ABCkotaraya.id
Akuntansi

3 Alasan Mengapa Pentingnya Pembukuan untuk UKM 

Promo Accurate Online

Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan perusahaan atau perorangan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh pencatatan keuangan dalam periode tertentu. Mulai dari transaksi penjualan, transaksi pembelian, dan transaksi pengeluaran kas atau pendapatan. Setiap bisnis perlu menjalankan pembukuan. Inilah beberapa alasan mengapa pentingnya pembukuan untuk UKM.

Pembukuan tidak hanya untuk perusahaan yang besar, namun juga perlu untuk pemilik usaha baru yang masih kecil dan akan berkembang. Dengan adanya Pembukuan untuk Usaha Anda, maka Anda akan lebih mudah mengetahui peredaran kas masuk dan kas keluar yang tetap terkontrol.

Pentingnya Pembukuan untuk pemilik Usaha Kecil Menengah yaitu, Anda dapat menganalisa atau dapat mengelola arus kas perusahaan. Sehingga, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda.

Baca Juga: Apa itu Program Accurate untuk Tools Pembukuan Perusahaan

Pentingnya Pembukuan pada Bisnis

Pentingnya Pembukuan Dengan membuat pencatatan transaksi pengeluaran dan pendapatan kas yang rapih, maka pelaku usaha akan terhindar dari kerugian. Di bawah ini, beberapa hal betapa pentingnya pembukuan untuk pelaku usaha :

Mengetahui kondisi finansial

Pembukuan adalah pusat informasi keuangan bisnis Anda. Di dalam pembukuan, Anda dapat melihat kondisi finansial bisnis, baik itu adanya kas masuk dan kas keluar. Anda juga dapat menyusun strategi untuk bisnis Anda sesuai dengan budget yang dimiliki berdasarkan pada hasil di laporan keuangan.

Pencatatan pembukuan juga bisa dijadikan patokan untuk melihat keuntungan dan kerugian bisnis Anda. Jika mendapatkan keuntungan, maka apa yang akan di lakukan agar bisnis Anda lebih berkembang lagi. Sebaliknya, Apabila terjadinya kerugian, maka hal apa yang harus Anda perbuat agar bisnis tetap berjalan. Biasanya, melakukan perubahan dari segi promosi, inovatif produk atau riset ulang pasar.

Pembayaran Pajak

Pajak adalah pungutan yang wajib dibayarkan oleh para pelaku UKM. Pajak yang harus di bayarkan oleh pelaku UKM sebesar 0,5%. Untuk mengetahui berapakah yang harus dibayarkan, Pelaku UKM dapat melihat total pemasukan dan pengeluaran kas di dalam pembukuan dan hitung berapakah jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Merekap Seluruh Transaksi

Pembukuan berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi yang dilakukan bisnis Anda, Dengan melakukan pencatatan di pembukuan dengan rapih, maka Anda akan bisa melihat riwayat dari seluruh transaksi dan juga nilainya yang biasanya disebut dengan Laporan Arus Kas.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pembukuan Perusahaan yang Sering Terjadi

Contoh Pembukuan Sederhana untuk UKM

Berikut contoh pembukuan sederhana untuk UKM. Dalam melakukan pencatatan di pembukuan, setiap laporan disesuaikan dengan kebutuhannya. Contoh-contoh di bawah ini terbagi menjadi beberapa Jenis yaitu :

  1. Laporan Arus Kas
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Neraca
  4. Laporan Perubahan Ekuitas

Apabila Anda ingin dimudahkan dalam pencatatan pembukan, Anda dapat memulainya dengan Software Akuntansi Accurate. Karena, dengan Accurate seluruh transaksi akan terjurnal secara otomatis sehingga Anda bisa mendapatkan Laporan Keuangan dengan Instan.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

7 Fitur yang Harus Dimiliki Software Akuntansi untuk Bisnis UKM

Faqih

3 Jenis Laba Bisnis yang Perlu Dimengerti

mimin ABC kotaraya

Ragam Harta dalam Akuntansi Pada Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment