ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

3 Kualitas Pemimpin Sukses Di Tengah Ketidakpastian yang Akan Terlihat

Membahas mengenai kualitas pemimpin dalam bisnis memang sangat diperlukan. Mungkin saja, Anda sedang mengalami disrupsi atau ketidakpastian dari kondisi dunia saat ini. Sebenarnya ketidakpastian dalam bisnis hal yang lumrah terjadi. Tetapi kondisi saat ini sangat berbeda. Seorang pemimpin berkualitas harus mampu beradaptasi dengan segala kondisi. Kualitas pemimpin sukses di tengah kepastian diuji.

Sektor ekonomi seperti hancur berkeping-keping setahun terakhir. Kondisi ekonomi bisnis yang tidak menentu, membuat setiap pemimpin bisnis harus mampu berpikir keras, setidaknya untuk bisa tetap mempertahankan bisnis yang ada. Memang ada beberapa sektor yang paling terdampak, namun bukan berarti hanya menunggu hingga selesai dan kondisi kembali normal.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Tetapi yang harus diketahui oleh pemimpin bisnis dimanapun, ketidakpastian saat ini dapat dikatakan sebagai ketidakpastian yang paling ekstrim. Sebagian pemimpin berhasil bangkit dari kondisi yang terjadi. Sebagian lagi mengalami hal yang menyedihkan. Bahkan mereka rela menjual bisnis dengan harga sangat murah diluar nalar.

Kualitas pemimpin sukses di tengah ketidakpastian ditunjukan dari keterampilan mereka dalam mengelola bisnis dan prilaku mereka. Ketiganya telah ABC Kota Raya rangkum melansir dari Entrepreneur.com.

Kelincahan

Manjanya konsumen sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa dekade terakhir. Mereka menikmati segala fasilitas yang ada dalam genggaman, yakni smartphone dan sosial media. Ekspektasi konsumen melonjak terhadap produk dan jasa akhir-akhir ini melalui gawai. Dalam lanskap ini, para pemimpin tidak melihat bagaimana itu menjadi kebutuhan.

Dimana masyarakat sudah malas untuk pergi berbelanja ke toko retail, pergi keluar rumah sekedar untuk makan, dan pergi keluar rumah untuk menemui penyedia jasa tertentu. Sekarang Mereka lebih memilih mengandalkan smartphone dan mungkin laptop untuk melakukan semua hal itu.

Kejadian tersebut masih banyak diabaikan oleh para pengusaha di dunia, termasuk Indonesia pada saat itu. Mereka mengabaikan apa yang sudah terjadi. Teknologi sudah merubah semuanya, namun tidak secepat seperti satu tahun terakhir.

Pemimpin berkualitas, mereka sudah melihat ini dan sudah menyiapkan aset-aset untuk menyambut kondisi seperti setahun terakhir. Mereka yang sudah mulai sejak dahulu, pada akhirnya memetik hasil luar biasa. Tetapi mereka yang tidak memulai sejak lama, merasakan betapa pahitnya kondisi seperti ini.

Kepemimpinan yang hebat harus di tanamkan dalam setiap organisasi. Kelincahan sering dianggap sebagai tantangan digitalisasi, namun kelincahan bukanlah sebuah teknologi, tetapi mentalitas. Tanggung jawab seorang pemimpin saat ini harus mampu melihat bagaimana dapat beradaptasi dengan era digital dan tetap melestarikan nilai tradisional yang bisa membawa bisnis menjadi lebih besar.

Tujuan

Selama kondisi ketidakpastian, konsumen sangat menghargai beberapa brand yang memang tetap berprilaku adil, etis, dan pelanggan akan membeli produk yang memiliki nilai-nilai selaras. Bahkan banyak juga konsumen yang akhirnya menawarkan brand tersebut kepada orang lain. Disinilah kesadaran sosial harus menjadi kunci bagi pemimpin yang sadar akan tujuan mereka berbisnis. Bukan sekedar meraih keuntungan saja.

Menghasilkan cashflow perusahaan di masa sulit merupakan tugas yang sangat berat bagi para pemimpin. Semua hal telah dilakukan, minimal untuk menstabilkan kondisi keuangan saja. Tetapi melakukan sesuatu sambil memuaskan seluruh stakeholder perusahaan merupakan seni kepemimpinan.

Tetaplah menjalankan tujuan-tujuan sosial berdasarkan nilai-nilai perusahaan yang sudah ditetapkan, pemimpin yang mampu melakukannya akan membangun pondasi yang lebih kokoh untuk menyambut masa depan. Pelanggan akan tertarik kepada merek yang terpercaya dan transparan. Pemimpin berkualitas adalah mereka yang menjadikan transparansi sebagai peluang untuk tetap terhubung dengan para staf serta konsumen.

Baca Juga : 10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Otentik

Kualitas pemimpin di tengah ketidakpastian akan teruji ketika mereka mampu menghadapinya dengan sikap tenang. Kejujuran, kerendahan hati, dan komitmen yang benar-benar akan menjalankan nilai-nilai bisnis akan menjadi kunci kesuksesan.

Tantangan terbesar seorang pemimpin bisnis dimanapun pasca krisis adalah menginspirasi para staf untuk ikut serta dalam misi perusahaan. Memang sulit mengajak orang-orang yang merasa sudah tidak memiliki semangat maju bersama ketika krisis usai dengan kondisi perusahaan yang mungkin tidak dalam kondisi sebelum pandemi.

Namun ketika kualitas pemimpin dibuktikan dengan membangun komunikasi yang baik, moral yang kuat, kekuatan mental, konsistensi, dan transparansi mungkin para staf akan menganggap hal positif terhadap gaya kepemimpinan Anda. Dan mereka akhirnya mau menyambut kondisi baru menghadapi dunia yang baru.

Diperlukan keberanian untuk mengatur ulang atau mengubah strategi, budaya, dan proses ketika dihadapkan pada kinerja buruk. Kualitas pemimpin sukses di tengah ketidakpastian adalah mereka yang terus berkembang, mengarah pada evolusi, bukan revolusi, dalam pendekatan kepemimpinan.

Ketidakpastian harus menghadirkan semua orang pada satu tujuan organisasi yang sama. Mereka harus mampu bersatu dibalik visi yang jelas dan serangkaian tujuan bersama. Membawa gerbong organisasi untuk sama-sama bersatu menjadi tugas seorang pemimpin agar bisa menghadapi ketidakpastian.

Related posts

Penyebab, Penyebaran, Serta Pencegahan Virus Corona

Siti

Menjaga Semangat Tim, Ketika Harus Bekerja Di Akhir Tahun

Fattah Miyaz

10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Fattah Miyaz

Leave a Comment