ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Tips Jualan di Bazar Biar Untung untuk Para Pebisnis Fashion

Anda para wanita yang memiliki bisnis di bidang fashion? Wanita dan fashion adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan saat ini. Dilihat dari sisi ekonomi, perkembangan bisnis fashion di Indonesia sendiri juga sangat pesat, tidak heran bazar-bazar dan even khusus fashion bahkan sering digelar hampir setiap tahunya. Bagi Anda pebisnis fashion yang mungkin ingin sekali berburu keuntungan di bazar, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum jualan di bazar.

Bazar bukan hanya sesuatu yang unik dan banyak menarik perhatian para calon pelanggan yang suka dengan fashion. Bazar juga bisa menjadi salah satu alternatif berbelanja yang murah dan berkualitas bagi para pelanggan. Untuk itu, sebagai penjual sebaiknya kita perhatikan beberapa tips jualan di bazar biar untung untuk para pebisnis fashion. Berikut ulasanya:

1. Menghitung Biaya Sewa

Photo by @sewastandjakarta from Medium.com

Biaya sewa yang biasanya harus diperhatikan saat mengikuti bazar adalah biaya sewa booth, makanan serta transportasi. Perhitungkan secara keseluruhan dan juga perhitungkan proyeksi laba yang kira-kira bisa Anda dapat dari hasil mengikuti bazar. Jika harga sewa terlalu tinggi, sebaiknya Anda tidak usah mengikuti bazar terlebih dulu.

2. Menyesuaikan Produk dengan Segmen

Penting bagi para penjual atau pebisnis untuk mengetahui tema dari bazar terkait. Perhatikan juga segmentasi pasar yang akan digarap. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah produk fashion Anda akan banyak diminati atau malah sebaliknya. Membuat produk yang unik dari bidang fashion sepertinya akan menjadi senjata ampuh untuk menarik pelanggan baru.

3. Mengecek Lokasi Penyelenggaraan

Photo from Travelingyuk.com; “Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD)”

Anda juga perlu mengetahui tentang dimana lokasi bazar akan dilaksanakan. Hal ini penting untuk proyeksi keuntungan yang lebih besar. Cek juga siapa penyelenggaranya dan bagaimana tingkat prosfesional dan promosi yang mereka lakukan.

4. Tentukan Harga Jual

Penting juga bagi pebisnis fashion untuk memperhitungkan harga jual produk fashionya, sebelum dijual di bazar. Sesuaikan harga jual dengan calon pelanggan yang akan datang. Market kelas menengah tentunya tidak mungkin ditawari harga yang terlalu tinggi, bukan. Sesuaikan juga harga dengan kualitas produk Anda.

5. Promosi yang Maksimal

Meskipun Anda akan mengikuti bazar produk fashion dengan peluang pelanggan yang banyak, promosi tetap harus dilakukan. Lakukan promosi seperti biasanya, baik secara langsung, maupun melalui social media. Dengan begitu, penjualan Anda berpotensi akan meningkat, seiring dengan promosi yang maksimal.

Setelah mempersiapkan beberapa hal penting untuk mengikuti bazar fashion, jika Anda bingung bagaimana mencatatkan keseluruhan transaksi dan mengatur keuangan saat bazar berlangsung, Anda juga dapat menggunakan software akuntansi khusus yang mudah diakses, baik di smartphone hingga laptop seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 1999 dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016. Anda bisa mencoba Accurate Online untuk penjualan bazar Anda secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Tidak Bisa Membangun Relasi

ervan

5 Taktik Cerdas Negosiasi untuk Bisnis Dengan Elegan

Fattah Miyaz

Wahai Pengusaha! Lakukan 7 Persiapan Akhir Tahun untuk Meningkatkan Omzet

Fattah Miyaz

Leave a Comment