ABCkotaraya.id
Bisnis

8 Strategi Pemasaran untuk Restoran & Café

Promo Accurate Online

Ketika Anda sedang membangun Café & Restoran selain menyiapkan detail tempat, menu, dan manajemen, Anda juga perlu menyiapkan strategi pemasaran Restoran & Café. Sering sekali para pelaku bisnis restoran di Indonesia mengabaikan pemasaran. Padahal ini penting agar restoran Anda dikenal luas.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, Indonesia memiliki sekitar 4.008.927 restoran. Baik itu restoran skala besar, restoran skala kecil, dan usaha catering. Tentu angka tersebut cukup besar dan persaingan sangat ketat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemasaran yang tepat untuk bisnis restoran dan café agar mudah dikenal.

Tentu menentukan strategi pemasaran bisnis Café & Restoran tidaklah mudah. Anda perlu mencurahkan segala tenaga, pikiran, dan materi untuk menghasilkan strategi yang baik. Anda sangat perlu menarik, memuaskan, dan membuat pelanggan datang kembali ke restoran Anda dengan berbagai strategi.

Cara Pemasaran untuk Restoran & Café

Tidak ada satu cara terbaik untuk melakukan pemasaran Restoran & Café selain menentukan persona pelanggan dengan menentukan kategori, lokasi, audiens, dan hal lainnya. Tetapi beberapa cara ini merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan.

Bangun Brand Identity

Brand identity bukan sekedar logo dan warna dari brand yang Anda punya. Tetapi menggambarkan nilai yang ingin Anda sajikan kepada konsumen. Sebagai contoh berikut beberapa slogan dari Restoran besar yang mungkin sering kita lihat:

KFC                        : Jagonya Ayam!

Mcdonald           : I’M Lovin It

Baskin & Robin : 31 Flavors

Dan masih banyak lagi slogan-slogan lain dari brand besar. Bagaimana Anda bisa menentukan brand identity untuk Restoran milik Anda? Tentu, Anda perlu mengenali siapa pelanggan Anda, apa minat, dan gaya hidup yang mereka jalankan. Selalu tetapkan tema dan nuansa yang sesuai dengan persona Anda. Ekspresikan secara konsisten pada setiap channel marketing restoran dan cafe.

Media Sosial

Ketika Anda ingin lebih dekat dengan para pelanggan, pastikan Anda menjadi sesuatu yang mudah ditemukan dengan pelanggan. Media sosial adalah tempat terbaik untuk menggambarkan brand Anda, Anda bisa menyajikan menu terbaik dalam satu gambar atau video yang bisa menggugah selera makan seseorang.

Ketika mereka melihat menu di media sosial dari akun restoran atau café Anda, mereka sangat tertarik dan selalu ingin mendapatkannya. Selain menyajikan makanan, Anda juga bisa memberikan suasana kenyamanan yang ada di restoran atau café Anda. Sehingga membuat mereka selalu ingin menyisihkan waktu datang ke restoran.

Menetapkan Misi

Tetapkan Visi Bisnis Restoran Anda
Source: Restohub.org

Mungkin ini akan sangat berkaitan dengan brand identity yang bisa Anda terapkan pada bisnis restoran dan menjadi strategi pemasaran restoran & café milik Anda. Anda perlu membuat misi dan menunjukan siapa restoran atau café Anda.

Apakah Anda menyediakan makanan sehat? Makanan dengan harga terjankau? Atau Anda ingin menggambarkan restoran Anda cocok untuk berkumpul bersama, sharing bareng, tempat kerja yang nyaman, atau lokasi meeting yang seru, hingga tempat yang cocok untuk kencan. Semua perlu Anda gambarkan dan tunjukan kepada para pelanggan Anda pada misi yang Anda tanam pada bisnis.

Jangan Lupa Bangun Website

Strategi pemasaran restoran & café saat ini tidak sekedar mengajak orang yang lewat di depan restoran untuk masuk ke dalam restoran. Tentu cara ini tidak akan banyak disukai oleh banyak orang. Anda bisa mencoba dengan membangun website restoran agar bisnis Anda tampak lebih professional.

Website yang Anda buat harus mencantumkan secara lengkap apa saja yang dibutuhkan pelanggan Anda. Seperti FAQ, Daftar Menu, harga, kontak, dan beranda yang interaktif. Temukan calon pengunjung baru dengan melakukan optimasi website Anda.

Jangan Lupakan Google My Bussiness

Kalau Anda memang mengincar para penduduk sekitar tempat restoran & café Anda berada, salah satu cara yang penting dalam strategi pemasaran adalah membuat Google My Bussiness. Ini akan membantu restoran Anda tampil di halaman Google dan memudahkan calon pelanggan menemukannya.

Tetapi bukan sekedar memasang Google My Bussiness, Anda juga perlu mengoptimalkannya. Seperti:

  • Kontak informasi
  • Waktu Populer
  • Ulasan
  • Foto
  • Kategori
  • Postingan

Para pecinta kuliner selalu melakukan riset secara online, sebelum mereka makan di sebuah restoran atau café. Pastikan Anda lebih mudah ditemukan secara online untuk menjangkau lebih banyak konsumen yang Anda incar.

Meminta Testimoni Pengunjung

Pemasaran untuk restoran dan Cafe
Source: Theforkmanager.com

Strategi pemasaran yang paling ampuh saat ini bagi berbagai jenis bisnis adalah testimoni. Anda bisa meminta staff Anda untuk mengumpulkan berbagai testimoni dari pelanggan yang telah datang ke restoran Anda. Tetapi car aini dikatakan cukup sulit, karena tidak mudah seseorang akan melemparkan testimoni begitu saja, oleh karena itu Anda memerlukan strategi yang bisa membuat mereka memberi pendapat secara mudah, seperti:

  • Berikan QR Code untuk mengisi testimoni di setiap meja
  • Berikan kupon, diskon, dan hadiah bagi pelanggan yang memberikan testimoni menarik
  • Meminat testimoni melalui media sosial

Menanggapi Kritikan

Terkadang kritikan cukup menyakitkan. Anda tidak boleh menanggapinya dengan emosional. Kritikan dari pelanggan menjadi bentuk terbaik bagi pelanggan, bahwa apa yang mereka sampaikan menjadi pertimbangan kepada restoran. Teknik menanggapi kritikan:

  • Menanggapi kritikan positif dengan menghargai setiap saran yang diberikan oleh pelanggan.
  • Mengucapkan terima kasih atas setiap kritikan, baik positif dan negatif
  • Kritikan negatif perlu Anda tanggapi segera, sopan, professional, dan membuat resolusi online yang terbaik kepada pelanggan.

Buatkan Program Loyalitas

Strategi pemasaran Restoran & Café berikutnya adalah buatkan program loyalitas kepada pelanggan. Anda bisa memberikan pelanggan sebuah kartu loyalitas, poin setiap transaksi, dan diskon kepada pelanggan yang menarik mereka untuk selalu datang ke restoran Anda.

Program loyalitas sangat ampuh untuk mendapatkan repeat order. Strategi ini sangat cocok untuk menarik lebih banyak pelanggan datang ke restoran Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa strategi pemasaran restoran & café yang mungkin bisa Anda coba terapkan pada restoran atau café milik Anda. Semoga Anda bisa menerapkannya dengan baik. Dan jangan lupa tetap menjaga kondisi keuangan restoran dan café dengan baik menggunakan software bisnis yang cocok untuk restoran dan café, salah satunya dengan Software Accurate.

Saat ini Software Accurate semakin lengkap. Anda bisa menggunakan software Accurate Online untuk melakukan pembukuan, menghitung pajak, hingga membuat laporan keuangan dengan Accurate Online. Sedangkan untuk proses pembayaran di kasir, gunakan software Accurate POS untuk memudahkan proses pencatatan setiap transaksi. Dapatkan penawaran terbaik dari kedua software tersebut hanya di ABCKotaraya.id.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

6 Cara Membangun Brand image Agar Selalu Melekat Di Pikiran Konsumen

mimin ABC kotaraya

Peran Akuntansi Dalam UMKM

ervan

Ingin Sukses? 8 Skill Penting yang Harus Dimiliki Pengusaha

Fattah Miyaz

Leave a Comment