ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

6 Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal untuk Bisnis Kecil

Mendapatkan pinjaman modal untuk bisnis kecil sebenarnya bukan sesuatu yang sulit. Anda bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan seperti perbankan, kerabat, dan investor. Keperluan pinjaman bisnis harus diperuntukan pada pengembangan usaha. Kali ini, ABC Kota Raya akan membantu para pelaku bisnis kecil untuk bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah.

Berbisnis memang memerlukan modal. Baik itu modal untuk operasional maupun pengadaan barang-barang keperluan bisnis. Terkadang, bisnis terhambat karena kurangnya modal. Sebenarnya, hal tersebut bukan menjadi sesuatu yang sulit. Teruntuk bagi Anda para pelaku bisnis kecil.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Tidak harus fokus pada pinjaman kepada Bank apa lagi pinjaman online. ABC Kota Raya akan memberikan info kepada Anda bagaimana mendapatkan pinjaman modal yang bisa dilakukan dengan mudah.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Mendapatkan Pinjaman modal dengan KUR
Source: Indonesia.go

Mungkin sebagian pengusaha mengetahui pinjaman KUR. KUR memang dikenal sebagai produk dari salah satu bank milik Pemerintah. Tetapi bukan bank itu saja yang memiliki layanan tersebut. Hampir semua bank di Indonesia memiliki layanan ini, tinggal kita mencari informasi mengenai layanan tersebut di cabang bank terdekat.

KUR merupakan kredit atau pembiayaan modal kerja atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha atau kelompok usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Pinjaman KUR menyasar para pemilik UMKM dan koperasi yang bergerak di sektor produktif seperti pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa simpan pinjam. Adapun suku bunga yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk layanan satu ini, rinciannya:

  • KUR Mikro : 7% efektif per tahun
  • Kecil  : 7% efektif per tahun
  • Penempatan TKI : 7% efektif per tahun
  • Khusus: 7% efektif per tahun

Kredit Dengan Agunan

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cara kredit dengan agunan. Sebenarnya pinjaman jenis ini bukan hanya untuk keperluan pribadi, tetapi juga untuk keperluan usaha. Baik itu usaha skala kecil maupun usaha skala besar.

Kredit jenis ini biasanya pihak bank akan memberikan Anda pinjaman tetapi Anda harus memberikan jaminan berupa aset. Biasanya aset yang digunakan mulai dari surat kendaraan, sertifikat properti, dan aset lain yang dinilai berharga oleh pemilik simpanan.

Pinjaman modal jenis ini, jumlah pinjaman sangat beragam mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. Semua tergantung pada jaminan yang Anda berikan kepada pihak bank. Biasanya pinjaman jenis ini bisa di proses cukup cepat. Sekitar 3-7 hari dana pinjaman akan cair dengan cicilan bunga rendah.

Kredit Tanpa Agunan

Selain kredit dengan agunan, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman modal dengan kredit tanpa agunan. Kredit tanpa agunan merupakan jenis kredit yang tidak meminta peminjamnya jaminan. Hal ini mungkin karena Anda yang tidak ingin ataupun Anda tidak mempunyainya.

Meskipun tanpa agunan, Anda tetap membayar cicilan pinjaman dengan bunga yang telah disepakati diawal. Biasanya, kredit tanpa agunan memiliki bunga pinjaman lebih tinggi dibandingkan kredit dengan agunan.

Pihak perbankan juga akan mengecek data-data keuangan Anda dalam waktu 24 bulan terakhir. Data tersebut diambil dari seluruh lembaga keuangan, baik itu bank, koperasi, dan lembaga pinjaman resmi lainnya. Jika Anda ingin meminjam untuk usaha, biasanya lembaga peminjam akan mengecek laporan keuangan usaha, NPWP, dan dokumen lainnya.

Peer To Peer

Apa itu peer to peer? Istilah satu ini memang belum begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia dan juga para pengusaha yang ingin mendapatkan pinjaman modal usaha. Peer to peer atau yang lebih dikenal dengan istilah P2P adalah layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman.

Berbeda dengan pinjaman lainnya, P2P merupakan layanan pinjaman yang dilakukan secara online. Saat ini di Indonesia sudah cukup banyak perusahaan penyedia jasa layanan P2P. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mendapatkan Pinjaman Dari Kerabat

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pinjaman dengan meminjam kepada kerabat. Langkah ini mungkin menjadi satu langkah yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tetapi tidak mudah mendapatkan pinjaman dari kerabat. Meskipun Anda yakin bahwa kerabat Anda tersebut memiliki dana yang Anda dibutuhkan.

Kalau Anda memang perlu meminjam modal untuk usaha, buatlah perjanjian tertulis dengan salah satu poinnya tengat waktu Anda melunasi pinjaman tersebut. Pinjaman ini memang minim risiko, namun ketika Anda gagal atau Anda tidak mampu membayar pinjaman tersebut hubungan Anda akan menjadi pertaruhannya.

Mencari Investor

Presentasi Di Depan Investor
Source: https://entrepreneurhandbook.co.uk/

Kalau Anda memang tidak ingin terlalu merepotkan orang lain atau kerabat. Anda bisa mencoba untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mencari investor. Investor bukan hanya orang yang memiliki banyak uang, Anda juga bisa menawarkan kepada kerabat terdekat Anda.

Disini, Anda cukup membuat perjanjian penjelasan bagi hasil kepada investor Anda. Mungkin cara ini bisa dilakukan daripada Anda berhutang kepada kerabat. Anda bisa mencoba membangun usaha bersama kerabat Anda. Bukan sekedar meminjam uang saja.

Penutup

Kini, Anda sudah tahu bagaimana mendapatkan modal pinjaman dari usaha yang Anda jalankan? Meskipun tidak mudah, jika Anda bisa meyakinkan para lembaga peminjam Anda akan mendapatkan dana segar untuk perkembangan bisnis Anda ke depan.

Salah satu syarat agar Anda mudah mendapatkan pinjaman modal bagi bisnis kecil, Anda harus memiliki laporan keuangan usaha Anda. Ketika Anda meminjam, Anda bisa melampirkan laporan ini sebagai syarat pinjaman. Bahkan dengan adanya laporan keuangan dan laporan keuangan Anda disajikan dengan baik, investor tidak akan segan-segan mengucurkan dana kepada usaha Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online. Accurate Online merupakan software keuangan yang bisa Anda gunakan untuk meyusun pembukuan hingga laporan keuangan. Software Accurate Online telah mendapatkan predikat Top Brand selama empat tahun berturut-turut karena sudah dipercaya lebih dari 300 ribu usaha skala kecil, menengah, hingga besar di seluruh Indonesia. Kini saatnya Anda mencobanya gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

3 Aturan Pajak E-Commerce yang Di Rasa Memberatkan Marketplace

Fattah Miyaz

7 Strategi Bisnis Era Digital yang Harus Dilakukan Pebisnis Konvensional

Fattah Miyaz

Sebelum Melangkah, Perhatikan 10 Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

yani

Leave a Comment