ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

5 Teknologi Baru untuk UMKM yang Harus Digunakan Di Era 4.0

Teknologi menjadi pekerjaan rumah  bagi setiap pelaku bisnis di Indonesia. Terutama industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pertumbuhan UMKM yang cukup besar setiap tahun, membuat industri satu ini menjadi penopang ekonomi Indonesia. Tak khayal, hingga saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 60 juta. Walau begitu, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan teknologi untuk bisnisnya. Padahal banyak teknologi baru untuk UMKM yang bisa dimanfaatkan.

Mulai dari otomasi bisnis hingga uang digital, menjadi salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Perkembangan teknologi, terutama internet membuat UMKM harus mampu melek teknologi.

Bisnis dan konsumen telah merasakan bagaimana inovasi berbasis web membuat hidup dan kerja menjadi lebih mudah. Saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan bagi para pelaku usaha dan konsumen. Sehingga sangat penting, para pelaku bisnis untuk menginvestasikan bisnisnya untuk teknologi.

Baca Juga : Rahasia! 10 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Apapun

Berikut beberapa daftar teknologi baru untuk UMKM yang bisa dimanfaatkan.

Cloud Computing

Penyimpanan yang besar menggunakan perangkat keras seperti Server mungkin tidak akan digunakan oleh para pelaku bisnis UMKM, dikarenakan biaya dan investasi yang cukup mahal. Mereka mungkin hanya menggunakan cloud computing yang lebih murah dibandingkan harus menyewa tempat untuk sebuah server.

Layanan seperti Gmail, Dropbox, OneDrive, iCloud, dan sebagainya menjadi pilihan para pemilik bisnis untuk menyimpan data bisnis mereka. Keberadaan cloud computing seperti ini memudahkan mereka dalam mengakses data dimana saja, kapan saja, dengan berbagai perangkat. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan layanan cloud computing.

Internet of Things

Internet of things
Source: Kominfo.go.id

Penggunaan internet of things (IoT) menjadi solusi penting selain dari cloud computing bagi UMKM. Keduanya biasanya dipilih para pelaku bisnis dengan berdampingan. IoT bisa menjadi salah satu penghematan yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis.

Baik itu untuk memantau stok, penggunaan energi, hingga pengurangan limbah dan pengaturan sistem jarak jauh. Dalam hal energi, IoT bisa digunakan dalam mengukur konsumsi listrik, air, dan gas dari kantor atau toko Anda. Sehingga Anda bisa mengontrol pemakaian.

Media Sosial

Adopsi teknologi baru untuk UMKM salah satunya adalah media sosial. Saat ini hampir semua brand memiliki media sosial, hingga beberapa brand besar memiliki tim sendiri yang mengelola sosial media sendiri. Tentu para pelaku UMKM tidak boleh tertinggal untuk menggunakan media sosial.

Sosial media sebagai teknologi baru yang bisa dimanfaatkan pelaku bisnis, bukan sekedar untuk meningkatkan awareness. Melainkan juga untuk menerima feedback dari konsumen, menjaga komunikasi dengan konsumen, hingga meningkatkan closing langsung dari sosial media.

Mengutip dari theinnovationenterprise.com, bahwa 63% pelaku bisnis kecil percaya bahwa media sosial membantu menemukan dan mempertahankan lebih banyak pelanggan setia. Media sosial menjadi alat penting untuk melibatkan pelanggan dan meningkatkan keterkaitan emosional antara bisnis dan pelanggan.

Situs Web

Kalau Anda sudah memiliki website untuk bisnis, cobalah untuk terus menjaga dan maintenance dengan baik. Website menjadi salah satu hal penting untuk bisnis, meskipun bisnis Anda bisnis kecil. Keberadaan website sangat penting untuk legitimasi bisnis Anda dihadapan para konsumen.

Bahkan diluar sana, banyak konsumen yang enggan membeli produk jika brand tersebut tidak memiliki website. Semua pelanggan akan mencari tahu mengenai produk menggunakan website. Mereka akan memutuskan menggunakan produk tersebut atau tidak, setelah mereka menemukan website tersebut barulah pelanggan mau membeli produk atau layanan.

Akuntansi Software

Teknologi baru untuk UMKM yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis adalah software akuntansi untuk bisnis mereka. Keberadaan software akuntansi, akan memudahkan Anda dan UMKM dalam mengelola keuangan menjadi lebih efisien dan akurat.

Sebagian bisnis membutuhkan sebuah software khusus untuk bisnis mereka. Salah satunya dalam membayar tagihan, supplier, dan juga untuk kebutuhan inventaris. Disinilah perlunya sebuah perangkat lunak akuntansi yang bisa menopang bisnis mereka.

Baca Juga : 7 Strategi Bisnis Era Digital yang Harus Dilakukan Pebisnis Konvensional

Misal, software akuntansi Accurate, yang bisa membantu para pelaku bisnis dalam mengawasi arus kas mereka, menyusun pembukuan, dan mengelola segala keuangan dalam satu software yang mudah. Tentu ini akan membuat Anda bisa menghabiskan waktu hanya untuk mengurus keuangan dan memiliki lebih banyak waktu untuk menjalankan bisnis.

Kesimpulan

Keberadaan teknologi baru untuk UMKM, bukan hanya sekedar untuk menyulitkan setiap pekerjaan dan membingungkan Anda sebagai pelaku bisnis. Tetapi juga sebagai salah satu solusi untuk mempercepat dan memudahkan bisnis dalam melayani pelanggan. Terlebih adanya software yang ramah pengguna dan hemat biaya, seperti Accurate software bisa menjadi pilihan para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi terutama di bidang teknologi.

Related posts

Jangan Naikan Harga! Begini 5 Siasat Menghadapi Kenaikan Bahan Baku

Fattah Miyaz

7 Konsep Marketing Mix Agar Omzet Meningkat!

Fattah Miyaz

Wajib Tahu! 5 Hal yang Membuat Pelanggan ‘Malas’ Membeli Produk Anda

Fattah Miyaz

Leave a Comment