ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Penyebab Mudah Stress

Penyebab mudah stress dan bagaimana cara mengatasinya? Stress merupakan kondisi seseorang yang berada pada ketegangan fisik, psikis, emosi, maupun mental. Stress sangat mempengaruhi aktivitas seseorang sehari-hari.

Tidak bisa dipungkiri bahwa konfik merupakan sumber utama terjadinya stress. Konflik yang dimaksud dapat berupa konflik dengan diri sendiri maupun konflik dengan orang lain. Kompetisi atau persaingan merupakan penyebab terjadinya stress. Beban yang berat untuk unggul dalam sebuah kompetisi menjadi penyebab tekanan yang berujung stress.

Penyebab mudah stress seseorang berbeda-beda, tergantung penyebabnya dan menyikapinya. Stress dapat menganggu produktivitas kita. Oleh sebab itu, mari kita hancurkan.

a. Piknik

Berlibur atau berekreasi merupakan salah satu cara yang efektif dan ampuh untuk menghilangkan stress, karena di saat berlibur, seseorang melepas energi negatif dan menyerap energi positif yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati.

b. Aromaterapi

Aromaterapi bermanfaat sebagai terapi yang mampu merangsang emosi manusia. Aroma terkait dengan indra penciuman manusia yang berhubungan dengan sistem limbik. Sistem limbik merupakan pusat kendali emosional dalam otak manusia.

c. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan bagian penghilang strees. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium, dan vitamin C.

Kondisi stress harus dihilangkan dari diri kita. Kondisi tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali. Dengan menumbuhkan kebiasaan hebat diatas, kita dapat meredakan dan menghancurkan tekanan hidup dengan cara yang sehat.

Baca juga :

MUDAH GALAU

Penyebab mudah stress dikarenakan seseorang mudah galau. Ia akan tetap meratap pada dinding-dinding kesedihan. Keadaan seperti itu, bukan hanya sekadar buruk. tetapi akan memicu penyesalan yang dalam.

Maka dari itu, mari kita hancurkan kebiasaan mudah galau dengan kebiasaan-kebiasaan hebat berikut ini.

a. Cerdaskan Emosi

Kecerdasan emosi merupakan kemampuan emosional yang meliputi kecakapan untuk tetap tenang dalam suasana apa pun, menghilangkan gelisah yang timbul, mengatasi kesedihan atau berdamai dengan sesuatu yang menjengkelkan. Orang yang cerdas secara emosi tidak berada di bawah kekuasaan emosi.

b. Kelola Suasana Hati

Mengelola suasana hati buka berarti menekan perasaan. Salah satu ekspresi emosi yang timbul bagi setiap orang adalah marah. Marah itu mudah, tetapi untuk marah kepada orang yang tepat , tingkat yang tepat, waktu, tujuan dan dengan cara yang tepat, hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang cerdas secara emosi.

c. Hilangkan Kesenangan Sesaat

Merupakan karakteristik emosi untuk menunda kesenangan sesaat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Hal ini sering juga disebut menahan diri. Orang yang cerdas secara emosi tidak memakai prinsip harus memiliki segalanya saat itu juga.

Mengendalikan dorongan hati merupakan salah satu seni bersabar. Ia akan menukar rasa sakit atau kesulitan saat ini dengan kesenangan yang jauh lebih besar di masa yang akan datang. Mudah dibuat galau oleh sesuatu akan membuat seseorang tidak mampu menghadapi kenyataan hidup.

Baca juga :

HIDUP TIDAK TENANG

Penyebab mudah stress seseorang karena hidup tidak tenang. Ketenangan adalah kekuatan. Ketenangan membuat diri tidak mudah goyah dalam menyikapi berbagai keadaan. Seseorang yang tenang, jauh lebih mampu menyelesaikan persoalan hidup dengan baik. Mereka merupakan pribadi yang solutif.

Hidup tidak tenang dapat mengacaukan keadaan. Apalagi dalam keadaan yang sulit, ketidaktenangan akan menambah kesulitan, Dengan demikian, menghancurkan kebiasaan hidup tidak tenang itu adalah keharusan.

a. Ikhlas

Keikhlasan adalah jalan terang untuk menghentikan sikap tidak tenang dalam diri. Seseorang yang ikhlas, tidak ada keraguan dalam dirinya untuk bertindak, terutama berbuat kebaikan. Hidup menjadi lebih penuh syukur dan bahagia.

b. Memantaskan Diri

Memantaskan diri untuk hidup yang lebih baik. Memilih untuk bahagia dengan jalan hidup yang telah dipilih. Dengan demikian, hidup menjadi optimis dan sikap tidak tenang yang merupakan cikal bakal sikap pesimis pun hilang.

c. Percaya Kuasa Tuhan

Tuhan merupakan sumber kebaikan. Percayalah akan kuasa Tuhan atas diri kita. Semua yang terjadi pada diri seseorang atas kehendak Tuhan, sehingga dengan percaya akan kuasaNya, hidup menjadi lebih tenang dan bahagia.

Seseorang yang hidupnya tidak tenang, selalu gelisah dan mudah panik ketika menghadapi problematika hidup. Penyesalan di masa lalu membuat hidup tidak tenang. Penyesalan menjadikan kegelisahan yang berlarut-larut sehingga menghambat langkah seseorang untuk meraih tujuan hidup.

Baca juga :

MUDAH GELISAH

Penyebab mudah stress karena dalam hidup penuh kegelisahan. Gelisah adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa tidak tidak tenang dan hidup dalam kekhawatiran. Kegelisahan yang berlebihan, tentu tidak akan baik untuk diri sendiri maupun orang-orang terdekat.

Penyebab Mudah Stress

Kebiasaan mudah gelisah ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihilangkan. Anda dapat menghilangkan dengan kebiasaan-kebiasaaan hebat berikut ini.

a. Berfikir Positif

Obat dari kegelisahan yaitu berfikir positif. Membiasakan diri berfikir positif menjauhkan diri dari prasangka buruk dan melenyapkan kegelisahan. Seseorang dapat menjalani hidupnya dengan pandangan hidup yang lebih terbuka.

b. Mengelola Perasaan

Perasaan sedih, senang, kecewa, marah, dan perasaaan-perasaan lainnya harus mampu dikelola dengan sebaik mungkin. Mengelola perasaan dengan baik dapat menjadikan seseorang bersikap lebih bijaksana dan jauh dari kegelisahan yang akan mengepungnya.

c. Meditasi

Meditasi merupakan proses relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari berbagai hal yang menarik, mrmbebani, maupun mengkhawatirkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meditasi, perasaan gelisah akan luntur berganti ketenangan.

Kegelisahan mengakibatkan seseorang kehilangan fokus terhadap tujuan hidupnya. Perasaan bersalah yang muncul bisa menjadi penyebab kegelisahan yang tidak berkesudahan. Oleh karena itu, perlu adanya intropeksi diri untuk menemukan masalah dan sumber masalah.

Baca juga :

SERING MELAMUN

Penyebab mudah stress seseorang akibat sering melamun. Orang dalam keadaan sendiri biasanya cenderung melakukan aktifitas yang tidak berguna, yaitu melamun. Tidak ada bukti bahwa kebiasaan melamun dapat memberi manfaat.

Melamun berbeda dengan berimajinasi. Berimajinasi mengandaikan gerak pikir yang memiliki dasar dan tujuan yang jelas. Sementara melamun adalah ketidaksadaran yang menggerakkan perasaan kita.

Orang yang sering melamun ketika berkendara sangat membahayakan orang lain dan dirinya sendiri. Ia dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Oleh sebab, itu mari kita hilangkan kebiasaan mudah melamun dengan cara sebagai berikut.

a. Kendalikan Apa yang Kita Bisa Kendalikan

Memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan akan menambah beban yang tidak diperlukan untuk otak kita. Jadi, daripada kita melamunkan hal yang tidak bisa dikendalikan tersebut, fokuslah pada hal-hal yang dapat kita kendalikan.

b. Berimajinasi Secara Positif

Imajinasi seperti mata pisau, ia dapat sangat berguna, namun dapat juga mencelakai kita. Imajinasi dapat kita gunakan untuk memimpikan hal-hal yang besar dan menjaga motivasi kita tetap tinggi. Namun imajinasi juga dapat membuat kita demotivasi.

c. Selalu Berfikir Objektif

Berfikir Objektif adalah cara berfikir yang berdasarkan bukti dan fakta. Jika kita tidak menemukan bukti atau fakta dari apa yang kita pikirkan, itu berarti hanya lamunan yang dipengaruhi oleh ketidaksadaran kita.

Orang bijak menyarankan agar kita selalu berharap hal yang baik terjadi dalam hidup kita. harapan itu merupakan sebuah doa yang bisa saja Tuhan anugerahkan apa yang kita harapkan dengan mudah. Harapan yang ada pada diri kita hendaknya tetap sesuai rasio kita.

Berharap mendapatkan hadiah miliaran rupiah itu tidak realistis, jika tidak diimbangi dengan usaha, sebab uang miliaran tersebut tidak turun dari langit.

Baca juga :

Related posts

Peran Influencer dalam mengembangkan bisnis

Annisa

Pentingnya Membangun Networking bagi Pengusaha UKM

admin

Terungkap! 5 Cara Efektif Menghadapi Pelanggan Rewel

admin

Leave a Comment

No any image found. Please check it again or try with another instagram account.