ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Deretan Perusahaan Multinasional asal Indonesia

Semua orang pasti sudah pernah mendengar istilah perusahaan multinasional. Keberadaan perusahaan multinasional memang tidak dipungkiri cukup banyak, baik itu perusahaan yang didirikan oleh orang Indonesia asli maupun perusahaan asing yang menjalankan aktivitas bisnis di Indonesia. Kali ini kita akan membahas deretan perusahaan multinasional asal Indonesia. Kiprahnya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Keberadaan perusahaan multinasional memiliki peranan yang cukup penting dalam pergerakan ekonomi. Sebab, mereka mendorong aktivitas ekspor impor, penanaman modal asing, hingga transaksi internasional. Lantas, perusahaan seperti apa saja yang dapat disebut sebagai perusahaan multinasional saat ini.

Pengertian dan Sejarah Perusahaan multinasional

Tentu perusahaan multinasional berbeda dengan perusahaan pada umumnya. Perusahaan multinasional memiliki nama dan brand yang sudah melekat dengan masyarakat. Banyak dari produk atau jasa dari perusahaan multinasional berada di dekat masyarakat, mungkin juga Anda.

Definisi perusahaan multinasional adalah perusahaan besar dengan memiliki kantor cabang atau anak perusahaan di berbagai negara. Perusahaan multinasional biasanya telah menjadi perusahaan unggulan di negaranya. Meskipun negara asal perusahaan bukan negara besar.

Baca Juga: Keren! 6 Perusahaan Besar Asal Indonesia Masuk Forbes Global 2000

Tak jarang, keberadaan perusahaan multinasional akan mempengaruhi kebijakan sosial politik di negara tersebut. Awalnya perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang berasal dari negara-negara besar. Seperti Amerika Serikat, German, Jepang, China, dan negara-negara Eropa lainnya.

Sejak 1960-an perusahaan multinasional akhirnya banyak yang tumbuh dari negara-negara berkembang, seperti Indonesia. Tidak lagi di dominasi oleh negara-negara adidaya dan maju dunia.

Karakter Perusahaan Multinasional

Deretan perusahaan Multinasional asal Indonesia
Source: Mediaasuransi.com

Setiap perusahaan multinasional memang memiliki industri yang berbeda satu sama lain. Tetapi mereka semua memiliki karakter perusahaan yang sama semua. Karakter ini akan membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan lain pada umumnya.

Memiliki Distribusi Ke Berbagai Negara

Salah satu karakter perusahaan multinasional yang ada, mereka memiliki jalur distribusi ke berbagai negara dengan sangat baik. Sehingga proses distribusi bisa dilakukan dengan baik dengan sistem yang professional dan juga sistem canggih.

Anak Cabang dan Perusahaan di Luar Negeri

Sudah pasti bahwa setiap perusahaan multinasional memiliki anak cabang atau anak perusahaan di luar negeri. Meskipun begitu, biasanya produk atau jasa yang ditawarkan akan menyesuaikan dengan budaya atau kultur negara setempat agar lebih mudah diterima oleh pasar lokal.

Modal Besar

Tentu sebagai perusahaan multinasional, setiap perusahaan memiliki kontrol modal yang cukup besar. Modal yang besar akan memudahkan perusahaan dalam mengembangkan perusahaan atau brand di negara tersebut dengan lebih baik dan sesuai dengan ekspektasi.

Memiliki Visi Misi Mendunia

Kehadiran anak perusahaan di luar negeri, membuat perusahaan multinasional memerlukan visi misi yang mendunia dan menyesuaikan dengan karakteristik masyarakat dunia. Mereka tidak lagi sekedar menjunjung nilai-nilai dari negara asal.

Teknologi

Penggunaan teknologi di perusahaan multinasional pun tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan pada umumnya. Teknologi yang canggih yang dimiliki memungkinkan perusahaan induk bisa memantau aktivitas perusahaan di seluruh dunia. Sehingga lebih mudah dalam mengatasi setiap ada kekeliruan.

Transaksi Besar

Jumlah transaksi yang dilakukan dalam perusahaan multinasional mungkin bukan puluhan atau ratusan juta. Melainkan hingga puluhan miliar dalam satu hari. Transaksi akan menunjukan betapa besarnya jumlah produksi, distribusi, dan penjualan produk itu sendiri.

Pegawai Asing

Ciri khas perusahaan multinasional, banyak dari pegawai yang bekerja adalah orang-orang asing. Terutama yang menduduki posisi top management. Mereka biasanya berasal dari asal negara perusahaan multinasional tersebut.

Deretan Perusahaan Multinasional Asal Indonesia

Di Indonesia memang memiliki cukup banyak perusahaan multinasional. Ada Sebagian perusahaan yang benar-benar didirikan oleh anak bangsa dan kini telah menjadi perusahaan multinasional. Bahkan produk mereka cukup dikenal di masyarakat luar negeri. Siapa saja perusahaan multinasional di Indonesia?

Semen Indonesia

Perusahaan pertama yang membanggakan asal Indonesia adalah perusahaan Semen Indonesia. Semen Indonesia bahkan menobatkan menjadi perusahaan dengan kapasitas produksi paling besar di Asia Tenggara, 53 ton per tahun. Bahkan Semen Indonesia sudah membuka beberapa pabrik di luar negeri.

Garudafood

Buat kalian para pecinta cemilan pasti mengenal perusahaan dan brand dari perusahaan ini. Ternyata nama besar Garudafood tidak hanya eksis di Indonesia loh. Garudafood telah masuk dalam daftar perusahaan asal Indonesia yang sudah memiliki anak perusahaan di luar negeri. Membuat Garudafood masuk dalam jajaran perusahaan multinasional asal Indonesia.

Indofood

Perusahaan asal Indonesia berikutnya yang masuk dalam jajaran perusahaan multinasional adalah Indofood. Perusahaan ini memiliki cukup banyak produk, yang paling terkenal tentu produk dari mie instan Indomie.

Pangsa pasarnya pun tidak hanya di Indonesia, namun nama Indomie sudah dikenal di beberapa negara duni. Baik itu Asia, Eropa, Afrika, hingga benua Amerika.

Baca Juga: 12 Kesalahan Seorang Pemimpin Dalam Perusahaan yang Jarang Disadari

Gojek

Perusahaan yang mungkin saja baru merilis anak perusahaan di luar negeri berasal dari perusahaan teknologi, yaitu Gojek. Kehadiran Gojek di Indonesia menjadi hal yang luar biasa di Indonesia. Saat ini, Gojek telah merampungkan beberapa perusahaan mereka di wilayah Asia Tenggara. Baik itu di Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia. Mereka sudah menjadi perusahaan teknologi berstatus Unicorn dan telah menjadi perusahaan multinasional. Beberapa anak perusahaan juga berada di luar negeri. Bahkan Traveloka sempat melakukan akuisisi perusahaan serupa di Malaysia, dan Vietnam. Selain itu, Traveloka juga memiliki kantor di India.

Demikian beberapa informasi mengenai perusahaan multinasional asal Indonesia. Semoga artikel ini membuat kita semakin bangga dengan perusahaan-perusahaan lokal yang telah menjelma menjadi perusahaan internasional.

 

Related posts

5 Masalah yang Membuat Bisnis berjalan Lambat

Fattah Miyaz

Manfaat Aplikasi POS untuk Bisnis

mimin ABC kotaraya

Fifo atau Average? Manakah yang Menguntungkan untuk Usaha Dagang

Efi Nofitri

Leave a Comment