ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

Langkah Mudah Menjadi Orang Berpengaruh

Menjadi orang yang berpengaruh dalam suatu kelompok akan sangat membantu Anda. Sebab, kita sangat jarang menemukan orang-orang yang membawa pengaruh positif disekitar. Daripada menunggu datangnya orang tersebut, kenapa tidak Anda saja yang menjadi orang berpengaruh dilingkungan Anda?

Saat Anda berpengaruh, tentu Anda akan diperhatikan oleh orang lain disekitar. Untuk memiliki pengaruh yang kuat, tentu Anda harus memiliki keterampilan dalam beberapa hal. Seperti kepemimpinan, emosi, berbicara, dan mampu bersikap adil dalam mendengar setiap aspirasi tim.

Baca Juga: Hal-hal Kecil Yang Berpengaruh Besar Dalam Hidup

Memang tidak mudah untuk menjadi orang yang berpenagaruh, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda tetap bisa melakukannya dengan cara-cara berikut ini.

Tips Menjadi Orang Berpengaruh

Percaya Diri

Langkah awal yang harus Anda ambil untuk bisa menjadi orang yang berpengaruh dengan percaya diri. Tidak mungkin akan banyak orang yang bisa Anda pengaruhi, tetapi Anda tidak memiliki rasa percaya diri terhadap diri Anda. Menjadi percaya diri bukan berarti Anda harus sombong.

Rasa percaya diri merupakan suatu sikap yang harus Anda tunjukan dalam hal positif. Percaya diri bukan juga membuat Anda lebih banyak membual daripada Tindakan. Jadi ketika Anda percaya diri, Anda harus yakin dan merasa mampu untuk bisa menjadi pemecah masalah diantara tim yang ada. Pastikan Anda bisa mengendalikan orang-orang disekitar untuk mendukung diri Anda sendiri.

Berpikir Jangka Panjang

Ketika Anda ingin memiliki pengaruh, Anda harus bisa berpikir untuk jangka Panjang. Dimana Anda bisa membantu kelompok mencapai tujuan dengan lebih kreatif, cepat, dan realistis dalam jangka panjang. Anda harus mampu menetapkan tujuan realistis yang dapat membawa diri Anda ke jalan yang benar.

Berpikir jangka Panjang menjadi kunci keberhasilan. Saat orang-orang hanya memikirkan hal-hal secara singkat, Anda harus bisa memberikan pengaruh untuk menampilkan ide-ide yang bisa digunakan oleh banyak generasi. Dengan begitu, orang-orang disekitar Anda akan lebih percaya kepada Anda.

Jujur

Orang jujur akan menjadi orang yang selalu berpengaruh. Sebab, orang berpengaruh akan mengatakan bisa jika memang ia bisa melakukan. Begitupun sebaliknya, jika tidak bisa dilakukan mereka akan menyerahkan segala tugas kepada orang yang lebih berkompeten.

Menjadi berpengaruh bukan berarti Anda harus bisa melakukan berbagai hal sekaligus. Tetapi bagaimana Anda bisa mengangkat tim Anda menjadi orang-orang yang lebih baik dan lebih percaya diri. Karena jika Anda sekedar menampilkan kebohongan, tentu Anda akan mencapai kehancuran.

Menciptakan Kesempatan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar berpengaruh dengan menciptakan berbagai peluang kepada orang lain. Orang yang berpengaruh bukan hanya mengharapkan diri mereka saja yang mampu tampil di permukaan. Tetapi memberikan kesempatan kepada orang lain agar bisa membantu mereka mencapai kesuksesan yang diharapkan.

Ketika Anda ingin menciptakan kesempatan, salah satu tugas mulia yang harus Anda kerjakan adalah menghargai orang lain dan jerih payahnya. Ketika Anda memberikan penghargaan kepada orang lain, mereka juga akan memberikan kesan yang baik kepada diri Anda. Pastikan Anda bisa melakukan hal ini dengan keinginan dan harapan Anda.

Mengikuti Orang Sukses

Ketika Anda ingin menjadi orang yang berpengaruh, belajarlah dari orang-orang sukses sebelumnya. Bagaimana mereka bisa membangun rasa percaya diri mereka, menemukan kesempatan, hingga memberikan banyak hal kepada orang lain. Melihat keteladanan mereka akan menjadi pengaruh kuat yang akan menancapkan pada diri Anda.

Anda bisa membaca biografi mengenai orang-orang sukses yang berpengaruh, mendengarkan kisah mereka, atau melihat orang-orang sukses disekitar Anda. Orang sukses bukan berarti orang yang sekedar memiliki banyak uang saja.

Kepercayaan

Memang hal yang sulit dilakukan di dalam kehidupan adalah membangun kepercayaan orang lain terhadap diri Anda. Saat ingin menjadi orang yang paling berpangaruh, pastinya Anda ingin sekali orang lain bisa percaya dengan Anda. Disinilah pentingnya konsistensi dalam membangun kepercayaan terhadap orang lain.

Semakin banyak orang yang menaruh kepercayaannya kepada Anda, membuat mereka memiliki pengaruh yang kuat terhadap diri Anda. Jadi Anda harus mampu membangun kepercayaan tersebut.

Pendengar yang Baik

Saat Anda ingin dihargai oleh kelompok, Anda harus mampu menjadi pendengar yang baik. Bukan sekedar menjadi orang yang banyak berbicara. Cara menjadi pendengar yang baik sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Baca Juga: 10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Anda bisa mencoba untuk selalu mendengarkan pendapat orang lain, menanggapi dengan positif, dan juga Anda harus mampu mendengarkan poin-poin penting dari pernyataan mereka. Anda juga bisa memberikan body language yang menunjukan bahwa Anda betul-betul mendengarkan mereka.

Related posts

5 Tanda Bahwa Anda Tidak Peduli Diri Sendiri

mimin ABC kotaraya

Meski Sering Diremehkan, 5 Disabilitas Ini Berhasil Menjadi Pengusaha Sukses

Fattah Miyaz

Investasi untuk Bisnis yang Perlu Dilakukan Demi Kemajuan

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment