ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Bangga! 10 Produk Lokal yang Mendunia dan Terkenal

Kemarin kita sudah membahas mengenai hasil bumi dari Indonesia yang dikenal luas dunia. Sekarang kita akan membahas produk lokal yang mendunia. Tahukah Anda, bahwa beberapa produk lokal asal Indonesia sering dianggap sebagai produk milik luar negeri. Sesungguhnya produk itu berasal dari dalam negeri. Masih banyak yang suka keliru.

Baca Juga : Keren! 6 Software Akuntansi Buatan Indonesia

Alih-alih Anda menganggap produk yang Anda inginkan berasal dari luar negeri, padahal Anda membeli produk lokal. Semoga dengan informasi ini, kecintaan Anda terhadap produk lokal semakin tinggi dan tentunya semakin bangga menggunakan produk lokal.

Dirangkum dari berbagai sumber ABC Kotaraya akan memberikan daftar brand lokal yang mendunia. Gak percaya? Berikut listnya.

Brand Lokal yang Mendunia

Indomie

Indomie Produk Lokal yang Mendunia
Source: Detik.com

Semua masyarakat Indonesia tentu mengenal Indomie sebagai salah satu brand mie instan yang cukup populer. Eksistensinya tidak pernah pudar, bahkan penggemarnya semakin bertambah. Penggemarnya pun tidak hanya berada di Indonesia, tetapi juga masyarakat mancanegara.

Di produksi sejak 1970, Indomie telah di ekspor ke berbagai negara. Bahkan di benua Afrika, tepatnya Negara Nigeria masyarakatnya sangat menyukai produk Indomie ini loh. Sebagian besar masyarakat Nigeria menganggap Indomie berasal dari negara mereka loh.

Selain itu, Indomie juga menjadi makanan pengingat bagi masyarakat Indonesia yang tinggal diluar negeri. Begitupun para mahasiswa yang ada disana. Untuk melepas rindu masakan Indonesia, mereka selalu membeli Indomie loh.

J.Co

J.co Produk Lokal yang Mendunia
Source: Blogunik.com

Masih banyak yang menganggap bahwa J.Co merupakan produk asal luar negeri. Brand yang dikenal dengan donat ini sebenarnya milik Indonesia. Pendirinya pun orang asli Indonesia, Jonny Andrean. Outlet pertama yang dibuka di Supermall Karawaci, Tangerang, Banten pada 2005.

Menu andalan dari J.Co adalah donat dan kopi. Racikannya kini tidak hanya bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia. J.Co telah melebarkan sayapnya ke negara-negara lain loh, mulai dari Malaysia, Singapura, Filipina, sampai China kita akan mudah menemukan store J.Co.

Tolak Angin

Tolak Angin menjadi brand lokal yang mendunia
Source: Wartaekonomi.com

Slogan “Orang Pintar Minum Tolak Angin” sepertinya masih sangat melekat di ingatan masyarakat Indonesia. Tolak Angin merupakan jamu instan yang telah di produksi oleh PT Sidomuncul, Tbk. Produksi pertama Tolak Angin dibawah naungan Sidomuncul dilakukan pada 1951 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berasal dari bahan-bahan tradisional membuat tolak angin menjadi produk yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Ketika melakukan perjalanan jauh, Sebagian masyarakat pasti menyimpan jamu satu ini di saku mereka.

Selain itu, Tolak Angin cukup terkenal di luar negeri. Pangsa pasarnya sudah tersebar di Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat. Kalau kamu lagi jalan-jalan ke negara tersebut, kamu pasti akan sangat mudah menemukan Tolak Angin.

Lea

Lea Jeans Produk Lokal yang Mendunia
Source: Leajeans.com

Produk lokal yang mendunia berikutnya berasal dari industri pakaian. Memiliki brand bernama Lea, memproduksi celana jeans. Sering sekali brand Lea dianggap sebagai brand asal luar negeri. Hal ini dikarenakan dari logo Lea sendiri seperti bendera Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Tipe Pengusaha Di Indonesia, Mana Tipe Anda?

Padahal Lea sendiri di produksi oleh PT Lea Sanent yang berlokasi di Tangerang. Produksi awal Lea muncul pada 1976 memenuhi pasar jeans dalam negeri. Saat ini brand Lea sudah menjadi pilihan masyarakat luar negeri loh. Lea telah di ekspor ke berbagai negara seperti Hongkong, Uni Emirat Arab, dan Korea.

Maspion

Maspion Grup yang Mendunia
Source: Goodnewsfromindonesia.com

Memiliki slogan “Cintai Produk Indonesia” brand asal Surabaya dengan fokus pada barang-barang rumah tangga, Maspion ternyata produk mereka sudah mendunia loh. Didalam negeri, nama Maspion memang harus bersaing dengan brand-brand besar asal luar negeri.

Tetapi kualitas produk Maspion tidak boleh diragukan Kembali. Terbukti negara seperti Australia, Timur Tengah, Jepang, Eropa, Afrika, dan Amerika Serikat menjadi tujuan ekspor Maspion loh. Sungguh luar biasa bukan? Makin cinta kan dengan produk Indonesia?

Polygon

Polygon, Merek Sepeda Produk Indonesia Kualitas Dunia
Source: Alevizone.com

Selain Maspion, ada brand sepeda Polygon yang sering disangka sebagai produk luar negeri. Padahal pabriknya terletak di Sidoarjo, Jawa Timur. Polygon sendiri memang dikenal sebagai produsen sepeda. Baik itu sepeda gunung, mini, sepeda anak-anak, hingga sepeda BMX telah di produksi oleh perusahaan ini dan di ekspor ke luar negeri.

Memang saat awal produksi, Polygon lebih fokus memasarkan produknya di luar negeri. Setelah itu, mereka fokus masuk di pasar dalam negeri. Kini produk Polygon telah sampai ke Eropa, Jepang, Australia, Inggris, hingga Amerika Serikat.

Polytron

Polytron Suguhkan Banyak Promo | FajarSumatera.co.id

Produk lokal yang mendunia selanjutnya berasal dari industri elektronik, yaitu Polytron. Masyarakat Indonesia memang telah mengenal produk ini sejak lama. Memproduksi televisi, radio tape, dan alat elektronik lainnya yang cukup beragam.

Selain memasarkan produk di dalam negeri, Polytron juga mengeskpor produk-produk mereka ke luar negeri. Bahkan pasarnya mencapai lebih dari 30 negara. Asia, Amerika, Eropa, Timur Tengah, hingga Afrika. Makin bangga dengan produk lokal.

The Executive

The Executive
Source: Gotomall.com

Kalau lagi jalan-jalan ke Mall pasti Anda menemukan brand yang satu ini. Awal berdirinya, The Executive menjadi jawaban bagi eksekutif pria yang ingin tampil rapih. Fokus menyasar kelas pekerja, membuat The Executive dikenal sebagai brand yang cukup banyak digunakan oleh pria kantoran.

Meskipun banyak yang mengira bahwa The Executive merupakan brand luar negeri, padahal tidak. The Executive merupakan brand lokal yang memiliki pabrik di Bandung. Saat ini brand The Executive sudah menyasar pangsa pasar Asia Tenggara loh.

Essenza

Essenza Produk Lokal yang Mendunia dari industri keramik
Source: Archify.com

Produk lokal yang mendunia adalah Essenza. Brand ini memproduksi keramik dibawah naungan PT Intikeramik Alamsari Industri, Tbk. Dengan berbagai macam keramik, dan granit. Dari Namanya memang tidak ada Indonesia-Indonesia-nya.

Essenza sempat dikira produk luar negeri. Padahal brand ini cukup disukai oleh masyarakat internasional loh. Produk sudah sampai di ekspor ke Amerika Serikat, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

GT Radial

GT Radial Produk Lokal yang Mendunia
Source: Gtradial.co.id

Meskipun banyak produk otomotif yang berasal dari luar negeri, ada produk asal dalam negeri yang cukup dikenal di dunia loh. Yakni GT Radial. Fokus dalam memproduksi ban dibawah PT Gajah Tunggal, produk GT Radial sangat disukai oleh masyarakat luar negeri loh. Terbukti pangsa ekspor dari GT Radial sudah mencapai 80 negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Lengkap, Kriteria UMKM Di Indonesia serta Bidang Usahanya

Sekarang Anda sudah tahu kan produk-produk lokal yang mendunia. Semoga artikel ini membuat Anda semua semakin bangga dengan produk lokal. Seperti slogan Maspion “Cintai Produk Indonesia” jangan anggap kesepuluh produk diatas milik negara lain yah. Brand diatas menjadi brand kebanggaan Indonesia di mancanegara sebagai masyarakat Indonesia kita harus terus mencintai produk Indonesia.

Related posts

Memahami Sistem Distribusi Langsung untuk UMKM

mimin ABC kotaraya

Ingin Sukses? 8 Skill Penting yang Harus Dimiliki Pengusaha

Fattah Miyaz

6 Elemen Manajemen Bisnis yang Kudu Di Jalankan Entrepreneur

Fattah Miyaz

Leave a Comment