ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

Mitos dalam Penjualan yang Harus diabaikan

Ada banyak mitos di Indonesia dan dunia. Mitos bukan hanya sekedar tentang hal-hal gaib, tetapi juga mitos dalam penjualan banyak beredar di kalangan para Sales di Indonesia. Kalau Anda ingin sukses dalam melakukan penjualan, sebaiknya Anda hindari mitos-mitos ini.

Apa itu Mitos?

Mitos adalah sebuah kumpulan kepercayaan yang dianggap kebenarannya, tetapi tidak memiliki fakta ilmiah. Sebuah mitos akan berkembang dalam suatu kelompok masyarakat, ketika mereka menyaksikan beberapa kejadian yang sama atau serupa yang dialami oleh anggota kelompok mereka. Meskipun hal tersebut bisa saja terjadi karena kebetulan saja.

Dalam hal ini, mitos ternyata tidak hanya dianggap oleh masyarakat bawah atau masyarakat yang masih mengemban kepercayaan nenek moyang. Masyarakat professional terkadang memiliki mitos terhadap sesuatu hal, termasuk bagi para Sales yang selalu menganggap mitos dalam penjualan memang ada.

Baca Juga: Rahasia! 10 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Apapun

Mitos Mengenai Penjualan yang Beredar

Menjual Harus Memaksa

Anda sering melihat beberapa Sales yang Anda temui saat bertanya mengenai produk atau melihat Anda, mereka terkesan memaksa agar Anda membeli produk atau layanan mereka. Sebenarnya pemikiran ini telah berkembang di kalangan Sales, untuk mendapatkan penjualan Anda harus memaksa calon pembeli.

Tetapi ini hanyalah sebuah mitos di kalangan Sales. Di era modern, masyarakat akan membeli sesuatu ketika mereka memang membutuhkan. Bahkan masyarakat sekarang jarang mau mendengarkan penjelasan mengenai produk dari Sales saja, tetapi mereka akan melihat review dari orang-orang terdekat.

Harus Menjelaskan Kelebihan

Banyak sekali Sales yang merasa bahwa mereka harus mengungkapkan kelebihan-kelebihan mengenai produk, dan hindari mengungkapkan hal yang buruk mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Kelebihan produk atau jasa memang menjadi nilai jual tersendiri untuk dilakukan.

Ketika Anda melakukan penjualan, ungkapkan sesuatu yang jujur. Bahkan jika produk atau layanan Anda tidak memiliki kelebihan seperti milik kompetitor, jelaskan saja. Konsumen sangat membutuhkan kejujuran daripada mendengar sesuatu kelebihan yang tidak ada ujung. Mereka juga sudah percaya, tidak ada produk atau jasa yang sempurna di dunia.

Sales Bukan Sebuah Karir

Ada yang mengatakan kehidupan seorang Sales tidak akan pernah mampu naik tinggi, jika mereka tidak bisa meninggalkan pekerjaan sebagai tenaga penjual. Tentu semua ini hanya mitos di kalangan Sales saja.

Kita harus tahu dan lebih banyak membaca profil-profil orang sukses. Mereka semua rata-rata sebelum menjadi miliarder adalah seorang Sales yang menawarkan berbagai jenis barang. Kita tahu kisah Bob Sadino, sebelum sukses dia sempat berjualan telur secara door to door.

Belum lagi, Melly Riana yang pernah menjadi Sales produk asuransi di Singapura. Sekarang mereka sudah menjadi miliarder bukan? Jadi, jangan khawatir untuk menjadi seorang Sales.

Sales Harus Banyak Berbohong

Ada banyak mitos dalam penjualan
Source: Aeroleads.com

Mungkin mitos ini banyak ditemukan sebelum internet booming. Kalau sekarang, Sales sangat sulit berbohong. Seperti yang dijelaskan di artikel ini, seseorang ketika ingin membeli suatu produk atau jasa, mereka akan mencari ulasan mengenai produk tersebut.

Katakanlah Anda ingin membeli sebuah Smartphone dengan harga Rp 2.500.000. Sebelum Anda pergi ke toko atau memasukannya ke dalam keranjang belanja marketplace, Anda akan melihatnya review terlebih dahulu bukan?

Jadi, di zaman sekarang sangat sulit menemukan Sales yang berbohong mengenai spesifikasi produk yang mereka jual. Ketika mereka berbohong, hal ini akan menjadi boomerang untuk diri mereka sendiri. Jadi mitos Sales harus berbohong hanyalah menjadi mitos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Produk Baik Akan Di Datangi Konsumen

Ada yang mengatakan produk yang baik akan lebih mudah didatangi oleh konsumen? Apakah ini benar? Belum tentu! Ketika Anda menjual produk yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat, bukan berarti mereka akan mengunjungi toko Anda untuk sekedar membeli.

Jika caranya seperti itu, Anda tidak akan pernah melihat berbagai materi promosi yang tersedia di tempat umum dan kesemua itu dilakukan oleh brand-brand ternama dan sudah ada di benak pikiran masyarakat? Tapi, apakah mereka cukup sampai situ? Tidak!

Apabila dilihat dengan seksama, semua itu hanya akan sangat membuang uang saja. Tetapi bagi brand besar, mereka harus tetap melakukan eksistensi untuk menunjukannya kepada para konsumen. Jadi Anda harus bisa berpikir dengan baik.

Baca Juga: 3 Jenis Laba Bisnis yang Perlu Dimengerti

Pernyataan-pernyataan diatas hanyalah sebuah mitos. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk menghindarinya. Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut, tetapi juga Anda harus fokus berjualan untuk menghindari berbagai mitos penjualan yang bisa menghantui Anda kapan saja.

Related posts

Manfaat Sering Membaca Buku

Eka

5 Cara Mengatasi Masalah yang Sering Dihadapi oleh Akuntan

Fattah Miyaz

Rahasia Cepat Closing Dengan Calon Customer!

Efi Nofitri

Leave a Comment