ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Selektif! 7 Tips Memilih Rekan Bisnis Terbaik

Memiliki rekan dalam bisnis memang akan sangat menyenangkan. Rekan bisnis akan membantu Anda ketika sedang membutuhkan solusi terhadap suatu permasalahan. Bisnis yang dijalankan bersama juga bisa menjadi lebih mudah dibandingkan harus melakukannya sendirian. Tetapi memilih rekan bisnis bukan perkara mudah, dan Anda harus selektif dalam memilihnya.

Mengajak orang lain ke dalam satu bisnis memang bukan sesuatu yang gampang. Perbedaan pendapat dan pemikiran bisa memutuskan hubungan Anda. Untuk itu,memilih rekan bisnis tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Setidaknya, Anda memiliki satu pemikiran yang sama dan ingin sukses bersama. Bukan sekedar mementingkan urusan masing-masing.

Baca Juga : 7 Tips Membangun Networking Bisnis yang Wajib Dicoba Oleh Pengusaha

Bagaimana memilih rekan bisnis yang saling menguntungkan?

Selalu Berkomunikasi

Ketika Anda menjalin hubungan dengan siapapun, termasuk dengan partner bisnis Anda harus bisa memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik akan membantu Anda menunjang kesuksesan bisnis. Jika tanpa komunikasi, tentu akan menyulitkan Anda. Komunikasi yang baik akan memudahkan Anda dalam membangun kepercayaan satu sama lain.

Perbedaan tidak akan menghalangi tujuan bersama Anda. Setiap masalah pun bisa diselesaikan dengan tangan terbuka dan hati yang lapang, ketika Anda dan rekan melakukan komunikasi yang baik.

Memiliki Tujuan Sama

Berikutnya yang harus Anda pahami bersama sejak awal membangun bisnis atau melakukan kerjasama bisnis bersama, kalian harus memiliki tujuan yang sama. Tujuan bisa berupa visi dan misi yang sama atau memang ingin sukses bersama. Bukan mementingkan urusan pribadi masing-masing.

Kesamaan ini tentu akan membantu Anda dalam mencapai goals yang diinginkan. Anda dan rekan akan saling mendukung, membantu, dan selalu membangun kekompakan demi mencapai impian kalian bersama. Untuk itu, mencari rekan bisnis harus dilakukan secara selektif, terutama dari segi pemikiran.

Memiliki Keahlian yang Berbeda

Tips Memilih rekan bisnis
Source : Pexels.com

Saat Anda ingin membangun bisnis atau menjalankan bisnis yang sudah ada dengan partner, harus memahami bahwa Anda wajib mendapatkan orang-orang yang memiliki talenta berbeda dengan Anda. Mengapa? Karena kalian akan menjalankan peran berbeda dalam bisnis.

Tentu hal ini sangat penting, ketika ada satu hal yang Anda tidak sanggup atau tidak bisa melakukannya, namun rekan Anda bisa melakukan Anda bisa menyerahkannya kepada rekan Anda tersebut. Begitupun sebaliknya. Perbedaan keahlian bukan membuat Anda saling perintah, melainkan untuk membantu menuju kepada kesuksesan bersama. Perbedaan juga akan membawa Anda pada pemikiran yang berbeda, sehingga ada banyak pilihan ketika ingin melakukan ekspansi.

Sudah Saling Kenal

Ada baiknya saat Anda membangun bisnis bersama, Anda dan partner bisnis sudah saling mengenal dengan baik. Hal ini penting, ketika ada satu masalah yang terjadi, Anda dan rekan bisnis sudah memiliki pemahaman mengenai karakter masing-masing. Tidak akan saling menyalahkan, melainkan saling mendukung satu sama lain.

Mengetahui Keterampilan Masing-Masing

Selain saling mengenal, saat Anda mencari rekan bisnis Anda juga harus mengetahui rekam jejaknya. apa keterampilan yang dimiliki calon rekan bisnis. Keterampilan yang dimiliki haruslah mendukung dengan bisnis yang kalian jalankan bersama. Tentu keterampilan bisa Anda perhatikan dari pengalaman rekan bisnis Anda tersebut. Sehingga akan memudahkan Anda dalam pembagian tugas ke depan.

Memiliki Etos Kerja dan Pembagian Tugas yang Jelas

Saat Anda menjalankan bisnis secara bersama, hal yang harus Anda perhatikan adalah etos kerja dan pembagian tugas. Kedua hal ini menjadi hal penting untuk menggapai kesuksesan bersama dan pembagian kerja yang baik.

Apa lagi, bisnis tidak mungkin Anda lakukan dalam satu dua malam saja, melainkan Anda harus melakukannya bersama-sama dalam waktu  yang lama. Etos kerja dan pembagian tugas akan membantu Anda menghindari ketimpangan tanggung jawab bersama. Sehingga semua pembagian tugas sudah ditentukan sejak awal.

Jujur dan Terbuka

Ketika Anda ingin menjalankan bisnis bersama, selain komunikasi hal yang paling penting adalah kejujuran dan keterbukaan. Kedua hal ini sangat penting dalam menjalankan bisnis secara bersama. Tentu bukan hanya rekan bisnis yang harus jujur dan terbuka, Anda pun juga harus seperti itu.

Kejujuran dan keterbukaan akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalin bisnis bersama. Jujur dan terbuka dalam segala hal yang Anda ketahui dan tidak ketahui, bagikan setiap apa yang terjadi dan masalah yang ada kepada rekan. Sehingga tidak memunculkan kecurigaan satu sama lain.

Baca Juga : Pentingnya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Membangun Bisnis

Penutup

Mungkin itu beberapa tips dari ABC Kota Raya buat Anda yang sedang mencari rekan bisnis. Memilih partner memang tidak mudah, semua harus dipikirkan dengan matang dan seksama. Jangan memilih partner hanya karena faktor tidak enak, hal tersebut belum tentu bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan bersama.

Untuk memudahkan bisnis Anda dan rekan, Anda harus menyiapkan sistem keuangan yang baik. Setidaknya Anda memiliki software akuntansi Accurate untuk memantau laju pertumbuhan bisnis Anda setiap waktu. Accurate bisa menjadi penilaian bagaimana kondisi bisnis Anda dan sebagai penentuan strategi yang akan digunakan berdasarkan kinerja keuangan bisnis Anda. Sehingga kesuksesan bersama bisa Anda capai. Semoga informasi ini membantu Anda semua yang sedang mencari rekan bisnis. Salam Sukses.

Related posts

Ingin Sukses? 8 Skill Penting yang Harus Dimiliki Pengusaha

Fattah Miyaz

Quick Setup di Accurate Online

Efi Nofitri

Membangun Usaha Warung Kopi yang Menguntungkan

Fattah Miyaz

Leave a Comment