ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Cara Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Saat berbisnis, ketika Anda mendapatkan pelanggan tentu hal itu sangat membahagiakan. Belum lagi jika pelanggan mau menggeluarkan uangnya untuk membayar produk atau layanan. Bukan berarti Anda menganggap semua telah usai setelah transaksi selesai? Padahal ini baru permulaan, karena Anda harus tetap membangun hubungan dengan pelanggan, meskipun mereka telah selesai membeli.

Mengubah prospek menjadi pelanggan bukan tugas mudah. Anda tidak boleh selesai setelah dirinya menyelesaikan transaksi. Ada banyak hal yang perlu Anda jaga dengan pelanggan untuk jangka Panjang. Seperti yang Anda ketahui, pelanggan adalah tulang punggung bisnis. Itulah mengapa Anda tidak boleh mengabaikan hubungan dengan pelanggan.

Fokus Anda bukan sekedar mendapatkan banyak pelanggan, tetapi Anda harus mampu menjalin hubungan secara personal meskipun itu bukanlah berkaitan dengan bisnis. Dengan cara seperti ini Anda akan lebih mudah dalam meletakan bisnis di masa depan. Seengaknya, Anda perlu berkomunikasi dengan pelanggan di waktu-waktu tertentu.

Cara ini akan membuat pelanggan merasa terkesan dan Tindakan Anda adalah sesuatu yang luar biasa bagi mereka.

Membangun Hubungan Pelanggan

Berikan Sesuatu Sesuai Ekpektasi

Tidak perlu menjadi yang paling baik, berusahalah untuk memenuhi ekpektasi pelanggan. Ekpektasi bukan berarti Anda harus menciptakan produk yang sempurna. Apa lagi jika Anda hanya berada bagian penjualan dan tidak memiliki kapasitas dalam menciptakan produk, Anda bisa memberikan pelanggan layanan terbaik kepada mereka.

Ketika layanan yang Anda lakukan cukup baik, bisa jadi mereka tidak sungkan untuk merekomendasikan Anda kepada para kolega dan kerabat mereka. Bukankah ini akan membuat Anda lebih untung?

Baca Juga: 5 Cara Memenuhi Ekspektasi Pelanggan

Cara memberikan ekspektasi yang luar biasa kepada pelanggan, mungkin jika produk Anda adalah produk pre order. Anda harus mampu memberikan pelanggan ketepatan janji tersebut. Misal, jika produk akan tersedia dalam waktu satu minggu, tetapi dalam 5 hari produk sudah tersedia, tentu pelanggan akan senang bukan?

Libatkan Mereka

Pelanggan sangat senang terlibat terhadap suatu brand. Tidak ada salahnya ketika Anda membangun hubungan dengan pelanggan, Anda meminta mereka untuk terlibat dalam proyek yang Anda lakukan. Misal Anda bisa meminta pendapat mengenai produk atau layanan yang Anda miliki.

Tentu, pelanggan akan sangat menyukai hal ini. Para pelanggan bisa Anda minta untuk memberikan masukan, kritikan, dan saran kepada Anda. Setelah mengirimkan itu, Anda bisa mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan berjanji untuk membantu meningkatkan kualitas dari produk atau layanan yang Anda miliki.

Selesaikan Masalah Dengan Cepat

Ketika ada masalah, kecepatan adalah kuncinya. Semua orang memang akan berharap semua akan berjalan dengan lancar dan baik. Tetapi masalah tidak bisa dihindari, bahkan bisa datang disaat yang tidak kita duga.

Saat Anda menjalani bisnis dan menemukan masalah berkaitan dengan pelanggan. Segeralah selesaikan masalah tersebut secara cepat. Jika ada persoalan yang memang dikarenakan pihak ketiga, seperti pengiriman atau hal lain. Anda harus segera meminta maaf kepada pelanggan dan menjelaskan secara detail masalah yang terjadi.

Menepati Janji

Menapati janji adalah kunci dari segala hal dalam kehidupan, bukan hanya bisnis. Ketika saat kita berjanji kepada pelanggan, tentu kita harus mampu memberikan hal tersebut sesuai dengan janji yang telah kita berikan. Jangan pernah mengabaikan pelanggan dan usahakan untuk tetap konsisten dengan perjanjian diawal.

Dengan begitu, pelanggan akan lebih nyaman untuk terus bertransaksi dengan Anda. Sebab Anda bisa menepati janji dengan baik dan sesuai harapan pelanggan. Ini akan menjadi reputasi bagi perusahaan Anda. Jadi jangan abaikan janji.

Baca Juga: Coba Hindari! 7 Kesalahan Komunikasi Kepada Pelanggan yang Sering Ditemui

Program Loyalitas

Jika Anda ingin selalu terhubung dengan pelanggan, Anda bisa membuatkan program yang mampu menjalin keterikatan bisnis dengan pelanggan. Pastikan program ini bisa menjadikan pelanggan selalu kembali membeli produk Anda.

Salah satu program yang bisa dicoba adalah membuat program loyalitas kepada pelanggan. Seperti poin atau kartu member yang bisa menandakan sebagai tanda bahwa pelanggan terdaftar disana. Jadi, usahakan untuk bisa memberikan program yang membuat pelanggan selalu terhubung dengan Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Bukan hanya dari sisi produk, tetapi banyak pelanggan yang sangat suka disentuh sisi emosional mereka. Jadi pastikan Anda juga memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan.

Related posts

Jenis Laporan Keuangan Bagi UMKM

ervan

5 Tips Memaksimalkan Penyusunan Laporan Arus Kas Perusahaan

Fattah Miyaz

Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai yang Harus Diketahui Pemilik UMKM

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment