ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

9 Trik Sukses Bisnis Makanan Online Rumahan Jadi Laris

Saat ini bisnis makanan menjadi potensial income yang luar biasa bagi sebagian orang. Bisnis kuliner masuk menjadi bisnis yang tidak ada matinya. Bahkan pertumbuhan bisnis kuliner cukup melesat setiap tahun. Di tengah pandemi saja, industri makanan dan minuman masuk dalam sektor yang mampu tumbuh, pertumbuhannya mencapai 0,22 persen di triwulan II 2020. Memulai bisnis kuliner bukan perkara mudah, Anda perlu beberapa tips agar sukses bisnis makanan online rumahan.

Bisnis makanan menjadi salah satu bisnis pilihan masyarakat selama 2020. Terlebih, banyak aktivitas yang dilakukan di rumah. Daripada hanya berdiam diri, banyak masyarakat terutama ibu-ibu akhirnya mencoba untuk melakukan hobi mereka, salah satunya dengan memasak.

Hasil masakan tidak hanya untuk konsumsi sendiri. Melainkan juga untuk dijual kepada kerabat dan sahabat terdekat. Mungkin ke tetangga juga. Namun, jika Anda ingin menjalankan bisnis kuliner rumahan dengan serius, ada beberapa langkah yang wajib dilakukan demi hasil memuaskan.

Baca Juga: 5 Rahasia yang Jarang Dipahami Dalam Berbisnis Kuliner di Sekitar Kampus

Tips Sukses Bisnis Makanan Online Rumahan

Hampir semua orang butuh makanan. Membuat bisnis makanan selalu menjadi daya pikat luar biasa. Jika Anda mampu membuat makanan yang lezat dan menggoda selera, Anda akan menghasilkan cuan yang besar dari sektor ini. ABC Kota Raya akan membantu Anda untuk sukses berbisnis kuliner.

Tentukan Jumlah Modal

Meskipun Anda hanya menjalankan bisnis secara iseng-iseng saja. Namanya bisnis, harus tetap menghitung modal yang Anda punya untuk diputarkan. Anda harus mencoba untuk menyiapkan modal untuk berbelanja bahan baku, berbagai kebutuhan, hingga keperluan lainnya untuk usaha Anda.

Mungkin Anda juga akan membeli peralatan memasak baru untuk memudahkan Anda dalam memproduksi kuliner untuk dijual. Sehingga Anda bisa lebih menghitung modal Anda dan kebutuhan Anda ke depannya.

Modal sangat penting untuk keberlangsungan setiap bisnis. Meskipun bisnis Anda masih kecil, Anda harus tetap memiliki modal sebagai perputaran arus kas. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Lite untuk memudahkan setiap proses transaksi yang berjalan.

Dengan fitur sederhana dan sangat cocok untuk usaha kecil rumahan seperti Anda, Accurate Lite menjadi pilihan aplikasi akuntansi masa kini bagi para pemilik bisnis rumahan. Accurate Lite juga bisa mencetak struk langsung dari aplikasi yang terkoneksi ke printer thermal. Tentu akan memudahkan Anda dalam mencetak struk.

Buat Bussiness Plan

Bussiness plan untuk bisnis makanan online rumahan
Source: Score.org

Berawal dari bisnis rumahan, bukan berarti Anda tanpa business plan. Bussiness plan ini merupakan sebuah dokumen tertulis yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis ke depan.

Dalam bussiness plan akan berisi strategi-strategi penjualan dan pemasaran yang akan diterapkan selama bisnis, kondisi keuangan secara rinci yang tercatat dalam business plan tersebut. Ada yang mengatakan bahwa business plan merupakan dokumen yang berisi bagaimana bisnis akan di bangun secara lengkap dengan rencana tujuan apa saja yang ingin Anda dapatkan.

Promosikan

Pertama dan yang tak boleh terlupakan, Anda jangan lupa untuk melakukan promosi bisnis kuliner Anda. Melakukan promosi memang bukan hal mudah, bukan juga hal sulit. Butuh keberanian dan percaya diri untuk melakukannya, terlebih diawal-awal.

Tanpa promosi tentu akan sulit bisnis Anda dikenal orang banyak. Meskipun sekedar promosi dengan membuat story atau feed di sosial media mungkin itu menjadi langkah yang harus Anda lakukan demi mencapai hasil yang optimal.

Selalu Menjaga Cita Rasa

Bisnis kuliner tak lepas dari cita rasa, selain harga kunci sukses bisnis kuliner online rumahan adalah menjaga cita rasa. Konsumen akan selalu membeli produk-produk makanan dengan cita rasa selera tinggi atau dibilang ‘enak’.

Ketika cita rasa yang ditawarkan sudah sangat cocok dengan konsumen, Anda akan mendapatkan konsumen loyal. Inilah pentingnya. Untuk menjaga cita rasa, cobalah untuk bertanya kembali kepada konsumen yang telah mencicipi kuliner Anda.

Mintalah review dari mereka dengan jawaban jujur. Jangan sampai mereka berbohong hanya karena takut Anda kecewa atau untuk menjaga perasaan Anda. Bisnis kuliner sangat penting menjaga cita rasa untuk kesuksesan bisnis Anda. Jika ada rasa yang tidak sesuai Anda bisa merubah rasanya.

Mungkin Anda akan menemukan berbagai karakter konsumen. Mulai dari konsumen yang ingin rasa lebih manis, tidak menggunakan MSG, hingga menjaga tekstur kuliner yang Anda buat menjadi kunci penting.

Tentukan Target Pasar

Semua bisnis tidak bisa menargetkan semua orang untuk membelinya. Termasuk bisnis kuliner, Anda harus tahu siapa sasaran konsumen yang Anda incar. Memang rata-rata para konsumen bisnis kuliner kalangan ‘emak-emak’. Setelah Anda tahu kalangan tersebut, Anda harus mengetahui strata sosial mereka. Sehingga memudahkan dalam menentukan harga jual.

Manfaatkan Aplikasi Jualan Online

Saat ini Anda bisa berjualan kuliner rumahan menggunakan aplikasi jualan online selain marketplace. Layaknya Anda memiliki toko sendiri, Anda bisa menggunakan aplikasi jualan online seperti GoJek dan Grab.

Selain melayani jasa transportasi online dan pengantaran online, kita juga tahu bahwa Gojek dan Grab memiliki layanan pengantaran makanan atau aplikasi khusus berjualan makanan. Banyak kuliner yang sebelumnya tidak dikenal setelah bergabung di Gojek dan Grab mereka langsung terkenal dan konsumennya terus bertambah.

Terlebih dengan memanfaatkan aplikasi, Anda tidak perlu lagi berjualan dengan menyewa atau menggunakan lokasi semacam kios atau menyewa foodcourt, Anda bisa memulainya hanya dari rumah saja. Tentu ini akan menekan biaya operasional Anda.

Baca Juga: Accurate Online Bisa Jadi Pahlawan Pengusaha Kuliner Di Indonesia

Gunakan Sosial Media

Sosial media bisa menjadi pilihan terbaik untuk pemasaran bisnis makanan online rumahan yang Anda jalankan. Manfaatkan sosial media untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Tentu di sosial media, Anda tidak hanya sekedar memposting foto makanan yang Anda jual. Namun Anda juga perlu menerapkan strategi yang tepat dalam sosial media. Misal, Anda memiliki karakter postingan di sosial media yang mudah diingat oleh konsumen Anda.

Anda juga harus memperbanyak aktivitas yang bisa mendorong engagement lebih banyak dalam sosial media Anda. Tentu hal ini akan berujung terhadap banyak lead hingga mencapai pertumbuhan konsumen yang Anda dapatkan dari sosial media.

Ikutan Bazar

Source: siarandepok.com

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk sukses bisnis makanan online rumahan dengan mengikuti bazar. Cukup banyak bazar-bazar yang bisa Anda ikuti. Mulai dari bazar yang dilakukan setiap weekend maupun bulanan di sekitar lingkungan Anda. Maupun bazaar yang bisa Anda ikuti di Mall ataupun bazaar kuliner yang biasa dilakukan tingkat kota.

Biasanya bazaar cukup efektif dalam membantu Anda mendapatkan lebih banyak konsumen yang jarang aktif di sosial media loh. Anda bisa mendapatkan mereka dan mungkin ada satu dua pengunjung yang akan menjadi konsumen setia.

Selalu Ramah Kepada Setiap Orang yang Bertanya

Kalau ada orang yang bertanya tanpa membeli terkadang cukup menjengkelkan bukan? Apa lagi kalau pertanyaannya sudah cukup banyak, pas di akhir mereka tidak jadi membeli. Ets, jangan khawatir bisa saja orang tersebut sedang ingin mengetahui produk Anda saja. Mungkin mereka akan menjadi pelanggan loyal di masa depan loh.

Bersikap ramahlah kepada setiap orang yang bertanya. Jangan menyepelekan mereka. Bisa saja mereka akan menjadi ‘influencer’ Anda ke depannya. Nah, dengan bersikap ramah menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda ke depan loh.

Demikianlah beberapa tips bisnis makanan online rumahan yang bisa Anda coba lakukan. Semoga tips ini akan membantu Anda bisa berkembang lebih maju dalam menjalankan bisnis online. Jangan pernah ragu untuk selalu berinovasi untuk perkembangan bisnis ke depan.

Related posts

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan di Tahun 2020

Fattah Miyaz

Fifo atau Average? Manakah yang Menguntungkan untuk Usaha Dagang

Efi Nofitri

Mengelola Usaha lebih Mudah dengan Accurate Online

Eka

Leave a Comment