ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

6 Jurus Efektif Menarik Minat Investor untuk Nanem Duit Ke UKM Anda

Merintis UKM adalah hal yang tidak bisa dilakukan sendirian. Meskipun Anda sudah punya modal dan perencanaan, tetap saja Anda membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk mengembangkan UKM. Peran investor pun tak kalah penting bagi perkembangan UKM. Gimana biar bisa menarik minat investor untuk berinvestasi di UKM Anda? kami akan berikan Jurusnya.

Mendapatkan investor adalah impian banyak pelaku UKM yang sedang membutuhkan modal dan bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih pesat. Tetapi tidak semua pengusaha memiliki jurus menarik minat investor untuk nanemin duitnya ke UKM Anda. Anda harus memiliki trik agar mereka mau menanamkan modalnya.

Ikuti panduan berikut ini agar bisnis Anda tak kesulitan memikat para investor:

Menemukan Keunggulan Bisnis

Sebuah UKM harus memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri agar dapat menarik investor. Sekali pun jenis bisnis Anda tak jauh berbeda dengan bisnis lainnya, Anda harus tetap mampu menonjolkan sesuatu sebagai nilai tambah. Mulailah mengidentifikasi keunggulan UKM Anda, misalnya hal-hal yang membedakan produk kuliner Anda dengan bisnis lain. Keunggulan tersebut akan menjadi ciri khas yang berkesan bagi para investor.

Menjelaskan Peluang Bisnis di Masa Depan

Para investor biasanya tertarik mendanai bisnis yang potensial di masa mendatang. Sebuah UKM harus mampu berkembang hingga puluhan tahun ke depan agar dapat mengungguli kompetitor.

Kalau Anda ingin menjelaskan peluang produk atau jasa UKM Anda di masa depan, Anda juga wajib memaparkan tentang beragam inovasi yang akan Anda lakukan. Inovasi yang kreatif dan futuristik menandakan bahwa UKM Anda memang memiliki peluang besar untuk berkembang. Ini akan menjadi nilai jual Anda kepada para investor.

Aktif Mengikuti Pameran Bisnis

Jangan heran melihat bisnis lain yang mudah mendapatkan investor. Anda juga bisa mendapatkannya bila aktif terlibat dalam komunitas bisnis. Jangan ragu mengikuti pameran bisnis secara teratur. Pameran bisnis tak cuma ampuh memikat pelanggan, melainkan juga menjadi ajang yang tepat untuk menarik perhatian investor. Bisnis-bisnis yang berjaya di pameran memiliki peluang besar untuk memperoleh pendanaan. Apalagi bila bisnis Anda mampu meraih omset fantastis dalam kurun waktu tertentu.

Menampilkan Presentasi Bisnis yang Menarik

Investor yang mulai melirik bisnis Anda biasanya menginginkan sesi presentasi atau pitching untuk mendapatkan informasi detail. Anda wajib memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Presentasi bisnis UKM harus dikemas secara menarik dan tidak terkesan terlalu money oriented.

Source : Freepik.com by pressfoto

Karena bisnis masa kini harus berorientasi pada kebutuhan pelanggan, hal ini jarang sekali dipahami oleh pemilik UKM di Indonesia. Presentasi yang jelas dan berkesan membawa bisnis Anda selangkah lebih maju untuk mendapatkan pendanaan dari investor.

Jangan Lupa Menjelaskan Risiko Usaha

Semua bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing. Jadi, jangan sampai Anda menutup-nutupi risiko yang mungkin terjadi pada bisnis UKM Anda. Proyeksi risiko harus disampaikan secara transparan supaya investor dapat menghitung untung ruginya. Suatu bisnis yang potensial pasti memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan peluang keuntungannya. Penjelasan tentang risiko bisnis akan menambah keyakinan investor untuk bekerja sama dengan Anda.

Merapikan Laporan Keuangan
Source : Freepik.com by jannoon028

Hal lainnya yang ingin diketahui para investor dari bisnis Anda adalah laporan keuangan. Karena laporan keuangan yang transparan dan sistematis merupakan indikator bisnis yang sehat. Kini, Anda tak perlu repot merapikan laporan keuangan untuk memikat perhatian investor. Anda dapat mengandalkan Accurate Online, software pembukuan yang akan membantu Anda dalam menghasilkan laporan keuangan yang akurat, dan efektif secara cepat.

Dengan laporan dari Accurate Online, Anda bisa menunjukan bahwa keuangan usaha Anda sehat di depan para investor. Laporan keuangan yang rapi akan membuat investor terpikat dengan laporan keuangan Anda. Jangan sia-siakan kesempatan ini, jadikanlah laporan keuangan sebagai satu jurus ampuh meraih pendanaan awal dari calon-calon investor.

Setelah menyimak ulasan panduan ini, sekarang Anda tinggal menjalankannya secara konkret pada UKM Anda. Pendanaan dari investor akan mendukung perkembangan bisnis Anda di masa kini dan masa mendatang. Sehingga bisnis Anda bisa maju dan naik kelas.

Related posts

5 Manfaat Digital Marketing Agar Bisnis Makin Laris Manis

admin

Penyebab Takut Berbicara di Depan Banyak Orang

ervan

8 Cara Membuat Usaha Franchise Agar Berkembang Hingga Memiliki Ribuan Mitra

admin