ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Rahasia! 10 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Apapun

Menginginkan penjualan selalu meningkat bukan perkara mudah. Apa lagi tidak ada ketentuan pasti bagaimana cara menciptakan penjualan efektif. Semua cara bisa Anda coba untuk menghasilkan hasil yang besar dari penjualan. Semua channel penjualan digunakan untuk meningkatkan traffic penjualan. Setiap industri memiliki cara meningkatkan penjualan tersendiri. Namun, ada beberapa teknik umum yang bisa Anda lakukan.

Berpikir untuk bisa berkembang dengan meningkatkan penjualan dan meningkatkan omzet adalah hal umum yang ingin dilakukan oleh para pelaku bisnis. Tetapi melakukan itu semua tidaklah mudah, karena Anda harus melakukan beberapa cara yang memang bisa membantu Anda meningkatkan penjualan. Apa lagi hal ini akan menentukan maju atau tidaknya perusahaan dalam waktu selanjutnya.

Kali ini, ABC Kota Raya akan membantu Anda untuk menemukan cara-cara terbaik untuk meningkatkan omzet bisnis. Meskipun cara ini bukanlah cara pasti, tetapi cara ini cukup banyak dilakukan oleh pelaku bisnis dimanapun.

Baca Juga : 7 Tips Membangun Networking Bisnis yang Wajib Dicoba Oleh Pengusaha

Teknik Meningkatkan Penjualan Secara Umum

Perhatikan Kualitas Produk

Bukan soal harga yang pelanggan pilih, tetapi mereka akan melihat kualitas produk atau jasa Anda terlebih dahulu sebelum mereka akan membeli. Pelanggan tidak akan berpikir harga mahal, jika produk Anda memang tampak berkualitas. Ada pelanggan yang tidak akan menanyakan harga ketika mereka membeli produk, karena mereka sudah tahu kualitasnya.

Cobalah untuk memperhatikan kembali kualitas produk Anda. Dari mulai bahan baku, tampilan, hingga desain yang menarik, serta bagaimana kegunaan produk tersebut di mata konsumen. Anda harus bisa membuat semuanya menjadi lebih special dibandingkan produk-produk lain.

Ketika produk Anda sudah terlihat berkualitas, konsumen pun akan membeli produk Anda. Selain itu, bisa saja mereka akan menyarankan produk Anda kepada rekan maupun kerabat mereka. Tentu ini akan meningkatkan penjualan Anda secara tidak langsung.

Bikin Pelanggan Nyaman

Buat Pelanggan Nyaman
Source : Unsplash.com

Cara meningkatkan penjualan berikut yang memang harus Anda perhatikan dengan membuat pelanggan merasa nyaman dengan produk atau layanan Anda. Bagaimana caranya? Sebenarnya cukup mudah, Anda bisa mencoba memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan Anda.

Jika mereka berkunjung ke store, layani dengan ramah meskipun mereka belum jadi membeli. Bisa saja, di waktu lain mereka akan kembali ke toko Anda untuk membeli produk yang mereka inginkan. Anda juga wajib memberi tahu karyawan Anda, terutama bagian front office atau orang-orang pertama yang bertemu langsung dengan pelanggan agar melayani pelanggan dengan baik.

Lebarkan Sayap

Kalau Anda memang berniat untuk meningkatkan omzet, cobalah untuk meluaskan sayap bisnis Anda. Caranya dengan menyasar lebih banyak kalangan konsumen. Mungkin saat ini, konsumen Anda hanyalah orang-orang yang berada di kalangan kelas atas.

Cobalah untuk menyasar konsumen kelas bawah. Anda bisa melakukan riset pasar. Dengan melihat, dimana mereka berkumpul, bagaimana  mereka membelanjakan uang mereka, hingga cara mereka dalam membeli barang.

Turunkan harga barang Anda pun tidak masalah, jika Anda bisa menghasilkan produk atau layanan yang memang di khususkan untuk masyarakat kelas menengah. Ini akan membuka peluang lebar untuk bisnis Anda yang akan meningkatkan omzet bisnis Anda.

Gunakan Teknik Bundling

Anda bisa menggunakan cara bundling produk untuk mendapatkan penjualan lebih besar. Teknik ini memang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda ke depan loh. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan bundling produk.

Anda bisa memberikan produk yang Anda jual dengan menambahkan beberapa produk tambahan yang terkait dalam satu kemasan atau dalam satu layanan. Ini juga akan membantu usaha Anda berkembang lebih besar dan bisa mendapatkan banyak pelanggan dari penjualan produk atau layanan bundling.

Berikan Promo Di Waktu Tertentu

Beberapa masa tertentu bisa Anda jadikan peluang untuk meningkatkan penjualan. Contohnya seperti saat harbolnas, lebaran, natal, dan tahun baru adalah waktu-waktu tepat untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan promo kepada pelanggan.

Memberikan promo merupakan cara meningkatkan penjualan yang cukup efektif dan bisa menjadi salah satu peluang yang bisa di manfaatkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan omzet.

Mencoba Ranah Digital

Ranah Digital
Source : Unsplash.com

Saat ini bisnis memang tidak bisa hanya mengandalkan offline saja. Anda juga harus merambah ke bisnis digital atau online. Cara ini terbilang efektif untuk menghasilkan hasil yang besar dari penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan yang Anda miliki.

Anda bisa mencoba untuk menjual produk di marketplace atau berjualan di sosial media sendiri. Apa lagi sosial media bisa menargetkan pasar dengan tepat melalui iklan yang mereka miliki. Meskipun Anda harus keluar modal untuk iklan, kami rasa itu bukan sesuatu yang memberatkan demi mendapatkan pangsa pasar yang besar.

Baca Juga :5 Manfaat Digital Marketing Agar Bisnis Makin Laris Manis

Gunakan Teknik Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan menjadi salah satu teknik yang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, cara ini juga bisa menjaga loyalitas pelanggan lama agar mereka terus menerus melakukan pembelian produk Anda.

Teknik satu ini akan membuat pelanggan lama memiliki tingkat kepercayaan kepada produk yang Anda miliki. Cara ini juga bisa memancing para pelanggan baru untuk menggunakan produk Anda dan melakukan transaksi pembelian kembali.

Garansi

Pelanggan akan merasa belanja aman ketika mereka mendapatkan garansi dari pemilik brand. Mereka bisa merasa tenang ketika membeli produk Anda. Apa lagi jika produk yang Anda jual mengalami kerusakan ketika di beli pelanggan.

Selain itu, garansi juga bisa menjadi ladang evaluasi untuk Anda dan manajemen dalam melihat produk. Mungkin ada satu dua produk yang mengalami kesalahan produksi, sehingga kedepannya Anda bisa menghasilkan produk-produk berkualitas lainnya yang bisa memompa omzet Anda menjadi lebih besar.

Gaet Influencer

Saat ini banyak brand yang mencoba memanfaatkan influencer. Memang influencer memiliki dua peluang. Pertama untuk meningkatkan awareness brand Anda. Kedua untuk meningkatkan penjualan itu sendiri. Banyak konsumen yang membeli produk atau layanan, ketika seorang influencer menggunakan produk tersebut.

Konsumen akan lebih percaya pada influencer dibandingkan mereka melihat iklan brand langsung. Influencer dianggap bisa mewakili apa yang mereka inginkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk menggaet influencer dalam meningkatkan penjualan produk atau brand Anda.

Baca Juga : Berikut 10 Cara Memantau Kinerja Keuangan Dalam Bisnis Anda

Layanan After Sales

Layanan after sales
Source : Unsplash.com

Terakhir, pelanggan ingin tetap terhubung ketika mereka sudah selesai melakukan pembelian produk Anda. Ketika mereka menemukan masalah saat membeli produk, mereka bisa langsung menghubungi Anda. Anda bisa tetap menjaga komunikasi dengan pelanggan secara baik.

Untuk itu, ketika pelanggan membeli produk, jangan lupa untuk meminta kontak mereka. Minimal mendapatkan email mereka. Dengan begini, Anda bisa terus terhubung dan bisa menanyakan perihal produk yang telah mereka beli dari Anda.

Mungkin itu, 10 cara meningkatkan penjualan yang bisa tim ABC Kota Raya berikan kepada para pelaku bisnis di Indonesia. Buat Anda para pelaku bisnis yang belum menggunakan software akuntansi untuk bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online. Anda bisa mencoba layanan Accurate Online gratis selama 30 hari. Accurate Online akan memudahkan Anda dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Related posts

7 Tips Membangun Networking Bisnis yang Wajib Dicoba Oleh Pengusaha

Iskandar

Wajib Tahu! 5 Hal yang Membuat Pelanggan ‘Malas’ Membeli Produk Anda

admin

Penyebab Mudah Stress

ervan

Leave a Comment