ABCkotaraya.id
Tips & Trick

Strategi Pasang Iklan Di Sosial Media Lebih Menarik

Promo Accurate Online

Iklan memang menjadi satu strategi yang bisa dipilih oleh para pebisnis untuk mengenalkan brand, mendapatkan leads, hingga mendapatkan penjualan. Era digital, membawa perubahan dalam dunia periklanan di seluruh dunia. Tidak lagi mengandalkan media mainstream, tetapi cukup dengan mengandalkan sosial media. Strategi iklan di sosial media yang menarik tidak banyak yang mengetahui.

Melakukan iklan di sosial media menjadi pilihan bagi sebagian pebisnis untuk menunjukan brand mereka. Menumpuknya orang-orang di sosial media, menjadikanya ‘pasar baru’ untuk menjangkau pembeli maupun calon pembeli. Tak heran, banyak orang yang membeli suatu barang setelah mereka melihatnya di sosial media.

Baca Juga: Kesalahan Pemasaran Menggunakan Facebook yang Sering Terjadi

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk berhasil kampanye media sosial, yaitu:

Tentukan Langkah yang Tepat

Cara awal yang harus Anda lakukan pastinya melakukan riset secara seksama apa yang ingin Anda lakukan dari iklan yang akan Anda pasang. Jangan sekedar membuang-buang uang untuk beriklan tanpa tujuan dan langkah yang tepat. Pastikan langkah yang Anda ambil benar-benar sesuai dengan bisnis Anda.

Bagi pemilik bisnis yang belum memiliki tim untuk mengerjakan konten digital, Anda bisa menggunakan cara-cara lain seperti hanya memanfaatkan beberapa sosial media saja.

Tentukan Target

 

Strategi membuat iklan media sosial berikutnya adalah menentukan target iklan. Apa lagi media sosial seperti Instagram dan Facebook memiliki fitur penargetan target pasar yang sesuai dengan karakteristik produk dan brand Anda.

Disinilah salah satu keunggulan media sosial dibandingkan dengan media konvensional lainnya. Anda bisa membidik target sesuai dengan minat, usia, apa yang mereka sukai, dan lokasi. Jika Anda hanya membuka toko dan tidak menjual secara online, Anda bisa menargetkan pasar dengan mudah sesuai pada keinginan Anda. Bahkan Anda bisa menyasar iklan secara lokal.

Siapkan Konsep

Siapkan Konsep yang tepat untuk iklan di media sosial
Source: Hi.Photoslurp.com

Setelah Anda menentukan langkah dan target, sekarang waktunya Anda dan tim untuk menentukan konsep iklan yang akan Anda tampilkan. Dalam membuat konsep iklan pastikan Anda akan menyesuaikan dengan target pasar yang sudah Anda bidik.

Setelah mengetahui siapa target Anda, tentu akan lebih mudah dalam menentukan konsep yang akan dilakukan. Jika target pasar Anda Wanita, pastikan warna yang dimunculkan benar-benar warna yang menarik dan menjadi kesukaan para perempuan.

Konten Iklan

Seperti yang sudah dikatakan diawal, Anda harus bisa menentukan media sosial apa yang Anda bangun. Pastikan sosial media yang Anda buat memang cocok dan tempat berkumpulnya calon target pasar Anda. Jika Anda hanya memasang iklan di Instagram dan Facebook, pastikan memang kedua media sosial itu memiliki banyak target pasar untuk Anda.

Ketika Anda sudah menentukan konten iklan, pastikan lagi iklan yang akan Anda tayangkan ingin Anda pasang dimana. Jika di Instagram konten iklan bisa ditampilkan di story, feed, atau reels? Meskipun ketiganya di satu platform yang sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan dari segi ukuran gambar.

Bukan berarti konten di Instagram hanya satu jenis saja. Anda harus mampu menyesuaikan setiap konten sehingga tidak salah memasang konten iklan yang tepat. Cara ini menjadi strategi iklan di media sosial yang harus Anda pahami dan sesuaikan.

Baca Juga: 3 Strategi Influencer Marketing yang Sedang Tren di Era Digital

Copywriting

Selain visual, Instagram dan Facebook juga mengandalkan caption yang menarik. Caption membuat iklan Anda menjadi lebih sempurna dibandingkan hanya berisi visual saja. Dengan adanya copywriting akan lebih menarik calon konsumen untuk melihat konten Anda.

Pastikan juga copywriting yang Anda buat bisa membuat orang yang melihat iklan menjadi tertarik atau menjadi ingin membuka iklan. Copywriting yang bagus adalah copywriting yang bisa menguggah emosional audiens. Ketika banyak orang yang membuka iklan apa lagi mengirimkan DM (direct message) artinya iklan Anda berhasil. Belum lagi jika iklan Anda mendapatkan penjualan.

Selalu Memantau Iklan

Ketika Anda sudah menyelesaikan semua aktivitas diatas, 24 jam setelah iklan tayang Anda sudah harus mendapatkan laporan yang spesifik mengenai data analitik yang diperoleh melalui sosial media. Disinilah keunggulan iklan di sosial media, Anda bisa melihat analitik iklan secara komprehensif hanya dari akun sosial media yang Anda bangun.

Memantau iklan dengan analitik tersebut menjadi penting apakah iklan Anda berhasil atau tidak. Jika iklan berhasil tentu ini sangat membanggakan. Tetapi jika gagal atau Anda baru pertama kali memasang iklan dan hasil iklan di sosial media yang Anda bangun tidak efektif, jangan menyerah. Terus belajar bagaimana membuat iklan yang baik di sosial media.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Tips Jualan di Bazar Biar Untung untuk Para Pebisnis Fashion

Fattah Miyaz

Menavigasi Pasar Global: Tips dan Trik untuk Ekspansi Bisnis Internasional

Faqih

Jangan Naikan Harga! Begini 5 Siasat Menghadapi Kenaikan Bahan Baku

Fattah Miyaz

Leave a Comment