ABCkotaraya.id
Keuangan

Jangan Lakukan 7 Hal ini Untuk Cerdas Mengelola Uang

Promo Accurate Online

Orang yang memiliki pemikiran tentang uang, mereka tidak akan menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak berguna. Mereka tidak akan membeli sesuatu barang atau suatu hal yang akan merusak kondisi keuangan mereka. Itulah orang-orang yang cerdas mengelola uang. Anda tidak perlu terlihat kaya untuk bisa mengelola uang.

Kalau Anda menyaksikan, ada banyak orang kaya yang pintar dalam mengelola keuangan. Mereka tidak memikirkan gaya hidup seperti yang dilakukan sebagian besar orang-orang kelas menengah. Sebaliknya, mereka sangat hemat dan cenderung membelanjakan uang mereka untuk hal-hal penting. Memikirkan bagaimana uang mereka tumbuh, dibandingkan sekedar membelanjakan untuk hal tidak berguna.

Baca Juga: Investasi untuk Bisnis yang Perlu Dilakukan Demi Kemajuan

Para miliarder tidak menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak masuk akal bagi mereka. Bagi orang-orang cerdas mengelola uang, uang bukan dihabiskan untuk gaya hidup semata. Ada tujuh pelajaran penting dari orang yang pandai mengelola uang.

Orang Pintar Keuangan Tidak Akan Membeli Mobil Baru

Cara cerdas mengelola uang, tidak akan membeli mobil baru
Source: Which.co.uk

Kalau Anda pikir banyak orang kaya membeli mobil baru setiap tahun, Anda salah. Orang-orang cerdas mengelola uang tidak mau menghabiskan uang mereka hanya untuk membeli mobil baru. “Seorang jutawan akan mengendarai mobil berusia lima tahun atau berusia 10 tahun,” terang pakar keuangan, Lynnette Khalfani-Cox seperti dikutip dari Medium.com.

Mobil baru akan menyusut 10% di bulan pertama dan 20% di tahun pertama. Seseorang yang pandai finansial tidak akan menyia-nyiakan uangnya menyusut. Mereka tahu bahwa mobil baru bukan solusi untuk menghemat banyak uang.

Tidak Akan Menyewa Mobil Baru atau Mewah

Orang-orang kaya selain enggan membeli mobil baru atau mewah, mereka memilih untuk membeli mobil dengan harga terjangkau. Mereka memiliki uang untuk menyewa mobil mewah, tetapi mereka merasa bahwa hal tersebut akan merugikan untuk mereka.

Menyewa tetap akan mendorong Anda untuk membayar uang muka yang terlihat lebih rendah daripada membeli mobil baru, tetapi hal tersebut membuat Anda tidak bisa memiliki apapun. Meskipun mereka  pandai mengelola uang akan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Apabila Anda termotivasi dengan biaya jangka Panjang terendah, membeli dan menyimpan mobil Anda lebih lama akan membuat uang Anda lebih aman. Anda memiliki kendaraan yang bisa sekedar menjadi alat mobilisasi Anda. Mereka yang pandai dengan uang cenderung tidak terlalu membutuhkan mobil keluaran terbaru dan terhebat. Cukup membeli mobil sesuai kebutuhan mereka, bukan untuk menunjukan kekayaan dengan membeli mobil berkelas dan mewah.

Mereka Tidak Membeli Rumah Dengan Berhutang

Orang-orang cerdas finansial, tidak akan membeli rumah yang tidak mampu mereka beli. Apa lagi harus membelinya dengan berhutang. Mereka memahami bahwa properti terbaik adalah yang mampu mereka beli.

Orang-orang kaya akan mencoba membeli rumah secara cash. Mereka tidak akan mau mencicil rumah, meskipun dengan cicilan yang kecil. Anda yang memiliki kepandaian dalam finansial akan berpikir berkali-kali lipat untuk mencicil sebuah rumah. Berpikir hanya membeli rumah yang besar tapi mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Lebih baik membeli rumah yang memang mampu mereka beli tanpa harus kredit.

Tidak Membeli Barang Secara Kredit yang Tidak Mampu Mereka Bayar

Bagaimana cara cerdas mengelola uang?
Source: Youngmoneyfinance.com

Banyak orang yang selalu membela-belakan membeli sesuatu yang mereka inginkan dengan mencicil. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi orang-orang cerdas keuangan. Sering sekali seseorang yang mencicil untuk membeli barang, membayar bunga lebih besar daripada harga barang yang mereka beli.

Ada banyak peluang untuk berhutang. Terlebih banyak Lembaga keuangan yang memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin berhutang. Sebaiknya ketika ingin membeli barang, orang-orang cerdas akan mengumpulkan uang tanpa harus melakukan kredit.

Tidak Membeli Barang Branded dari Desainer Terkenal

Memamerkan kekayaan bukan cara menunjukan bahwa Anda orang kaya. Orang-orang miliarder akan enggan membeli barang yang bermerek. Karena itu tidak akan mampu menumbuhkan uang mereka dalam jangka pendek maupun jangka menengah.

Alih-alih membeli barang bermerek, mereka lebih fokus untuk menghabiskan uang untuk Kesehatan dan berinvestasi dalam Pendidikan. Orang yang cerdas uang mereka akan banyak menginvestasikan diri untuk sesuatu yang penting, seperti Pendidikan maupun investasi pengembangan skill.

Membeli Barang Berkualitas bukan Kuantitas

Ketika Anda ingin terlihat kaya, bukan sekedar mengumpulkan lebih banyak barang-barang mewah dan branded. Orang-orang pintar keuangan tidak akan membeli lebih banyak barang yang hanya memenuhi tempat penyimpanan mereka.

Sebaliknya, mereka lebih memilih barang-barang yang tahan lama. Orang cerdas keuangan tidak akan bersifat konsumtif meskipun mereka memiliki kemampuan dalam mengelola uang.

Menghindari Pernikahan Mahal

Siapapun Anda, jika Anda mengira banyak orang kaya menghabiskan uang untuk pernikahan. Bagi orang-orang yang pandai finansial, mereka tidak akan melakukan hal ini. Sebab mereka berpikir tidak akan menghabiskan uang meskipun di acara sakral.

Mereka lebih mementingkan uangnya habis untuk menabung. Sehingga ketika mencapai usia tertentu, mereka memiliki lebih banyak uang di tabungan.

Bagaimana? Tersentak dengan informasi ini. Banyak orang-orang kelas menengah yang terkejut setelah membaca informasi seperti ini. Mereka tidak menyangka bahwa banyak orang kaya yang menghabiskan uang untuk hal-hal sepele. Tetapi mereka berpikir secara jangka panjang.

Saat Anda memiliki banyak uang, sebaiknya jangan menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang konsumtif. Pikirkan investasi terbaik untuk diri Anda. Investasi bukan sekedar membeli properti, reksadana, dan saham. Tetapi juga investasi pada diri sendiri dengan mengikuti berbagai seminar dan training yang bisa melatih kemampuan Anda. Begitulah ciri orang cerdas mengelola uang.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Pengaruh Pembatasan Transaksi Tunai Maksimal Rp 100 Juta Terhadap UKM

Fattah Miyaz

Rekening Giro dan Tabungan, Mana yang Cocok untuk Bisnis Kecil?

mimin ABC kotaraya

Berikut 10 Cara Memantau Kinerja Keuangan Dalam Bisnis Anda

Fattah Miyaz

Leave a Comment