ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Cara Mendapatkan Modal Bisnis yang Tak Pernah Terpikirkan

Modal bisnis masih menjadi momok bagi Sebagian calon pengusaha. Meskipun saat ini, memulai bisnis bisa dilakukan tanpa menggunakan modal yang besar. Bahkan Anda bisa memulai dengan modal yang minim. Tahukah Anda, bagaimana mendapatkan modal bisnis dengan mudah?

Ada beberapa cara yang memang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha, tanpa harus berpikir secara luas atau minjam ke Bank dengan jumlah yang banyak. Mungkin beberapa ide ini tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal untuk Bisnis Kecil

Cara Mendapatkan Modal Bisnis Out Of The Box

Menabung

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk modal bisnis adalah dengan menabung. Anda juga bisa menggunakan tabungan untuk memulai bisnis. Meskipun angkanya tidak besar, tetapi itu cukup untuk awal berbisnis. Mulailah dari sesuatu yang kecil.

Anda tidak perlu berpikir bahwa berbisnis harus dengan modal yang besar. Cobalah untuk berpikir berbisnis dengan modal yang kecil. Barangkali dengan cara ini akan memudahkan Anda dalam mendapatkan peluang-peluang bisnis lainnya.

Yah, jika memang menabung mengharuskan waktu yang lama. Anda bisa menggunakan metode menabung yang juga mendapatkan timbal balik. Misal dengan menabung di reksadana, deposito, atau saham. Anda juga bisa menabung di Cryptocurrency. Ketika Angkanya sudah cukup, Anda bisa memulai bisnis.

Menggadaikan Aset

Kalau memang Anda ingin buru-buru memulai bisnis, setelah menghitung modal hingga jumlah tabungan tidak cukup, Anda bisa menggadaikan aset. Cara ini tidak banyak yang melakukan. Sebab akan besar risikonya, ketika bisnis Anda gagal pastinya aset Anda juga akan menghilang.

Namun jika Anda meminjam ke Lembaga perbankan, pasti mereka juga akan meminta jaminan berupa aset. Jika tidak, sudah pasti pihak perbankan akan enggan memberikan Anda pinjaman. Anda juga bisa menggadaikan ke Lembaga seperti pengadaian.

Tetapi jika Anda takut meminjam di Lembaga tersebut, Anda bisa mencoba untuk menggadaikan kepada kerabat dekat yang diperkirakan mampu. Tetapi semua perjanjian yang dilakukan pun harus jelas dan saling menguntungkan bagi kedua pihak. Anda harus membuka rasa percaya mereka.

Menjual Aset

Kalau Anda takut untuk menggadaikan aset, Anda bisa menjual beberapa aset Anda yang di rasa bisa membantu Anda menghasilkan modal usaha. Daripada Anda berhutang secara banyak, lebih baik Anda menjual salah satu aset yang Anda miliki. Mungkin aset tersebut juga tidak begitu dibutuhkan.

Ada cukup banyak aset, misal motor, mobil, bangunan, tanah, dan sebagainya. Anda bisa menjual salah satunya jika Anda rasa itu tidak begitu diperlukan. Ketika aset Anda terjual, Anda bisa memutarkannya sebagai modal usaha di awal.

Meminjam dengan Orang Terdekat

Banyak para pengusaha yang memulai bisnis mereka dengan modal pinjaman, jadi jangan sungkan untuk meminjam uang kepada kerabat. Tentu tidak semua kerabat akan mudah meminjamkan uangnya begitu saja kepada Anda, Anda harus mampu memberi kepercayaan dan keyakinan kepada kerabat Anda. Sehingga bisa lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman.

Ketika Anda meminjam, Anda juga harus membuat perjanjian yang saling mengikat. Dalam perjanjian ini harus jelas hak dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga tidak ada pihak yang saling dirugikan satu sama lain. Meskipun itu keluarga terdekat, Anda tetap harus memberikan mereka kepercayaan. Jika tidak, maka hubungan kekeluargaan akan menjadi ancaman. Sudah banyak yang terjadi, sehingga Anda perlu membuka rasa percaya satu sama lain.

Melakukan Kerjasama

Kalau Anda bingung kemana harus mencari modal bisnis, jika meminjam takut tidak bisa membalikan atau takut ada satu hal yang tidak menyenangkan ditengah jalan, Anda bisa mencoba untuk melakukan Kerjasama dengan kerabat Anda.

Kerjasama ini untuk mendapatkan modal bisnis bagi Anda. Misal Anda bisa membagi keuntungan dengan kerabat yang membantu usaha. Jadi, ketika ada sesuatu yang terjadi, bisa diselesaikan secara baik dan damai. Anda bisa melakukan membuat perjanjian dan pembagian hasil masing-masing.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bank yang Harus Diketahui Pebisnis

Sehingga Anda berdua bisa menjalankan bisnis dengan baik dan dengan asas profesionalitas meskipun Anda memiliki hubungan kekeluargaan satu sama lainnya. Dengan begitu, jika terjadi satu hal yang tidak diinginkan, Anda bisa membicarakannya secara baik-baik.

Nah, mungkin beberapa cara mendapatkan modal bisnis di atas bisa menjadi pilihan Anda. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai modal usaha. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha itu sendiri.

Related posts

Cara Membuat Penawaran Produk

ervan

5 Cara Memenuhi Ekspektasi Pelanggan

mimin ABC kotaraya

5 Kiat Jitu Menggaet Pelanggan dari Kalangan Generasi Milenial

Fattah Miyaz

Leave a Comment