ABCkotaraya.id
Accurate

Cara Membebankan Piutang yang Tak Terbayar

Promo Accurate Online

Piutang merupakan sebuah tagihan yang perlu di lunasi oleh pembeli kepada pemilik produk. Terkadang banyak konsumen yang mengalami gagal bayar dan membuat pemberi utang mengalami masalah dalam keuangan mereka. Tetapi hal ini terkadang tidak bisa dihindari. Lalu bagaimana jika cara membebankan piutang yang sudah tidak bisa di bayar di Accurate Online?

Jika bisnis Anda sudah besar, menggunakan software akuntansi adalah keharusan. Dengan hadirnya software akuntansi, keuangan bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan mereka. Terutama jika bisnis telah memiliki lebih banyak transaksi yang tidak mungkin untuk dilakukan secara manual.

Masalah Piutang

Ketika memberikan piutang kepada pihak lain, tentu pemberi hutang sudah bisa mengetahui berbagai risiko yang mungkin saja terjadi pada siapapun. Oleh karena itu, pemberi hutang harus mengetahui kendala-kendala yang mungkin saja terjadi dan sulit dihindari, seperti:

  • Pembayaran piutang yang tidak tepat waktu
  • Kesalahan penulisan invoice
  • Piutang tidak tertagih
  • Piutang gagal bayar

Jika poin keempat yang terjadi, tentu hal ini cukup menyulitkan bagi perusahaan. Kali ini, kita akan membahas, jika hal tersebut terjadi, lalu bagaimana pencatatan yang perlu dilakukan?

Jika Anda menggunakan software Accurate Online, tentu hal tersebut sangat mudah untuk Anda lakukan. Ikuti Langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pencatatan di Accurate Online.

Baca Juga: Mengenal Ciri dan Jenis-Jenis Piutang dalam Bisnis

Membebankan Piutang yang Sudah Tidak Bisa Di Bayar

Masuk Menu Preferensi

Pertama kita harus mengisi akun diskon pada menu Preferensi

Pengaturan – Preferensi – Akun Perkiraan – Penjualan/Pembelian

Pengaturan Preferensi AOLDalam ilustrasi perusahaan memiliki piutang kepada PT Kodok Merah sebesar Rp. 3.499.000, yang mana PT Kodok Merah mengalami kebangkrutan akibat pandemi dan tidak bisa melakukan pembayaran atas invoice tersebut.

Input pada Menu Penjualan

Faktur PenjualanUntuk membebankan piutang yang tidak dapat dilunasi dapat di input pada menu Penjualan – Penerimaan Penjualan

Mengisi Pelanggan

Isi pelanggan, tanggal dan Bank (dapat diisi apa saja karena tidak akan masuk ke akun Bank) dan ambil invoice yang akan kita bebankan.

Mengisi Data Pelanggan

Pilih Kolom Invoice

Klik kolom invoice – lalu ke tab informasi diskon – masukan diskon account dengan akun beban yang sudah di tentukan – masukan nilai ivoice yang akan dibebankan – Lanjut

Memilih Kolom Invoice

Payment Ammount

Payment AmmountPada bagian payment ammount klik pada bagian Hitung Nilai Pembayaran lalu simpan. Maka Payment Ammount dan Invoice Paidnya akan Nol dan nilainya akan masuk ke kolom Discount, seperti pada gambar dibawah ini:

Invoice Paid

Jurnal Terbentuk

Ketika Anda sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, Anda akan mendapatkan Jurnal. Adapun jurnal yang terbentuk akan seperti berikut ini:

Jurnal Terbentuk

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan, tentu proses membebankan piutang yang sudah tidak bisa di bayar bisa tercatat dalam jurnal pencatatan di akun Anda. Sehingga Anda bisa membuatkan laporan yang tepat mengenai piutang yang sudah tidak bisa terbayarkan. (IRL)

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Cara Setting Atribut Tambahan (Kolom Tambahan) Pada Accurate Online

Annisa

Mengelola Akses Cabang dengan Mudah di Accurate Online

Djamz Agung

Pengaturan Metode Pembayaran Voucher Pada RENE POS 2 Untuk Proses Sinkronisasi Ke Accurate Online

Djamz Agung

Leave a Comment