ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

8 Aplikasi Edit Gambar untuk Berbagai Bisnis UMKM

Ngomong-ngomong di era digital, tidak terlepas dari yang namanya konten. Jenis konten digital memang sangat banyak, tulisan, foto, video, dan suara. Salah satu konten yang paling banyak dijumpai adalah gambar. Konten yang cukup mudah digunakan oleh setiap pebisnis, baik pebisnis pemula maupun pebisnis pengalaman yang baru terjun ke dalam dunia digital. Kali ini, kita akan membahas mengenai aplikasi edit gambar gratis untuk bisnis UMKM.

Konten gambar atau foto menjadi konten yang paling mudah dibuat oleh para pebisnis. Gambar menjadi pemancing pelanggan untuk closing. Tetapi bukan sembarang gambar yang bisa mengunggah orang untuk tertarik hingga membeli atau menggunakan brand Anda.

Membuat foto atau gambar yang bagus dan menarik tentu sangatlah penting. Sangat di sayangkan tidak semua para pebisnis mampu membuat menciptakan foto menarik pada brand mereka. Akhirnya, mereka harus mengambil gambar orang lain dengan sedikit sentuhan editing dan langsung mempostingnya. Tentu ini sangat berbahaya.

Kali ini ABC Kota Raya akan memberikan Anda rincian aplikasi edit gambar untuk bisnis UMKM. Gak usah bingung lagi, kita akan kasih Anda daftar aplikasinya. Mulai dari yang gratisan di PC maupun Smartphone.

Deretan Aplikasi Edit Gambar untuk Pelaku UMKM

Snapseed

Salah satu aplikasi edit gambar yang banyak digunakan oleh para pebisnis dan tentunya ada fitur gratisnya yakni Snapseed. Aplikasi besutan Google satu ini merupakan aplikasi yang di rekomendasikan. Pada awalnya Snapseed merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh traveler dalam mengedit foto-foto mereka saat traveling. Kini banyak para pebisnis yang menggunakannya untuk menampilkan foto-foto menarik dari brand mereka.

Photoscape X

Buat Anda yang tidak mahir-mahir amat dalam editing foto, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi atau software edit foto satu ini, namanya Photoscape. Software ini sebenarnya sudah sejak lama digunakan oleh pemula untuk menghasilkan foto-foto menarik dengan tools yang mudah di gunakan.

Untuk di awal, Photoscape X bisa menjadi tools edit foto yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat foto-foto menarik untuk produk-produk yang Anda miliki. Photoscape X bisa menjadi salah satu aplikasi edit gambar untuk para pelaku UMKM.

Baca Juga : Kemudahan Digital Marketing dengan Instagram

VSCO

Buat kalian yang suka edit foto untuk postingan di akun pribadi, sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. VSCO menjadi salah satu aplikasi yang cukup digemari oleh para pengguna Instagram dengan filter-filter yang hasilnya luar biasa.

Tidak mau ketinggalan, akhirnya aplikasi satu ini juga banyak digunakan oleh para pemilik brand saat ini. Buat Anda para pemilik brand, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi satu ini sebagai salah satu aplikasi pilihan untuk membuat gambar atau foto keren sebagai pemancing daya tarik calon konsumen.

Foodie

Foodie App
Source : Pinterest

Buat Anda para pebisnis kuliner, kalau Anda mau edit-edit produk , bisa menggunakan aplikasi edit foto yang memang di khususkan untuk edit foto makanan. Filter-filter yang ada juga tidak kalah kerennya dengan aplikasi yang sudah disebutkan di atas.

Apa lagi Foodie lebih praktis dan sederhana dibandingkan dengan VSCO. Nah, Anda bisa mencoba untuk menggunakannya sebagai salah satu aplikasi edit gambar pilihan buat produk Anda, terutama produk-produk makanan. Sesuai dengan nama pada aplikasi tersebut.

Pixlr

Pixlr salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Aplikasi ini memiliki beberapa versi dan bisa digunakan di desktop maupun smartphone. Bahkan bisa digunakan secara online juga. Anda bisa memanfaatkan Pixlr sebagai salah satu tools edit foto untuk bisnis Anda.

Kalau Anda hanya butuh editing foto sederhana, maka Pixlr bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda dalam melakukan editing foto sederhana.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

 Lightroom

Salah satu pesaing VSCO adalah Lightroom, aplikasi satu ini sebenarnya bentuk sederhana dari Adobe Photoshop. Jika Photoshop digunakan di PC, Lightroom di operasikan di Android. Lightroom juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna Instagram.

Pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan aplikasi satu ini untuk membuat produk Anda lebih menarik dengan mengatur cahaya menjadi lebih baik dan efektif. Tak dipungkiri, hasil dari Lightroom sangat indah loh untuk di post di IG. Bahkan banyak influencer yang menggunakan aplikasi satu ini.

PicsArt

Sebelum adanya VSCO dan Lightroom salah satu aplikasi primadona di Android adalah PicsArt. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan proses edit foto brand Anda. Aplikasi PicsArt menjadi pilihan karena cukup mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap.

Sudah di unduh lebih dari 500 juta kali, membuat PicsArt menjadi aplikasi edit foto untuk pebisnis UMKM yang sangat di rekomendasikan. Anda bisa melakukan CutOut, pemotongan, peregangan, cloning, penambahan teks dengan pilihan font yang sangat beragam.

Canva

Canva merupakan aplikasi edit foto yang cukup digemari oleh banyak pemilik bisnis di dunia. Di Canva Anda tidak hanya disuguhkan desain untuk konten gambar di media sosial saja. Anda juga bisa mendesain materi promosi sekaligus seperti pamflet, poster, spanduk, logo, banner, kartu nama, dan berbagai desain lainnya.

Canva sangat mudah digunakan, sekalipun Anda tidak pernah menyentuh software atau aplikasi edit foto sama sekali. Aplikasi edit foto satu ini juga bisa digunakan di Smartphone dan web.

Nah, mungkin itu beberapa aplikasi edit foto untuk pebisnis UMKM yang bisa teman-teman pebisnis gunakan untuk mempercantik foto produk Anda agar tampak lebih professional dan lebih menjual. Tentunya, sebelum melakukan proses editing foto, Anda harus mengambil foto produk dengan kualitas gambar yang cukup baik.

Related posts

Peran Influencer dalam mengembangkan bisnis

Annisa

Kesuksesan Tidak Akan Datang Jika Kamu Tidak Bisa Mengenal Dirimu Sendiri

Safina

Manfaat Sering Membaca Buku

Eka

Leave a Comment