Berbagai macam brand yang ada di pasaran dengan beberapa tipe yang sama, bahkan memiliki kualitas yang sama, terkadang membuat banyak orang bingung dalam melakukan pembelian. Pertimbangan apa yang menjadikan seseorang akan membeli sebuah produk, umumnya dilakukan dengan beberapa faktor. Kali ini kita akan mencoba membahas faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan pembelian.
Dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen, Anda akan mendapatkan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis berdasarkan faktor keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Pahami beberapa faktor yang dapat dipengaruhi keputusan seseorang dalam melakukan pembelian.
Faktor yang Mempengaruhi Seseorang Melakukan Pembelian
Kebutuhan
Faktor utama yang mendasari seseorang melakukan pembelian adalah kebutuhan. Setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing, pebisnis perlu memahami bahwa setiap pembeli akan melakukan pembelian berdasarkan kebutuhan mereka.
Baca Juga: Begini Cara Melakukan Pembelian Accurate Online
Harga
Beberapa konsumen memang melakukan pembelian suatu brand berdasarkan pada nilai harga brand tersebut. Harga yang affordable (terjangkau) akan menjangkau konsumen lebih luas dibandingkan dengan produk dengan harga mahal. Pastikan Anda sebagai pebisnis bisa menetapkan harga sesuai dengan target pasar yang Anda ingin sasar.
Kualitas
Selain harga, ada beberapa konsumen yang melakukan pembelian berdasarkan pada faktor kualitas dari produk atau jasa tersebut. Coba saja Anda perhatikan beberapa produk yang memiliki kualitas baik, meskipun harganya mahal tetap menjadi incaran banyak orang untuk membelinya. Bahkan tidak segan-segan segmen konsumen yang membeli berdasarkan faktor kualitas, selalu melakukan pembelian berulang (repurchase) dan akan menjadi konsumen loyal.
Promosi Menarik
Salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh pemilik brand dalam mempengaruhi pembelian konsumen adalah dengan melakukan promosi yang menarik, beberapa konsumen akan sangat berpengaruh dengan promosi menarik yang dilakukan oleh brand. Disini Anda perlu memikirkan bagaimana memberikan nilai lebih kepada konsumen.
Pesan yang Mudah Dimengerti
Salah satu faktor yang mempengaruhi seorang pembeli melakukan pembelian adalah adanya pesan yang mudah mereka pahami dari brand. Oleh karena itu, disinilah tugas seorang Marketing Communication, bagaimana bisa memberikan pesan yang tepat kepada konsumen melalui cara komunikasi yang tepat.
Mengapa demikian? Karena konsumen memiliki kecenderungan melakukan pembelian, karena adanya pesan yang mudah mereka pahami. Terkadang sesuatu yang sederhana bisa mempengaruhi keputusan seorang pembeli.
Kemudahan Mendapatkan
Faktor berikutnya yang mempengaruhi seorang melakukan pembelian adalah kemudahan dalam mendapatkan produk tersebut. Seseorang biasanya melakukan keputusan pembelian karena kemudahan dalam mendapatkan produk tersebut. Ketika sebuah produk sulit diperoleh, tentu akan membuat mereka enggan untuk membeli.
Hal ini dipengaruhi oleh kemudahan dalam mendapatkan produk tersebut, bagaimana proses pembelian yang akan dijalankan oleh para pembeli.
Pelayanan
Salah satu keputusan seseorang dalam melakukan pembelian adalah pelayanan yang baik dari stakeholder dari brand tersebut, seperti para karyawan, dan pemilik. Ketika pelayanan yang diberikan memuaskan, setiap konsumen tidak akan segan untuk merekomendasikan kepada orang-orang di sekitar mereka untuk melakukan pembelian juga. Oleh sebab itu, pastikan pelayanan yang Anda lakukan bisa membuat orang-orang betah untuk selalu melakukan repeat order.
Baca Juga: Menggunakan Fitur Pesanan Pembelian Untuk Operasional Bisnis Anda
Kesimpulan
Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi seseorang melakukan pembelian, setiap pemilik bisnis atau brand perlu memikirkannya dengan baik. Agar setiap strategi yang mereka lakukan bisa berpengaruh atas keputusan yang diambil oleh konsumen dalam melakukan pembelian.
Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!