ABCkotaraya.id
Image default
Fitur

Menggunakan Fitur Pesanan Pembelian Untuk Operasional Bisnis Anda

Pengertian Pesanan Pembelian

Pesanan Pembelian (Purchase Order) adalah dokumen komersial dan tawaran resmi pertama yang dikeluarkan oleh pembeli ke penjual. Pesanan Pembelian (Purchase Order) digunakan untuk mengontrol pembelian produk dan jasa dari supplier.

Fungsi Pesanan Pembelian

Meskipun terlihat cukup rumit untuk memesan barang dari pemasok dengan menggunakan pesanan pembelian (Purchase Order), namun pesanan pembelian dengan PO tersebut akan memberi rasa aman dari tindakan penipuan tambahan serta mengamankan ketersediaan bahan dengan harga yang diinginkan. Berikut beberapa fungsi atau beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pesanan pembelian (Purchase Order) diantara lain :

  • Sebagai pemesan, cantumkan identitas perusahaan dengan jelas dalam purchase order.
  • Cantumkan detail apa saja yang akan Anda pesan, seperti merek, nama barang, jumlah, dan informasi lainnya.
  • Cantumkan dengan jelas produsen atau supplier yang Anda pilih.
  • Sebutkan media sebagai tempat iklan produk yang di tawarkan (jika perlu).
  • Sebutkan cara pengiriman, waktu pengiriman, metode pembayaran, dan juga cara pengiriman yang Anda inginkan.
  • Cantumkan nomor PO (purchase order). Nomor ini sangat penting untuk melakukan penelusuran apabila ada kekeliruan ataupun permasalahan.

Gunakan Fitur Pesanan Pembelian Dengan Mudah di Accurate Online

Berikut adalah cara menggunakan fitur pesanan pembelian pada Accurate Online yang memudahkan operasional pada bisnis Anda:

  1. Klik menu Pembelianlalu pilih opsi Pesanan Pembelian.

  1. Isi Nama Pemasok, Tanggal dan informasi yang dibutuhkan. Pada bagianCari/Pilih Barang & Jasa,masukan barang atau jasa yang akan dipesan.

  1. Lengkapi detail informasi barang & jasa yang dipilih, lalu klik Lanjut.

  1. Lakukan langkah 2 dan 3  untuk memasukkan barang & jasa selanjutnya dengan pemasok yang sama. Jika telah selesai klik Simpan.

Pembuatan PO bisa dilakukan untuk pembelian bahan baku, barang jadi untuk stok, dan peralatan lain. Dokumen yang dihasilkan pada saat PO mengikat secara hukum yang  bisa memberi tahu Anda dan vendor tentang apa yang dibutuhkan, kapan dibutuhkan dan berapa harganya. Dan dengan pembuatan pesanan pada Accurate Online, Anda dapat memperhitungkan semuanya bahkan untuk pembelian terkecil.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, sebaiknya Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang sangat cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Accurate Online memiliki banyak fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Related posts

Membuat Akses Grup di Accurate Online

admin

Quick Setup di Accurate Online

Efi Nofitri

Menggunakan Fitur Widget Accurate Online Sebagai Pengingat Hutang Piutang Bisnis Anda

admin

Leave a Comment