus berdasarkan pada pendekatan terstruktur yang dilakukan oleh seorang pemimpin.

Ada pemimpin yang mengambil keputusan berdasarkan pada ide anggota tim lain yang telah dikumpulkan bersama. Ada juga yang telah berpikir dari setiap pengetahuan dan pengalaman yang pernah mereka lakukan. Cara-cara berbeda dan penerapan pun berbeda. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin mengambil keputusan.

Baca Juga: 3 Kualitas Pemimpin Sukses Di Tengah Ketidakpastian yang Akan Terlihat

Baik perusahaan Anda adalah perusahaan besar maupun perusahaan kecil, kesuksesan setiap perusahaan ada ditangan seorang pemimpin yang bisa mengambil keputusan tepat. Meskipun di awal bisnis pernah melakukan keputusan yang salah, Anda bisa belajar dari pengalaman sebelumnya.

Gunakan cara-cara yang tepat dalam mengambil keputusan. Seperti beberapa cara yang bisa Anda lihat dibawah ini. Mungkin akan sangat membantu Anda dan bisnis Anda dalam membawa bisnis menjadi lebih sukses.

Cara Mengambil Keputusan yang Tepat

Identifikasi Masalah

Keputusan yang diambil haruslah dicerna terlebih dahulu dengan baik. Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan melakukan identifikasi pada masalah yang Anda hadapi. Seperti apa masalahnya, identifikasi mulai dari penyebab hingga terjadinya masalah.

Sebelum memutuskan, pikirkan beragam keputusan. Lalu pilihlah keputusan yang tepat untuk Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dan juga membuat hasil yang tepat dari keputusan yang akan Anda ambil.

Mengumpulkan Berbagai Informasi

Cara mengambil keputusan dengan mengumpulkan berbagai informasi

Ketika Anda melakukan identifikasi, cobalah untuk mengurai setiap informasi yang diperoleh. Baik itu informasi dari setiap divisi, setiap orang yang terlibat, dan informasi lainnya yang dirasa penting untuk dilakukan. Jangan sampai Anda membuat keputusan yang salah dan tidak terarah.

Adanya informasi secara lengkap dan detail akan memudahkan Anda dalam memecahkan masalah dengan baik. Anda juga bisa dengan mudah menemukan solusi untuk pemecahan masalah yang sesuai dengan yang diinginkan.

Selalu mencari pendapat orang yang Anda percaya, jika Anda memiliki kenalan seorang ahli. Anda juga bisa meminta bantuan mereka untuk menemukan solusi yang terbaik dalam memutuskan segala sesuatunya. Sehingga Anda bisa menghasilkan keputusan terbaik dalam bisnis.

Pikirkan Konsekuensi

Setelah Anda identifikasi masalah, mengumpulkan semua informasi, pastinya Anda sudah memiliki solusi untuk masalah tersebut. Sebelum solusi yang Anda dapatkan disampaikan, Anda harus memikirkan konsekuensi dari solusi yang akan Anda sampaikan tersebut.

Apa dampak dari keputusan yang akan Anda ambil, seberapa pengaruh. Baik itu terhadap perusahaan Anda maupun kepada para pegawai. Bahkan pengaruh jangka Panjang dari keputusan yang diambil pun harus Anda pikirkan dengan seksama.

Disinilah Anda harus mempertimbangkan berbagai solusi yang tepat dan efektif. Dampak yang dihasilkan tidak terlalu buruk dan juga Anda bisa lebih nyaman dengan apa yang Anda hasilkan dari keputusan yang diambil.

Tentukan Keputusan

Setelah tiga langkah diatas Anda lalui sebagai cara mengambil keputusan bagi kepentingan bisnis. Anda bisa menentukan keputusan tersebut. Meskipun Anda sedikit ragu, tetapi instuisi Anda menganggap hal tersebut menjadi yang terbaik. Tentu ini menjadi satu cara yang tepat untuk mengambil keputusan.

Apakah keputusan yang diambil menyenangkan dan sangat berdampak dengan masa depan. Semua kembali kepada Anda lagi. Bagaimana Anda mempertimbangkan segala keputusan yang ada. Anda juga akan merasa senang dengan berbagai keputusan yang sudah Anda terima.

Evaluasi

Setelah keputusan ditentukan. Anda sudah harus menerapkan keputusan tersebut dengan baik. Setelah itu, Anda harus melakukan evaluasi mengenai keputusan yang telah diambil tersebut. Cara ini akan melatih Anda untuk mempertimbangkan setiap keputusan.

Baca Juga: 12 Kesalahan Seorang Pemimpin Dalam Perusahaan yang Jarang Disadari

Langkah ini penting, mungkin saja Anda mendapatkan informasi terbaru mengenai keputusan yang Anda ambil. Anda bisa melakukan perubahan di sepanjang jalan dengan tepat. Langkah ini akan menguji kesabaran dan ketekunan. Apa lagi jika keputusan yang Anda jalankan tidak berhasil, Anda harus memikirkan opsi keputusan lainnya.

Related posts

Ide Pemasaran Selama Pandemi yang Bisa Dicoba

mimin ABC kotaraya

Perlukah UMKM Mendaftarkan Merek Dagang? Ini Alasan, Cara, dan Biaya

mimin ABC kotaraya

Tips mengelola keuangan usaha dengan mudah

Eka

Leave a Comment