ABCkotaraya.id
Bisnis

13 Skill Komunikasi dalam Bisnis yang Bisa Diterapkan

Promo Accurate Online

Ketika Anda berpikir untuk menjadi pengusaha, tentu Anda perlu memiliki beberapa soft skill, salah satunya komunikasi. Ilmu komunikasi perlu dimiliki para pebisnis untuk memberikan berbagai informasi sesuai dengan ide dan gagasan awal, sehingga tidak terjadinya kesalahan penyampaian. Setiap pebisnis perlu memiliki skill ini, dan bagaimana menerapkan skill komunikasi dalam bisnis?

Selain untuk komunikasi dengan internal, skill komunikasi diperlukan untuk berhubungan dengan pihak eksternal, seperti dengan partner atau rekanan bisnis yang akan Kerjasama dengan usaha Anda. Bahkan strategi bisnis efektif, berkaitan erat dengan komunikasi. Sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai.

Jenis Komunikasi Bisnis

Ada dua jenis Komunikasi dalam bisnis, yaitu:

Komunikasi Horizontal : Jenis komunikasi yang dilakukan antara atasan dengan para staff.

Komunikasi Vertikal : Komunikasi antara atasan dengan bawahan maupun bawahan dengan atasan.

Skill Komunikasi dalam Bisnis yang Efektif

Berikan Kesan Antusias

Beri mereka kesan bahwa anda senang berbincang dengan lawan bicara. Caranya dengan menunjukan kepedulian Anda dengan menyesuaikan apa yang mereka butuhkan. Lebih tepatnya Anda perlu menunjuan sikap empati kepada mereka, agar mereka percaya dengan anda. Dengan begitu mereka akan lebih terbuka dengan anda.

Baca Juga: Coba Hindari! 7 Kesalahan Komunikasi Kepada Pelanggan yang Sering Ditemui

Ajukan Pertanyaan

Ajukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kebutuhan mereka, galilah sedetail mungkin hingga terkesan Anda dapat membantu mereka, sehingga Anda akan memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan mereka.

Beradaptasi dengan Bahasa tubuh

Rasakan bagaimana perasaan mereka pada saat ini dengan mengamati Bahasa tubuh dan nada suara. Dari sudut pandang ini, anda dapat menyesuaikan kata-kata, Bahasa tubuh, dan nada suara anda sehingga respon lebih positif akan Anda dapatkan dari lawan bicara.

Tunjukan Rasa Persetujuan

Katakan kepada mereka apa yang anda kagumi tentang mereka dan mengapa. Salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi dengan orang lain adalah dengan menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa anda menyukai atau mengagumi mereka. Jika menyatakan secara langsung di rasa kurang tepat, cobalah dengan pertanyaan tidak langsung, kedua pendekatan tersebut bisa sama-sama efektif.

Menjadi Pendengar yang Baik

Jangan terlalu berfokus pada apa yang anda katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap kata yang mereka katakan dan responlah serelevan mungkin.

Hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana yang sama dengan mereka. Pastikan juga untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan.

Anda tentu saja ingin menghindari semua penyimpangan yang mungkin terjadi dalam komunikasi jika anda ingin mengembangkan hubungan yang sepenuhnya dengan orang tersebut.

Lakukan Kontak Mata

Kontak mata yang kuat mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa anda tidak hanya terpikat oleh mereka dan apa yang mereka katakan, tetapi menunjukkan juga bahwa anda dapat dipercaya. Ketika dilakukan dengan tidak berlebihan, mereka juga akan menganggap anda yakin pada diri anda sendiri. Akibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan anda dan apa yang anda katakan.

Ungkapkan Diri

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan mengungkapkan diri seterbuka mungkin. Bercerita tentang kejadian yang menarik dari hidup anda atau hanya menggambarkan contoh lucu dari kehidupan normal sehari-hari.

Ketika anda bercerita tentang diri anda, pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang menyimpang terlalu jauh dari minat mereka atau bahkan berlebihan. Anda dapat membiarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang diri anda seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Berikan kesan yang Baik

Gunakan kata-kata seperti “Kami, kita” untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila anda menggunakan kata-kata tersebut, anda membuatnya tampak sama dengan anda dan mereka berada di tim yang sama, sementara orang lain berada di tim yang berbeda. Teknik komunikasi ini sangat baik untuk dilakukan kepada para staff.

Berikan Senyuman Terbaik

Ketika anda tersenyum pada orang, anda menyampaikan pesan bahwa anda menyukai mereka dan kehadiran mereka membawa anda bahagia. Tersenyum pada mereka akan menyebabkan mereka sadar ingin tersenyum kembali pada anda secara langsung akan membangun hubungan antara anda berdua.

Menawarkan saran yang bermanfaat

Kenalkan tempat makan yang pernah anda kunjungi, film yang anda tonton, buku yang anda baca, peluang karir atau apapun yang terpikirkan oleh anda. Jelaskan apa yang menarik perhatian mereka, mereka akan mencari anda ketika mereka memerlukan seseorang untuk membantu keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Berikan Motivasi

Jika orang yang anda hadapi lebih muda atau dalam posisi yang sulit, mereka mungkin ingin terdengar beberapa kata motivasi dari anda, karena anda lebih perpengalaman. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasan mereka.

Tunjukan energi yang Lebih Besar

Umumnya, orang lain berada disekitar orang-orang yang akan mengangkat mereka, bukannya membawa mereka kebawah. Jika anda secara konsisten memiliki tingkat energi yang lebih rendah daripada orang lain, mereka secara alami akan menjauh dari anda menuju seseorang yang lebih energik. Untuk mencegah hal ini, tunjukkan dengan suara dan Bahasa tubuh anda, bahwa anda memiliki tingkat energi yang lebih tinggi sehingga mereka akan lebih merasa bersemangat berada disekitar Anda, namun juga jangan berlebihan.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Seseorang Melakukan Pembelian

Menjalin hubungan Lebih Baik

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memajukan persahabatan dengan seseorang, tawarkan makan, berbincang sambal minum kopi, melihat pertandingan bola, dan sebagainya. Walaupun jika orang tersebut menolak, setidaknya itu akan membuat mereka terkesan dengan tawaran anda, dan mereka akan menganggap anda mempunyai keberanian untuk membangun persahabatan.

Skill Komunikasi dalam bisnis perlu dilakukan dengan baik. Sehingga lebih mudah dalam mencapai keberhasilan dalam bisnis. Sekarang Anda perlu terus berlatih skill komunikasi bisnis, untuk mencapai tujuan bisnis sesuai dengan visi misi perusahaan.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Bangga! 10 Produk Lokal yang Mendunia dan Terkenal

mimin ABC kotaraya

8 Strategi Pemasaran untuk Restoran & Café

mimin ABC kotaraya

5 Alasan Mengapa Software Akuntansi Dapat Meningkatkan Traffic Situs Web Bisnis Anda

Faqih

Leave a Comment