ABCkotaraya.id
Bisnis

Manfaat Keberagaman Ekonomi dan Peluang Bisnis

Promo Accurate Online

Kehidupan manusia tidak terlepas dari aktivitas ekonomi. Aktivitas ekonomi atau kegiatan ekonomi selalu berfungsi dalam memenuhi hajat kebutuhan hidup setiap insan individu di dunia. Alhasil, untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi banyak orang, sehingga muncul keberagaman ekonomi yang menunjang kehidupan manusia. Ada banyak manfaat keberagaman ekonomi dari kegiatan ekonomi yang bisa menjadi peluang bisnis.

Pasti banyak dari Anda bertanya, kenapa ekonomi setiap individu beragam? Apa yang mempengaruhi hal ini? Keberagaman ekonomi muncul karena kemampuan dan keinginan manusia berbeda-beda. Baik untuk pemenuhan hidup, hingga mengelola sumber daya alam. Hasil dari perbedaan tersebut memunculkan hasil yang beragam.

Pemanfaatan hasil sumber daya alam yang tersedia di bumi diolah oleh manusia untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual. Setiap proses pengolahan sumber daya alam hingga pemakaian ke tangan konsumen disebut dengan kegiatan ekonomi. Ada banyak kegiatan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Pelaku Ekonomi dan Perannya Dalam Ekonomi

Adapun keragaman ekonomi dikelompokan menjadi 2 Jenis bidang, seperti dikutip dari Buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial, Tim Tunas Karya Guru (2017:30). Keragaman ekonomi dalam buku tersebut terdiri dari agraris dan non agraris.

Keberagaman Ekonomi Di Indonesia

Bidang Agraris

Indonesia sejak dahulu sudah dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil hutan. Bahkan rempah-rempah yang menjadi incaran negara-negera Eropa, tumbuh subur di Indonesia. Tak khayal membuat Indonesia menjadi negara pertanian. Dengan tanah yang luas dan suburnya tanah, membuat Indonesia menjadi tempat yang cukup baik untuk pertanian.

Sektor pertanian banyak menjadi penunjang pendapatan daerah di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang cukup ahli dalam bertani dan berkebun. Membuat bidang agraris menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang menunjang kehidupan masyarakat Indonesia dan masih banyak peluang bisnis di bidang agraris.

Adapun bidang usaha di bidang agraris seperti:

  • Bertani
  • Beternak
  • Berkebun
  • Pengelolaan hutan
  • Budidaya Ikan

Bidang Non Agraris

Kegiatan ekonomi bidang non agraris memiliki lingkup yang cukup luas. Banyak sekali tumbuh bisnis-bisnis di bidang ini. Bahkan banyak juga aktivitas ekonomi non agraris sebagai penunjang dari kegiatan ekonomi agraris.

Berikut beberapa contoh kegiatan ekonomi non agraris:

  • Penyedia Jasa
  • Perdagangan
  • Penambangan
  • Perindustrian
  • Pariwisata

Manfaat Keberagaman Ekonomi

Lalu apa Manfaat dari keberagaman ekonomi?

Memenuhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia cukup beragam. Kebutuhan ini berdasarkan dengan sifat manusia, kebutuhan timbul karena adanya tuntutan psikis, agar hidup layak sebagai manusia. Terkadang manusia tidak cukup puas, sehingga selalu ingin mendapatkan hal-hal lain demi memenuhi kebutuhannya.

Dengan adanya kegiatan ekonomi yang dijalankan para pengusaha, tentu ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi setiap kebutuhan yang mereka inginkan dan bagi pengusaha kebutuhan tersebut menjadi peluang usaha.

Menciptakan Lapangan kerja

Manfaat dari keberagaman ekonomi tentu memunculkan banyak lapangan kerja. Seperti pada halnya di era digital, muncul berbagai jenis pekerjaan baru yang mungkin 10 atau 20 tahun lalu, pekerjaan tersebut tidak ada. Lapangan kerja yang muncul akan membantu manusia untuk mendapatkan penghasilan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya kembali. Sehingga tingkat pendapatan dan kesehjahteraan masyarakat meningkat.

Munculnya Berbagai Inovasi

Kebutuhan masyarakat yang beragam dan juga selalu menginginkan hal-hal baru yang memudahkan aktivitas mereka, membuat banyak produk atau layanan yang digunakan sangat inovatif. Keberagaman aktivitas ekonomi mendorong banyak pelaku bisnis mampu menciptakan produk lebih kreatif dalam memenuhi permintaan pasar.

Inovasi juga menjadi salah satu kunci sebuah bisnis bisa bertahan di tengah gempuran persaingan yang cukup ketat. Sebaiknya, bisnis perlu melakukan inovasi untuk bisa memenuhi kebutuhan para konsumen. Pastikan para pebisnis mampu melakukannya.

Membantu Perekonomian Nasional

Ketika kegiatan ekonomi berjalan, tentu yang merasakan manfaatnya bukan hanya para pemilik produk dan konsumen. Tetapi lebih dari itu, bahkan akan membantu pembangunan nasional di bidang industri. Asalkan, setiap aktivitas ekonomi dijalankan berdasarkan dengan etika dan moral yang dijunjung secara adil.

Baca Juga: Pebisnis Harus Paham! 10 Prinsip Ekonomi Dalam Bisnis

Menggerakan Roda Perekonomia Dunia

Bukan hanya nasional, kegiatan ekonomi mampu menggerakan perekonomian dunia. Sebab, setiap negara tidak mungkin mampu memenuhi kebutuhan ekonominya sendiri. Mereka perlu bantuan dari negara-negara lain yang memiliki sumber daya lebih beragam. Oleh karena itu, setiap negara akan melakukan perdagangan untuk menjalankan aktivitas ekonomi yang mereka miliki.

Demikianlah beberapa manfaat keberagaman ekonomi yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

6 Tips Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal untuk Bisnis Kecil

mimin ABC kotaraya

Jangan Kaget! Ini 5 Jenis Risiko bisnis yang Akan Anda Temui

mimin ABC kotaraya

Mudahkan Pembukuan Bisnis Restoran Anda Dengan Accurate Online

Fattah Miyaz

Leave a Comment