ABCkotaraya.id
Image default
HR

7 Cara Mengatasi Konflik Karyawan Di Kantor

Konflik antar karyawan di kantor mungkin menjadi hal biasa bagi beberapa perusahaan. Perbedaan ide dan pendapat terhadap sebuah visi dan tujuan menjadi pemicu. Namun, konflik yang berkelanjutan akan membuat perusahaan sulit untuk bergerak. Lakukanlah beberapa tips yang bisa Anda coba sebagai pemimpin dalam mengatasi konflik karyawan di kantor.

Ketika konflik terjadi berlarut-larut akan berdampak sangat buruk terhadap perusahaan. Si karyawan mungkin akan malas bekerja atau masuk kantor. Karena ia malas bertemu dengan rekan kerja yang lain. Memang sejak awal, karyawan yang mengalami konflik harus bersikap professional.

Tetapi tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Mungkin beberapa tips berikut ini akan membantu Anda sebagai pemimpin untuk bisa mengatasi setiap konflik internal yang terjadi di perusahaan. Terkadang, karyawan mengalami konflik disebabkan oleh masalah internal perusahaan maupun permasalahan pribadi mereka.

Mengatasi Konflik Karyawan Di Kantor

Ketika Anda menjadi seorang pemimpin dan menemukan konflik antar karyawan, Anda harus bersikap netral terhadap keduanya. Tidak boleh memihak, agar karyawan merasa Anda berada pada posisi tengah.

Segera Selesaikan

Saat Anda menemukan adanya konflik antar karyawan, Anda harus segera menyelesaikan konflik yang terjadi. Jangan membiarkan konflik berlarut, agar tidak membuat kondisi konflik semakin tegang dan bertambah buruk.

Apabila Anda menemukan konflik atau adanya laporan, segera tuntaskan konflik tersebut dengan baik. Sehingga tidak akan menganggu aktivitas pekerjaan karyawan. Sebagai pemimpin jangan pernah berharap konflik meredam dengan sendirinya.

Lakukan Pembicaraan Empat Mata

Mengatasi Konflik Karyawan Di Kantor dengan Mengajak Bicara Empat Mata
Source: https://magazine.job-like.com/

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi konflik karyawan dengan melakukan pembicaraan empat mata dengan karyawan yang sedang berkonflik. Anda jangan memanggil keduanya terlebih dahulu. Atau jika terjadi kubu-kubuan, Anda harus bisa menemukan salah satu yang dianggap provokator pada setiap kubu.

Coba ajak mereka ngobrol. Tanyakan apa yang menyebabkan mereka berkonflik. Anda bisa mengajak mengobrol di ruangan Anda maupun mengobrol diluar agar lebih rileks dan santai. Cara ini terbilang cukup ampuh.

Setelah Anda mengobrol dengan satu pihak, ajak kembali mengobrol pihak yang lain. Agar Anda mendapatkan informasi yang netral dari kedua pihak yang bertikai. Dengan mengobrol secara empat mata Anda akan memetakan masalah dengan baik.

Ketika informasi dari kedua pihak sudah diperoleh, Anda bisa segera mencari solusi agar konflik meredam dan perusahaan bisa berjalan kembali dengan baik dan sesuai apa yang telah di rencanakan sebelumnya.

Ajak Berbicara Kedua Belah Pihak

Setelah Anda mengajak berbicara secara empat mata pihak-pihak yang berkonflik, kini waktunya Anda mencoba untuk berbicara kepada keduanya secara bersamaan. Disitu, biarkan keduanya berargumen mengenai masalah yang mereka hadapi berdasarkan pada versi masing-masing pihak.

Berikan porsi waktu yang sama pada kedua pihak. Misal satu orang berbicara 10 menit dan satu orang lainnya 10 menit. Usahakan untuk mengobrol di tempat private. Baik di ruangan Anda atau di ruang meeting tanpa ada yang boleh melihat kondisi tersebut.

Pemimpin Wajib Menjadi Pendengar yang Baik

Mengatasi konflik di kantor memang bukan perkara mudah. Saat masing-masing pihak memberikan penjelasan dengan versi masing-masing. Sebagai pemimpin, Anda harus mampu menjadi pendengar yang baik. Jangan memotong pembicaraan mereka, saat salah seorang sedang berbicara. Anda boleh memotong pembicaraan, jika keduanya terlibat debat saat Anda mengkonfirmasi.

Pastikan Anda memahami setiap masalah dan apa yang menjadi ganjalan dari masing-masing pihak. Ajukan pertanyaan klarifikasi ketika mereka sudah selesai menjelaskan masalah mereka masing-masing. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menemukan solusi untuk menyelesaikan konflik bersama.

Perbaiki Komunikasi Antar Karyawan

Setelah Anda mengetahui adanya konflik karyawan, kini waktunya Anda harus berpikir menghindari terjadinya konflik-konflik lainnya. Cobalah untuk memperbaiki komunikasi antar karyawan. Komunikasi karyawan, selain untuk meningkatkan produktivitas, komunikasi bisa membantu karyawan terhindar dari konflik.

Anda juga bisa melakukan kegiatan diluar pekerjaan untuk menjaga hubungan karyawan dengan baik. Misal setiap Jumat selesai jam kerja, ajak karyawan untuk berolahraga. Seperti futsal, badminton, maupun sekedar olahraga lari sore disekitar kantor.

Cara tersebut bisa menjadi langkah untuk mengatasi konflik karyawan di kantor. Dengan acara ini karyawan pun bisa lebih mengenal karyawan lain dengan baik.

Manajemen Konflik

Dalam perusahaan manajemen konflik sangat penting untuk menyelesaikan berbagai masalah. Agar masalah tidak terjadi, ada baiknya perusahaan Anda memiliki peraturan yang jelas terhadap setiap situasi dan kondisi.

Anda bisa membuat peraturan atau SOP (Standar Operating Procedure) yang sesuai dengan aturan pada perusahaan Anda. Dengan adanya aturan yang jelas mengenai konflik, hal ini bisa menghindari terjadinya konflik karyawan di kantor.

Meminta Karyawan Untuk Saling Memaafkan

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meredam konflik, mintalah setiap pihak konflik saling memaafkan atas apa yang pernah terjadi. Berikanlah masukan bahwa sikap rendah hati menjadi kunci utama dalam meredam konflik yang terjadi antar karyawan.

Sebagai pemimpin Anda harus memastikan pihak yang bertikai mau saling memaafkan agar tidak ada dendam diantara mereka. Sehingga produktifitas di kantor tetap berjalan dengan baik. Ajarkan kepada karyawan, kalau berbeda argumen hingga panas dalam meeting itu hal biasa. Setelah keluar ruang meeting, jangan lagi membawa hal tersebut.

Nah itulah beberapa cara yang bisa ABC Kota Raya Sampaikan dalam meredam konflik karyawan di kantor. Konflik antar karyawan memang agak sulit untuk dihindari. Tetapi dengan sentuhan berbeda, Anda bisa meredam terjadinya konflik. Mungkin Anda memiliki tips lain dalam mengatasi konflik karyawan, bisa sharing dalam media sosial kami.

Leave a Comment