ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Penyebab Takut Berbicara di Depan Banyak Orang

Penyebab Takut Berbicara, Berdasarkan Pengalaman Pribadi.

Bulan ini saya ada presentasi, tapi saya bingung, karena saya tidak pernah berbicara dihadapan orang banyak. Saya sanggup mengeluarkan kemampuan yang luar biasa dalam berbisnis, tetapi masalahnya adalah presentasi. kalau berbicara biasa saja saya bisa,

Saya bukan tidak bisa presentasi. Akhir tahun lalu, saya pernah presentasi pesanan yang bernilai jutaan. Karena sangat gugup, Akibatnya pesanan tersebut melayang begitu saja.

Penyebab Takut Berbicara terjadi karena trauma salah ucap. Hal itu sangat menggangu mental saya. Akhirnya saya mengerti apa yang terjadi. Sebuah kesalahan telah mengikat saya.

Di sekitar kita, tidak banyak orang yang bisa presentasi karena trauma seperti itu. Berbicara merupakan daya  saing yang sangat penting dalam bisnis, sehingga Anda tidak bisa menguasai mau tidak mau akan tersingkir.

Banyak orang diluar sana yang tidak bisa berbicara dengan normal akibat trauma. Ciri-cirinya gejala ini adalah:

  • Berbicara terbata-bata
  • Intonasi suara tidak jelas
  • Gagap berlebihan
  • Tidak berani menatap mata orang lain

Baca juga : 5 trick sukses supaya bisnis kita panjang umur

Mungkin saja Anda sedang mengalami masalah dalam berbicara. Menurut buku yang saya baca, gejala seperti itu karena tidak percaya diri yang disebabkan oleh luka psikologis saat tumbuh dewasa, trauma, atau merasa rendah diri.

Jadi cara mengatasi trauma dengan cara memulihkan rasa percaya diri dan berubah menjadi orang yang mampu berbicara dengan cerdas.

Membuang Rasa Malu

Sebagai contoh kita bisa melihat Steve Jobs, dalam memperkenalkan Produknya. dan masih banyak aktor lainya. Rasa percaya diri yang kuat adalah Faktor utama untuk kita panda berbicara. Sedangkan mereka yang kurang percaya diri mudah merasa  berdebar-debar saat berbicara dihadapan orang banyak.

Ada berberapa tips yang saya pelajari dari buku, tentang bagaimana cara menghilangkan rasa gugup, diantaranya :

Membuat Pendengar Seperti Patung

Mari berfikir bahwa audiens bukanlah orang yang akan menilai kita, melainkan orang yang akan mendengarkan cerita kita dengan gembira.

Menghindari Merendahkan Kapasitas Diri Saat Memperkenalkan Diri

Contoh kalimat ” saya masih banyak kekurangan, tapi.. ” kalimat seperti ini tidak berfungsi untuk mengungkapkan rasa rendah hati. justru memberikan kepercayaan audiens turun dan membuat mereka tidak fokus.

Mempelajari Konten Dengan Baik

Ini merupakan hal penting, jika kita lebih banyak tahu daripada audiens. mereka akan berhenti menilai dan mulai memasang telinga. Mempersiapkan konten presentasi akan mempermudah dalam berbicara.

Yang Paling Penting Adalah Berdoa

Apapun yang kita akan kerjakan jika diawali dengan doa, maka semua akan berjalan menjadi lebih mudah. Dan jang lupa mengucapkan kata-kata percaya diri. Contoh ” Aku Yang Yerbaik ”

Kesimpulan

JIka kita tidak percaya diri, maka segala sesuatu akan berpengaruh terhadap apa yang kita lakukan. maka dari itu buanglah rasa malu yang ada didalam diri kita.

Banyak Artikel-Artikel lainya yang kalian bisa pelajari.

Related posts

Jangan Putus Asa Jika Bisnis Sedang Sepi. Ini Solusinya!

admin

Terungkap! 5 Cara Efektif Menghadapi Pelanggan Rewel

admin

Tidak Bisa Membangun Relasi

ervan

Leave a Comment