ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Tips mengatasi kecanduan Gadget yang dialami banyak orang sekarang. Era digital yang serba canggih terkadang membuat canggung jika tidak menenteng gadget. Pemandangan orang sibuk dengan gadget tidak akan cukup aneh pada masa sekarang.

Walaupun salah satu manfaat utama gadget adalah untuk menjalin komunikasi, tetapi gadget justru memiliki pengaruh buruk pada interaksi sosial. Semoga, kamu bukan satu dari orang-orang yang terkena pengaruh buruk dari gadget. Lalu, apa pengaruhnya buruk dari  gadget pada interaksi sosial kita?

Begini, kamu mungkin sangat sering melihat dua orang yang duduk di kafe, atau di mana saja, yang masing-masing sibuk dengan gadget di tangannya. Seolah-olah, kedua orang tersebut seperti tidak saling kenal. Seolah-olah mereka tidak berada di tempat yang sama dengan orang lain yang dapat diajak berbicara, bercanda atau membicarakan hal-hal yang positif.

Sebelum membahas tips mengatasi kecanduan Gadget. Fenomena orang yang tidak pernah lepas dari gadget mungkin menjadi hal yang bisa pada masa sekarang. Interaksi sosial benar-benar terabaikan, kalah oleh teknologi yang justru diciptakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kemajuan teknologi membuat banyak orang semakin tergantung dengan gadget. ketika duduk, berjalan kaki, dan bukanlah sewaktu mengemudikan kendaraan, mereka seperti tidak rela melepas gadget.

Padahal, jika kita mau berintrospeksi dan memperbaiki diri, kebiasaan buruk tersebut bisa dihancurkan dengan cara menumbuhkan kebiasaan hebat.

a. Kontrol Diri

Setiap orang harus memiliki konrol, baik dalam berfikir, bersikap, maupun bertindak. Kontrol diri ada setelah tumbuh kesadaran dalam diri bahwa kita tidak bisa hidup sendiri, ada orang lain yang kita butuhkan dan membutuhakan kita.

Jika kita bisa kontrol diri, hal positif yang kamu dapat terutama adalah kamu akan menjadi orang yang paling bisa menempatkan diri dalam situasi apapun. Perlu kamu tahu, Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang mengontrol dirinya, baik kontrol terhadap pikiran, sikap, maupun perbuatan. Mereka juga sangat mampu mengontrol diri dalam menggunakan gadget.

b. Tumbuhkan Empati

Melatih dan menumbuhkan empati sebenarnya sangat mudah. Ketika ego kita bisa kita turunkan dengan memperhatikan kepentingan orang lain. kita akan dengan mudah menumbuhkan rasa empati kita kepada orang lain.

Perlu diketahui, setiap orang punya kepentingan yang seharusnya dihormati. Jangan sampai kebiasaan menguntak-atik gadget membuatmu menjadi orang yang acuh pada lingkungan di sekitarmu. Ketika ada orang datang sapalah dengan sopan. Kemudian ajaklah berbicara, dengarkan apa yang mereka sampaikan, dan respon dengan penuh perhatian.

Menumbuhkan kebiasaan hebat dalam berempati juga akan menghasilkan keuntungan-keuntungan lain. Namun, pada intinya, menumbuhkan empati akan memperbesar kemungkinan positif bagi kita untuk mendapatkan lebih banyak daripada yang didapakan orang yang acuh dan abai terhadap orang lain.

c. Jalan Raya Bukan Milik Kamu Saja

Main gadget sambil mengendarai kendaraan sangat berbahaya. Bahayanya bukan bagi diri kita saja, bahkan hal yang kita anggep sepele ini bisa berakibat fatal pada keselamatan orang lain. Kerugian bukan hanya pada sisi finansial, namun juga mental.

Sibuk dengan gadget kita tidak perlu melalaikan tanggung jawab kita sebagai manusia yang beradab dan bersosial. Tidak akan ada salahnya jika kita meletakan dulu gadget kita sewaktu berkendara, baik demi keselamatan kita, maupun demi keselamatan orang lain.

Menghormati keberadaan orang lain sangat perlu diumbuhkan dalam diri kita agar kita mampu menjadi pribadi yang hebat. Memang terlihat tidak ada korelasinya, bagaimana menghormati orang lain menjadikan pribadi yang hebat. Namun, jika mau berfikir, berawal dari kebiasaan menghormati orang lain, kita akan mendapatkan penghormatan dari orang lain.

Kesimpulan

Jadi tips mengatasi kecanduan gadget, jika pada saat ini kamu adalah orang yang sangat kesulitan meletakan gadget kamu jauh dari badan kamu, maka kamu harus merubah kebiasaan buruk itu. Hal penting yang kamu sadari adalah gadget bisa merusak waktu produktif kamu. Fisik kamu, terutama mata, juga akan terganggu dengan kesibukan kamu bermain gadget.

Baca juga artikel lainnya:

 

PENYEBAB ANDA MALAS

Orang-orang kaya adalah orang yang terbebas dari rasa malas. Kemalasan menciptakan kelemahan, termasuk mengurangi produktivitas. Dengan demikian, jika kemasalah ada pada diri mereka, maka mereka tidak akan bisa melakukan apapun untuk mencapai apa yang sekarang ada ditangan mereka.

Kemalasan adalah kebiasaan paling buruk dan dapat membunuh kesuksesan apa pun. Kemalasan membuat kita menunda-nunda melakukan sesuatu yang semestinya dapat kita kerjakan tepat waktu dan membawa hasil yang kongkret.

Dengan alasan apapun, menghancurkan kemalasan adalah sebuah kewajiban bagi semua orang. Oleh sebab itu kita harus melakukan kebiasaan-kebiasaan hebat sebagai berikut ini:

a. Ciptakan Prioritas

Apa yang penting dalam hidup kita? Apakah kita ingin memiiki cukup uang untuk membiayai hidup kita? Apakh kita ingin hidup sejahtera? Pilihkan satu diantara itu mana yang paling terpenting? Tentukan sekarang dan jadikan prioritas.

Jika kita melakukan sesuatu yang penting menurut kita, maka akan menumbuhkan semangat untuk mencapainya. Jadi, tentukan mana yang penting kemudian lakukan sesuai prioritas kita.

b. Persempit Waktu Kosong

Waktu kosong yang melebar akan membuat tubuh kita males bergerak. Waktu kosong harus dipersempit agar tubuh tidak terbiasa dalam kenyamanan yang merusak masa depan. Lakukan sesuatu, apaun itu, yang membuat tubuh otak kita bergerak dan bekerja.

c. Pikirkan Konsekuensi dari Kemalasan

Jika kita masih berasa memiliki banyak waktu untuk menunda perkerjaan atau bermalasan, maka segera pikirkan kosekuensi dari kemalasan itu. Misalkan kita menunda mandi pada saat sore hari, kita harus fikirkan, apa buruknya mandi ketika waktu sudah menjelang malam.

Kesimpulan

Kemalasan adalah awal dari kebangkrutan hidup. JIka kita ingin berada dalam kehacuran, biarkanlah tiubuh kita teronggok di atas kasur dan pikiran melayang-layang dalam lamunan.Namun, jika kita ingin dalam kebahagiaan, relakanlah tubuh bergerak dan otak berfikir untuk menuju kemajuan hidup.

Baca juga artikel lainnya:

 

TIDAK PUNYA CITA-CITA

Kadang apa yang kita usahakan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan kita. Namun, kondisi tersebut jangan sampai membuat kita malas mencapai kemajuan yang pernah kita impikan dan membuat kita tidak punya cita-cita.

Cita-cita adala yang direncakan diusahakan. Ketika kamu tidak memiliki cita-cita, itu akan membuat kamu terjebak dalam kebiasaan buruk. Oleh sebab itu, usahakanlah dengan menanamkan kebiasaan hebat berikut ini.

a. Kenali Kemampuan

Kita harus mengenali seberapa kemampuan kita untuk mewujudkan cita-cita kita. Ini adalah langkah paling awal dari pencapaian cita-cita.

b. Asah Bakat

Setelah konsentrasi, selanjutnya adalah mengasah apa telah dipelajari. Dengan kemampuan yang tajam, kita dapat membedah kebuntuan dalam menggapai cita-cita.

c. Berdoa dan Tawakal

Berdoa dan bertawakal akan membuat hidup kita tenang, Meskipun kita belum sampai pada cita-cita, kita dapat menerima dengan lapang dada. Mintalah doa dari orang-orang yang kita cintai.

Keberhasilan seseorang bukan hanya dihasilkan oleh kemampuan, tetapi juga usaha, keteguhan memperjuangkan cita-cita dan doa. Ketika kamu tidak memiliki cita-cita, hidupmu akan terasa hambar dan tidak akan mendapatkan kemajuan apa-apa.

Baca juga artikel lainnya:

Related posts

Jangan Putus Asa Jika Bisnis Sedang Sepi. Ini Solusinya!

admin

Cara Membuat Penawaran Produk

ervan

Solusi Agar Tabungan Cepat Terkumpul

Eka

Leave a Comment