ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Apa hal yang sama dari semua pemimpin hebat dalam sejarah? Mereka memiliki kemampuan interaksi dengan orang lain yang baik dan terbuka. Entah itu di medan perang, di ruang rapat, dan juga di lapangan, setiap pemimpin yang memiliki komunikasi dengan baik akan selalu di hormati. Sekarang, bagaimana melatih kemampuan komunikasi sebagai pemimpin?

Seorang pemimpin adalah seorang yang akan membawa tim menuju suatu tujuan yang diidamkan. Keterampilan komunikasi yang efektif menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan para pemimpin dalam menjaga tim agar tetap teratur, terlibat, dan termotivasi.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Kira-kira pertanyaan saat ini, kemampuan komunikasi sebagai pemimpin yang seperti apa yang diperlukan untuk menjadi Pemimpin hebat? Kita akan membahasnnya sesaat lagi.

Cara Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Menjadi Seseorang yang Terbuka

Seorang pemimpin yang baik harus selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan bawahan mereka. Keterbukaan bukan sekedar di ruang rapat, tetapi Anda juga harus bisa menerapkannya dalam kehidupan kantor.

Salah satu langkah menjadi pemimpin yang baik dengan menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anggota tim dalam mengungkapkan pendapat mereka. Jadi, pastikan bahwa orang-orang di perusahaan Anda bisa dengan bebas mengungkapkan pendapat mereka demi kemajuan perusahaan atau bisnis Anda tanpa adanya konsekuensi negatif yang mereka dapatkan.

Memotivasi Anggota Tim

Melatih komunikasi sebagai pemimpin dengan memotivasi tim
Source: https://www.whatyourbossthinks.com/

Setiap orang memiliki hal berbeda untuk mendapatkan motivasi. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mampu membaca isyarat ini. Serta menerapkannya dalam gaya komunikasi yang memberikan hasil terbaik dibandingkan orang lain.

Setiap individu berbeda dan satu jenis ukuran tidak akan cukup membuat mereka terlibat dalam satu tujuan yang sama. Untuk itu, setiap pemimpin harus mampu membuat semua anggota tim terlibat dengan cara yang sama, bagaimana melakukannya? Anda harus memastikan anggota tim memiliki motivasi pada pekerjaan yang sesuai dengan harapan yang mereka inginkan.

Cara ini akan sulit jika Anda memiliki tim yang besar, tetapi sangat mudah jika Anda berada pada bisnis UMKM dimana anggota tim masih bisa dipantau. Salah satu cara untuk memberikan motivasi kepada mereka, Anda harus mampu menunjukan rasa empati dan simpati terhadap kehidupan pribadi tim Anda. Selain, sisi pekerjaan.

Memiliki Gaya Komunikasi Beragam

Ketika Anda ingin melatih kemampuan komunikasi sebagai pemimpin Anda harus ingat bahwa akan berinteraksi dengan banyak orang. Masing-masing memiliki latar belakang berbeda. Untuk bisa berkomunikasi secara efektif, Anda perlu beradaptasi dengan cara komunikasi yang beragam.

Apa lagi dalam satu tim, ada anggota yang mungkin lebih berani dalam mengungkapkan pendapat mereka, sebagian lebih pendiam. Tergantung pada karakterisitik uniknya anggota tim Anda, gaya komunikasi Anda harus bisa diubah dengan melihat siapa lawan bicara Anda.

Beradaptasi dengan gaya komunikasi yang berbeda awalnya cukup menakutkan, tetapi sebenarnya mudah. Anda perlu memulai dengan mengetahui karakteristik setiap anggota tim. Mengetahui motivasi hidup dan karir mereka akan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menyesuaikan gaya korespondensi dengan setiap individu.

Ajukan Pertanyaan Terbuka

Sangat sulit memang menentukan pertanyaan satu ini. Anda harus mampu mengajukan pertanyaan terbuka kepada setiap anggota tim untuk mendapatkan jawaban yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Cara ini memang akan sangat membantu Anda dalam melatih gaya komunikasi, serta meminta para anggota tim melatih pemikiran dan wawasan mereka. Sehingga anggota tim juga mampu memberikan perspektif unik mengenai situasi yang dihadapi.

Dengan pertanyaan terbuka, Anda akan mendapatkan suatu esensi keterlibatan anggota tim tidak hanya dalam pekerjaan di lapangan. Tetapi juga bagaimana anggota tim bisa memikirkan pekerjaan mereka dengan baik sebelum melakukan eksekusi. Memiliki pertanyaan terbuka akan membantu menumbuhkan lingkungan kerja yang baik di lingkungan kerja.

Pahami Isyarat Non Verbal

isyarat non verbal melatih kemampuan komunikasi sebagai pemimpin

Mungkin ini menjadi salah satu poin yang tersulit. Membaca isyarat non verbal memang tidak mudah. Tetapi ketika Anda sedang melatih kemampuan komunikasi sebagai pemimpin, Anda harus bisa melakukan hal ini.

Komunikasi bukanlah ilmu kongkret. Dalam kondisi tertentu, Anda akan menghadapi banyak momen dalam menguraikan sebuah arti dari pernyataan yang diungkapkan oleh anggota tim dengan pengertian yang samar-samar. Memahami isyarat non verbal akan membantu Anda untuk menjadi pemimpin yang efektif dan berwawasan. Serta hal ini akan memperluas jaringan dan koneksi di industri Anda.

Pemimpin Hebat Membutuhkan Feedback

Sebagian besar pemimpin mampu mendengarkan pendapat dan umpan balik dari orang-orang sekitar dan anggota tim. Serta menerapkan feedback yang lebih berharga dalam tindakan yang Anda miliki.

Bagian mendengarkan membutuhkan sikap tegas karena sering sekali kritikan yang hadir menyakitkan. Dengan mendengarkan dan menyaring wawasan berharga dan membiarkan kebisingan tidak berguna pada pikiran Anda. Akan membantu Anda menjadi seorang pemimpin hebat dengan gaya komunikasi yang hebat.

Untuk mendapatkan feedback yang berharga dari tim Anda, ciptakan lingkungan yang terbuka dalam mengungkapkan pendapat. Dengan cara tersebut mengungkapkan pemikiran dan pendapat yang sebenarnya membantu Anda menjadi pemimpin efektif dan multitasking.

Manfaatkan Rapat

Rapat dapat dikatakan sebagai aset berharga bagi tim yang akan bekerjasama. Aktivitas pertemuan akan menjadi tempat berkumpulnya ide dan pemikiran abstrak untuk diselesaikan bersama secara efektif melalui rapat.

Namun, dalam rapat sering sekali pembahasan diluar topik. Membuat kondisi rapat tidak efisien dan tidak cukup berharga untuk dilakukan. Dalam kondisi seperti ini, kemampuan komunikasi sebagai pemimpin harus terungkap. Anda harus membawa tim Anda dalam pembahasan yang efektif dan komunikatif.

Agar rapat berjalan efektif, Anda harus memiliki agenda yang terencana dengan ketat dan membatasi waktu setiap topik yang akan dibahas. Komunikasi akan membantu semuanya menjadi ringkas dan fokus pada inti masalah. Percakapan yang efisien dan jelas selama rapat mampu membantu menyelesaikan konflik dan meningkatkan peluang bisnis Anda untuk sukses.

Pahami Arti Delegasi

Menjadi seorang pemimpin bukanlah tugas mudah, Anda harus memahami arti dari delegasi. Disinilah pentingnya dalam melatih kemampuan komunikasi sebagai pemimpin untuk bisa menyerahkan tantangan dan tugas kepada anggota tim yang lain. Sebagai pemimpin Anda harus mampu mendelegasikan tugas yang tepat kepada orang yang tepat.

Pendelegasian sebuah tugas menjadi bagian besar dari setiap komunikasi yang dilakukan oleh seorang pemimpin. Anda tidak hanya memilah tugas untuk menyerahkan kepada orang lain, tetapi menjelaskan kepada orang lain dengan jelas apa yang perlu dilakukan.

Jika Anda menjelaskan dengan deskripsi yang tidak mudah dimengerti oleh anggota tim yang menerima delegasi, hal ini akan membingungkan anggota tim. Ketika Anda sudah memastikan akan mendelegasikan sebuah tugas, pastikan Anda telah mengkomunikasikan tugas dengan tepat. Menjelaskan proses dan tujuan akhir yang diharapkan dari tugas dengan jelas akan membantu staff Anda dalam menyelesaikan tugas dengan baik.

Transparansi dan Kejujuran

Transparansi dan kejujuran dalam komunikasi sangat penting. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu menyerap kedua kemampuan tersebut dalam gaya komunikasi kepemimpinan yang berbeda.

Transaparansi dan kejujuran harus tetap dilakukan ketika staff Anda menemukan kondisi sulit dan berkinerja baik, melalui saluran komunikasi yang transparan, Anda dapat memberi tahu kinerja mereka dengan lebih baik. Lingkungan yang jujur akan memudahkan dalam setiap pemecahan masalah lebih mudah, perampingan tugas, dan akhirnya meningkatkan kinerja tim.

Anda wajib membuat rapat rutin bersama tim untuk membahas setiap poin kinerja yang telah mereka lakukan. Anda juga bisa memberikan pertanyaan terbuka dimana mereka bisa memberikan jawaban yang jelas dan bijaksana berkaitan dengan kinerja yang mereka lakukan.

Ucapan Terima Kasih

Komunikasi adalah satu cara untuk memberikan sinyal kepada anggota tim. Dalam setiap kinerja, semua anggota tim bisa mendapatkan kinerja yang baik dan buruk. Tidak selalu baik dan juga tidak selalu buruk.

Ketika anggota tim mendapatkan kondisi buruk, usahakan untuk tetap memberikan motivasi kepada anggota tim. Hal ini demi menjaga semangat dan motivasi mereka dalam bekerja. Ketika mereka kehilangan motivasi, tentu ini akan berdampak terhadap kinerja yang mereka lakukan.

Jika anggota tim melakukan sesuatu yang baik, berikanlah ucapan terima kasih kepada mereka. Meskipun kata tersebut sederhana, tetapi itu sangat berharga bagi mereka. Sebagai seorang pemimpin komunikasi bukan sekedar untuk memerintah. Melainkan juga memotivasi anggota tim dengan baik.

Ucapan terima kasih menjadi salah satu cara melatih kemampuan komunikasi sebagai pemimpin yang harus dilakukan setiap pemimpin dimanapun. Tindakan kecil sebagai pengakuan akan membantu anggota tim termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Penutup

Kesepuluh kemampuan komunikasi sebagai pemimpin yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin dimanapun berada. Menjadi pemimpin adalah tugas yang berat. Tetapi dengan komunikasi yang baik, jujur, dan terbuka akan memudahkan Anda mencapai tujuan dan membantu tim Anda mencapai tujuan yang diinginkan.

Menciptakan komunikasi terbuka kepada seluruh anggota tim bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan secara instan. Tetapi jika Anda menginvestasikan waktu dan energi, Anda akan mampu mendapatkan hasil terbaik.

Dan Apabila Anda ingin meningkatkan produktivitas bisnis Anda, jangan melupakan keuangan bisnis. Keuangan menjadi hal krusial selain dari komunikasi bisnis. Pastikan bisnis Anda menggunakan software akuntansi yang handal seperti Accurate Online untuk mempertajam laporan keuangan Anda secara tepat dan akurat. Coba Accurate Online sekarang gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

Menjaga Semangat Tim, Ketika Harus Bekerja Di Akhir Tahun

Fattah Miyaz

Hal-hal Kecil Yang Berpengaruh Besar Dalam Hidup

Safina

Meski Sering Diremehkan, 5 Disabilitas Ini Berhasil Menjadi Pengusaha Sukses

Fattah Miyaz

Leave a Comment