ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

5 Bisnis untuk Pemula yang Mudah Dijalankan

Bagi Sebagian orang, berbisnis adalah hal yang menyulitkan. Pertanyaan yang sering muncul darimana modal untuk bisnis, hingga kemana harus mencari supplier bisnis. Dua alasan klasik yang sering muncul tersebut terkadang menjadi penghambat seseorang memulai bisnis. Namun, jika Anda baru ingin memulai bisnis, Anda bisa memulai beberapa bisnis untuk pemula yang mudah dijalankan.

Saat terjun pertama kali ke dunia bisnis, rasa khawatir mengenai bisnis mungkin saja akan terjadi. Banyak hal yang perlu dilakukan agar bisnis bisa selalu berkembang setiap harinya. Hal seperti ini wajib diperhatikan saat baru-baru memulai bisnis.

Tidak mudah memang memulai bisnis, terlebih jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali. Tetapi jangan takut akan hal itu, jika Anda yakin Anda pasti bisa melewati hal-hal tersebut. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini saat baru memulai bisnis:

  • Membuka Mindset
  • Memperhatikan peluang
  • Inovasi
  • Perhatikan persaingan
  • Menyusun Strategi

Setelah melihat itu, ada beberapa ide bisnis untuk pemula yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis. Ide bisnis berikut juga tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan Anda mungkin bisa memulainya tanpa modal. Alias menjual dulu, kalau terjual baru bayar. Emang ada? Ada! Sampai saat ini masih cukup banyak bisnis yang seperti itu loh. Berikut daftar ide bisnis untuk pemula yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Ekspansi dan Investasi : Mana yang harus Didahulukan untuk Bisnis?

Bisnis Franchise

Franchise ide bisnis untuk pemula yang mudah dilakukan
Source: Digitalconnectmag.com

Bisnis pertama yang bisa Anda coba adalah bisnis franchise. Tentunya bisnis satu ini cukup banyak diminati di Indonesia. Sudah banyak brand-brand yang membuka franchise. Jadi setiap orang memiliki peluang yang sama untuk membuka bisnis ini. Tetapi biasanya, mereka menerapkan jarak antar gerai yang sudah ada. Pastikan jika Anda ingin membuka franchise, tempat tersebut belum terdapat franchise dari brand yang sama.

Pada prinsipnya bisnis franchise atau dalam bahasa Indonesia disebut waralaba adalah sistem bisnis kerjasama atau kemitraan dengan pemilik brand yang sudah cukup terkenal. Mengapa bisnis franchise layak untuk pemula? Umumnya bisnis franchise sudah memiliki nama brand yang dikenal luas masyarakat, Anda tidak perlu sulit dalam menawarkan kepada khalayak luas.

Sebenarnya bisnis franchise menjadi bisnis yang sudah ada sejak lama. Namun, banyak masyarakat yang menganggap bisnis franchise hanya dilakukan oleh bisnis-bisnis skala besar dan untuk menjadi salah satu mitranya harus membayar dana hingga miliaran rupiah. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan-perusahaan yang membuka layanan franchise dengan modal terjangkau.

Jasa Titip

Pernah dengar bisnis jasa titip? Bisnis satu ini juga menjadi bisnis primadona bagi sebagian orang dan cocok untuk para pebisnis pemula. Sebab bisnis jasa titip tidak memerlukan modal besar, bahkan modal yang digunakan bisa dari orang yang ingin membeli produk.

Pada prinsipnya bisnis jasa titip, Anda membelikan barang dari dalam ataupun luar negeri. Barang yang di beli bisa berupa pakaian, makanan, dan juga jenis oleh-oleh lainnya yang memang sangat sulit mendapatkannya ditemapt lain. Biasanya target marketnya adalah orang-orang yang ingin membeli suatu, tetapi barang tersebut hanya ada di kota atau negara tertentu saja. Sehingga untuk mendapatkannya cukup sulit.

Nah, bisnis jasa titip ini bisa menjadi peluang untuk Anda. Jika Anda berada di kota yang memiliki produk atau oleh-oleh yang tidak ditemukan di kota lain. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan. Anda cukup bekerjasama dengan pemilik produk untuk memasarkan produknya.

Menjadi Reseller

Reseller menjadi satu profesi yang cukup diminati di era digital. Meskipun sebenarnya bisnis reseller ini telah ada sejak lama. Mungkin hanya Namanya saja yang berbeda. Menjadi reseller saat ini bisa menjadi peluang bisnis untuk pemula yang ingin mencoba membangun usaha.

Bisnis reseller, Anda cukup memasarkan produk milik orang lain. Umumnya tidak perlu membeli produk dari pemilik produk, tetapi Anda bisa mengambil produk terlebih dahulu, ketika produk laku baru Anda membayarnya kepada pemilik produk. Cara ini sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa modal sama sekali loh.

Menjual Jasa

Nah, yang keempat ini adalah salah satu bisnis yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki kemampuan dalam suatu bidang tertentu, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadikan peluang bisnis.

Misal, Anda memiliki kemampuan menjadi seorang ahli bangunan. Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa tukang. Anda mampu membuat desain untuk materi promosi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa desain grafis. Serta masih banyak kemampuan-kemampuan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis.

Baca Juga: Selektif! 7 Tips Memilih Rekan Bisnis Terbaik

Makelar Properti

Menjadi Makelar properti
Source: gogetit.com

Bisnis selanjutnya yang bisa Anda coba dan memiliki untung yang cukup besar saat ini adalah dengan menjadi makelar properti. Profesi makelar properti saat ini cukup digandrungi oleh banyak orang, sebab hasilnya pun cukup besar. Dari satu properti yang terjual Anda bisa menghasilkan komisi yang cukup besar.

Mungkin ide bisnis untuk pemula dengan menjadi agen properti bisa Anda coba. Hal terpenting, Anda harus mengetahui mengenai spesifikasi bangunan, surat menyurat, hingga berbagai hal yang berkaitan dengan properti. Sehingga saat ada calon konsumen yang bertanya, Anda bisa menjelaskannya dengan mudah.

Menjadi makelar properti pun tidak memerlukan modal besar. Mungkin Anda hanya perlu modal bensin untuk berkeliling mencari properti yang ingin dijual. Anda juga memerlukan modal untuk kuota internet sebagai cara memasarkan bisnis Anda.

Itulah beberapa bisnis untuk pemula yang bisa segera dicoba tanpa memerlukan modal besar bahkan beberapa bisa dilakukan tanpa modal sama sekali. Hal terpenting Anda bisa memanfaatkan waktu Anda untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dan belajar berbisnis.

Related posts

5 Tren Investasi Setelah Pandemi yang Akan Mendominasi

yani

Adaptasi dan Inovasi, 6 Strategi Bisnis Di 2021 Demi Maksimalkan Pendapatan

yani

5 Masalah yang Membuat Bisnis berjalan Lambat

Fattah Miyaz

Leave a Comment