ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

5 Tipe Pengusaha Di Indonesia, Mana Tipe Anda?

Sebagai pengusaha pasti Anda selalu berpikir harus memiliki sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan loh. Bahkan seorang pengusaha sering dianggap orang yang mendirikan sebuah bisnis dan hingga sukses. Padahal ada loh pengusaha yang tidak mendirikan usaha dan tidak mengelola usaha secara langsung. Siapakah mereka? Kali ini kita akan membahas tipe-tipe pengusaha di Indonesia yang harus Anda ketahui, kira-kira Anda ada di tipe pengusaha yang mana?

Setiap pengusaha di kategorikan berdasarkan usaha yang dijalankan. Jenis usaha memang cukup banyak, tetapi sebenarnya jenis bidang usaha hampir sama. Hanya saja produk atau jasa yang dijualnya berbeda. Kita akan membagi jenis pengusaha berdasarkan bidang usaha yang sering kita temui.

Baca Juga: Lengkap, Kriteria UMKM Di Indonesia serta Bidang Usahanya

Tipe Pengusaha Di Indonesia yang Sering Dijumpai

Pengusaha Bisnis Kecil

Mungkin sebagian dari kita mengetahui definisi pengusaha kecil. Pengusaha kecil masuk dalam tipe pengusaha yang cukup banyak di Indonesia. Jenis pengusaha ini cukup beragam, bahkan banyak juga yang menjadi pengusaha bisnis kecil sebagai profesi sampingan.

Pengusaha bisnis kecil menjalankan usaha dan juga bekerja di sebuah perusahaan. Mereka menjalankan usahanya dengan mempekerjakan orang lain atau meminta anggota keluarga yang mengelola usahanya. Biasanya para pengusaha kecil, tidak menciptakan produk, tetapi mereka menjadi pengecer sebuah produk atau perantara jasa.

Pengusaha bisnis kecil banyak dari orang-orang yang baru belajar berbisnis. Mereka biasanya menjajakan usahanya secara langsung. Baik itu dengan membuka sebuah toko atau gerai disuatu tempat.

Pengusaha Online

Tipe pengusaha di Indonesia
Source: https://hankervisionary.com/

Sebenarnya pengusaha online dan pengusaha bisnis kecil hampir sama. Hanya saja cara berjualannya berbeda. Tipe pengusaha online ini cukup banyak saat ini, mereka menjajakan barang dagangannya secara online dengan menggunakan platform jualan yang sudah tersedia.

Kemudahan platform online membuat pengusaha online bertumbuh pesat saat ini. Biasaya para pengusaha bisnis kecil juga menjajakan bisnisnya secara online. Tetapi mereka tidak terlalu fokus berjualan secara online.

Pengusaha online tidak hanya berdagang dengan memanfaatkan platform yang sudah ada seperti marketplace. Mereka juga umumnya memiliki website sendiri untuk menawarkan produk atau menawarkan jasa yang mereka jual.

Tipe pengusaha online di Indonesia di bidang jasa, mereka lebih dikenal dengan sebutan freelancer yang bekerja tanpa ikatan kerja secara tahunan. Karena mereka bekerja sesuai dengan project yang mereka dapatkan. Ketika project selesai, maka pekerjaan mereka selesai. Selain itu, mereka yang menawarkan kursus secara online masuk dalam kategori pengusaha online.

Pengusaha Besar

Pengusaha besar memang cukup banyak di Indonesia. Mereka sudah malang melintang di dunia bisnis berpuluh-puluh tahun dan bisnis yang mereka punya sudah menjadi perusahaan bonafide dengan pendapatan yang luar biasa. Pengusaha jenis ini memang cukup banyak di Indonesia, namun belum begitu sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Karena tipe pengusaha besar di Indonesia belum mencapai 5% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Tipe pengusaha besar, mereka telah memiliki perusahaan dengan kekayaan minimal Rp 10 milliar. Biasanya para pengusaha besar sudah tidak terlibat langsung dalam operasional bisnis. Mereka hanya sekedar memantau bisnis yang mereka miliki.

Investor

Investor adalah tipe pengusaha yang paling tinggi posisinya. Mereka biasanya sudah tidak memikirkan usaha apa yang akan mereka bangun. Melainkan mereka akan berpikir perusahaan apa yang akan mereka beli maupun mereka berikan modal untuk dikembangkan.

Seorang investor memang berawal dari seorang pengusaha. Saat usaha mereka sudah stabil dan memiliki keuntungan yang cukup besar, mereka meninggalkannya untuk dikelola oleh orang-orang yang telah mereka percaya. Lalu mereka fokus untuk mendirikan atau menanamkan modal di perusahaan atau industri yang berbeda.

Tipe pengusaha investor mereka sangat giat untuk mencari uang. Uang yang mereka peroleh tidak hanya dihabiskan untuk berfoya-foya memenuhi lifestyle, tetapi mereka putarkan lagi dengan menanamkan modal di perusahaan-perusahaan rintisan atau perusahaan yang memang sedang membutuhkan modal untuk pengembangan.

Pengusaha Influencer

Tipe pengusaha di Indonesia yang terakhir mungkin akan mengejutkan Anda semua. Mereka disebut sebagai pengusaha influencer. Maksud dari pengusaha influencer bukanlah pengusaha yang selalu membuka endorse di sosial media atau mereka yang juga selebgram. Meskipun memang sebagian pengusaha ini selalu melakukan endorse di sosial media.

Sebenarnya sebutan influencer bukanlah hanya untuk para selebgram saja, melainkan mereka yang suka memberikan materi-materi bermanfaat di muka umum atau seorang motivator termasuk dalam jenis tipe pengusaha influencer. Selain itu, para penulis, Youtuber, dan Podcaster merupakan pengusaha yang tidak menjual produk atau jasa yang terlihat.

Itulah beberapa tipe pengusaha di Indonesia. Kira-kira Anda masuk ke tipe pengusaha yang mana? Silahkan jawab di sosial media ABC Kota Raya.

Sebagai pengusaha, tak boleh lupa untuk mengelola keuangan bisnis sebaik mungkin. Baik itu jika semua diserahkan kepada staff, tetapi Anda juga tetap harus memantaunya. Salah satu cara termudah untuk memantau keuangan usaha dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online berbasis cloud. Anda bisa memantau keuangan bisnis dimanapun dan kapanpun. Mau coba Accurate Online gratis 30 hari, silahkan klik banner dibawah ini.

Related posts

Penyebab, Penyebaran, Serta Pencegahan Virus Corona

Siti

8 Softskill Menjadi Pengusaha, Untuk Para Calon Entrepreneur

Fattah Miyaz

10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Fattah Miyaz

Leave a Comment