ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

12 Kesalahan Seorang Pemimpin Dalam Perusahaan yang Jarang Disadari

Kesalahan adalah hal biasa yang dilakukan oleh setiap manusia di semua lini kehidupan. Termasuk dalam organisasi professional seperti di Perusahaan atau bisnis. Meskipun Anda seorang pemimpin, tidak mungkin Anda akan selalu benar. Anda juga akan melakukan kesalahan yang cukup sering Anda temui maupun Anda lakukan terhadap staff atau bawahan Anda. Kita akan bahas berbagai kesalahan seorang pemimpin dalam perusahaan yang jarang disadari.

Menjadi seorang pemimpin memang bukan tugas mudah. Anda harus menjadi seorang teladan yang bisa memberikan contoh kepada staff Anda yang lain. Bahkan kepada pemimpin lainnya. Anda harus bisa bersikap bijaksana terhadap setiap kesalahan yang telah Anda lakukan dan mau memperbaiki kesalahan tersebut demi perkembangan bersama.

Apa saja kesalahan seorang pemimpin dalam manajemen yang jarang disadari?

Komunikasi yang Buruk

Kesalahan pertama yang sering sekali dilakukan para pemimpin dalam perusahaan. Komunikasi bukan sekedar membicarakan tugas kepada bawahan. Komunikasi menjadi kunci keberhasilan dalam organisasi. Memang komunikasi yang baik itu tidak mudah, terutama komunikasi dalam penyampaian ide dan gagasan. Anda harus selalu belajar komunikasi kepada bawahan.

Baca Juga : 10 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Sebagai Pemimpin

Kesalahan komunikasi seperti melanggar etika berkomunikasi. Seperti ketika ada bawahan Anda sedang menjelaskan ide dan gagasan mereka, Anda mendengarkan tidak serius dengan bermain ponsel atau memotong pembicaraan ketika salah seorang sedang berbicara.

Maksud dari komunikasi disini, bukan sekedar menyampaikan keinginan Anda dalam ruang meeting. Tetapi bagaimana cara Anda bisa menjalin hubungan dengan bawahan Anda, tidak melulu soal kerjaan. Anda bisa membicarakan berbagai hal diluar pekerjaan yang memang bisa mencairkan suasana dan menimbulkan sikapakrab antara Anda dan staff.

Tidak Mempercayai Staff

Kesalahan seorang pemimpin
Source: https://theconversation.com/

Kesalahan seorang pemimpin dalam perusaaan yang sering terjadi, tidak percaya terhadap bawahan. Akibatnya, Anda akan terlihat selalu mengatur bawahan. Buruknya, hal ini berdampak negatif terhadap kinerja staff yang akan berimbas pada kinerja perusahaan.

Cobalah untuk selalu mengarahkan bawahan dengan baik, lalu berikan mereka motivasi ketika mereka salah melakukan sesuatu. Biarkan bawahan melakukan inovasi terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Hal ini akan memudahkan bawahan dalam berkembang.

Tidak Membagikan Visi Perusahaan

Sudah sewajarnya setiap pemimpin harus membagi visi atau tujuan yang ingin mereka capai. Banyak loh pemimpin yang tidak mau membagi visi organisasi atau bisnis mereka kepada bawahan, hanya karena takut visi tersebut dicuri dan bawahan Anda resign untuk membawa visi tersebut keluar.

Membagikan visi bisnis atau perusahaan kepada staff merupakan hal penting. Staff Anda akan bisa menerjemahkan hal tersebut dalam sebuah strategi atau inovasi sesuai dengan tujuan Anda. Jika ada kesalahan sedikit, Anda bisa segera mengoreksinya dengan lebih baik dan lebih mudah. Dengan demikian, anggota Anda akan menetapkan target yang akan mereka kejar.

Mengurus Hal-Hal Sepele

Selain tidak membagikan visi dan misi bisnis, kesalahan seorang pemimpin dalam perusahaan yaitu mengerjakan hal-hal sepele. Sering sekali hal ini disebabkan, pemimpin tidak tahu hal apa yang harus mereka selesaikan. Terutama bagi mereka yang mungkin bergerak dari bawah. Biasanya diawal akan sulit dalam beradaptasi berperan sebagai pemimpin.

Mengurus hal kecil biasanya dikarenakan adanya ketidakpercayaan Anda terhadap orang yang seharusnya bertanggung jawab dalam mengelola hal tersebut. Hingga membuat Anda sendiri yang harus turun dalam mengurusi hal tersebut.

Cobalah untuk menghindari kesalahan seorang pemimpin dalam perusahaan. Biarkan urusan kecil atau sepele di dalam perusahaan menjadi tanggung jawab staff Anda.

Tak Pernah Memberi Contoh

Ketika Anda masuk dalam ranah professional, sering sekali sebagai pemimpin bersikap seenaknya dalam membuat aturan kepada bawahan. Dan aturan tersebut harus diikuti oleh setiap bawahan, jika tidak maka bawahan harus siap menerima sanksi yang telah Anda tetapkan.

Namun, kekeliruan seorang pemimpin dalam perusahaan atau bisnis sering terjadi dari segi aturan. Mereka membuat aturan , namun sebagai seorang atasan, Anda tidak mau mematuhinya. Padahal, aturan yang dibuat harusnya berlaku untuk semua pihak. Baik itu Anda sebagai atasan maupun bawahan Anda.

Anda harus ingat, biasanya anggota tim akan memperhatikan gaya pemimpinnya. Jadi berikanlah sesuatu yang baik dalam organisasi. Hindari kesalahan-kesalahan sebagai seorang pemimpin yang menimbulkan preseden buruk terhadap bawahan.

Jarang Berkumpul Bersama Tim

Kesalahan seorang pemimpin dalam kehidupan professional seperti di perusahaan atau dalam bisnis. Sering sekali mereka tidak mau berkumpul bersama tim diluar urusan pekerjaan. Padahal ini penting loh untuk menjaga hubungan dengan tim Anda.

Anda bisa saja mengajak tim untuk sekedar ngobrol santai sambil minum kopi diluar kantor atau sekedar berolahraga seperti futsal dan badminton. Momen ini menjadi sangat penting untuk Anda lakukan sebagai seorang pemimpin. Cara seperti ini akan membuat anggota tim Anda tidak canggung terhadap Anda sebagai pemimpin.

Berpikir Emosional

Kesalahan seorang pemimpin dalam perusahaan
Source: https://priorityonepayroll.com/

Kesalahan yang dilakukan oleh atasan dan jarang sekali disadari adalah menggunakan perasaan dalam mengambil keputusan. Hal ini memang tidak salah, tetapi yang harus Anda ketahui, berpikir emosional dalam dunia kerja atau perusahaan bukan hal yang harus dilakukan.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mampu mengambil keputusan dan strategi berdasarkan data, fakta, dan logika yang ada. Hindari berpikir dengan mengikuti emosional Anda. Jika Anda hanya mengikuti perasaan, ini akan membuat bawahan Anda bingung dan tidak pernah yakin dengan rencana maupun keputusan yang Anda lakukan.

Jangan pernah mengambil keputusan hanya karena Anda merasa melakukan hal tersebut sesuai dengan mimpi atau keinginan Anda saja. Tapi cobalah untuk mendiskusikan setiap keputusan kepada tim sebelum ketuk palu.

Membedakan Staff

Ketidaksukaan Anda terhadap salah satu staff secara pribadi jangan pernah Anda ungkapkan atau tunjukan kepada siapapun. Biar Anda saja yang tahu. Seorang pemimpin yang tidak suka dengan salah seorang staff hanya karena urusan pribadi, akan menumbalkan kepentingan perusahaan.

Sering sekali seorang pemimpin memiliki rasa tidak suka terhadap bawahan hanya karena urusan pribadi. Sebaiknya, Anda tidak melakukan hal ini dihadapan staff lain. Apa lagi ketika Anda terlihat baik dengan staff lain dibandingkan dengan seorag staff yang Anda tidak sukai.

Ingat, bisa saja seorang staff yang Anda sukai menceritakan apa yang Anda rasakan kepada staff yang tidak Anda sukai. Imbasnya kepada pekerjaan kantor yang mungkin akan menganggu produktivitas karyawan itu sendiri.

Tidak Pernah Memberikan Motivasi

Memang salah satu tugas seorang pemimpin harus mampu memberikan motivasi kepada setiap bawahan. Kesalahan seorang pemimpin yang sering ditemui, mereka tidak mau memberikan motivasi kepada para karyawan. Padahal karyawan Anda perlu motivasi dari Anda, bukan sekedar mendapatkan perintah dari Anda.

Seorang pemimpin harus mampu memberikan motivasi kepada seluruh bawahan. Sehingga mereka akan mampu bekerja dengan efektif dan produktivitas mereka bertambah dengan baik. Teruslah memberikan motivasi dan inovasi kepada anggota tim, terutama saat masa sulit. Bukan hanya menekan mereka.

Baca Juga : 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri
Source: Inc.com

Kesalahan seorang pemimpin dalam organisasi berikutnya adalah mengenai kurangnya percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri. Padahal, Anda ditunjuk menjadi seorang pemimpin karena ada rasa percaya dari bawahan Anda terhadap kemampuan yang Anda miliki.

Kepercayaan diri sangat diperlukan ketika Anda menjadi seorang pemimpin. Anda akan menjadi seorang yang mungkin bisa membawa perusahaan lebih berkembang. Meskipun diawal akan banyak kesalahan yang mungkin Anda lakukan, jangan sampai hal tersebut malah membuat Anda kendur.

Salah Mengambil Keputusan

Kesalahan seorang pemimpin dalam perusahaan yang mungkin paling buruk adalah salah mengambil keputusan. Pengambilan keputusan memang harus dipikirkan secara matang dan menjadi keputusan bersama. Jangan sampai Anda mengambil keputusan hanya mengikuti feeling yang Anda rasakan.

Ajaklah tim berdiskusi dalam mengambil keputusan. Sehingga Anda tidak salah langkah dan berdampak buruk terhadap kinerja perusahaan kedepan. Cara ini bisa Anda lakukan dengan selalu belajar dari pemimpin-pemimpin lainnya dalam mengambil keputusan yang memang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kurang Rendah Hati

Ego seseorang akan meningkat ketika mereka mendapatkan posisi diatas atau mendapatkan posisi tertentu yang mengangkat derajat mereka dalam kehidupan. Sering sekali para pemimpin yang telah ada di posisi atas kurang rendah hati.

Kesalahan ini banyak ditemui pada pemimpin-pemimpin yang baru saja naik jabatan. Ketika Anda mengalami kegagalan, jangan takut untuk mengungkapkan kepada staff Anda. Seorang pemimpin yang baik tidak takut untuk mengungkapkan kelemahan mereka.

Kelemahan yang Anda miliki harus ditopang oleh staff Anda yang mampu menutupi kelemahan Anda. Sehingga Anda dan tim bisa berkembang bersama dan maju bersama dalam tugas yang Anda lakukan secara bersama.

Demikianlah daftar kesalahan seorang pemimpin dalam perusahaan yang sering sekali ditemui. Mungkin saja Anda sebagai seorang pemimpin pernah mengalami salah satu atau beberapa kesalahan yang terjadi diatas. Kesalahan yang terjadi harus segera diperbaiki untuk kemajuan bersama.

Related posts

Peran Influencer dalam mengembangkan bisnis

Annisa

6 Cara Mengendalikan Amarah Saat Meeting

Fattah Miyaz

Penyebab, Penyebaran, Serta Pencegahan Virus Corona

Siti

Leave a Comment