ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Ketahui, 7 Alasan Pentingnya Akuntansi untuk Pelaku UMKM

Akuntansi adalah salah satu aktivitas wajib yang dilakukan oleh setiap pelaku usaha. Jika usaha Anda masih setara UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), selain fokus untuk pengembangan strategi demi kemajuan usaha, Anda juga harus menjalankan aktivitas akuntansi. Betapa pentingnya akuntansi untuk pelaku UMKM, namun sangat jarang pelaku UMKM yang melek akan akuntansi.

Saat ini jumlah pelaku UMKM mencapai 60 juta di Indonesia, namun belum banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan akuntansi dalam bisnis mereka. Padahal, saat ini untuk proses akuntansi, mereka tidak perlu melakukannya secara manual. Ada software akuntansi yang bisa membantu pembukuan para pelaku UMKM. Dengan harga yang cukup terjangkau, tentu bisa meminimalisir kesalahan dalam pencatatan akuntansi.

Salah satu software akuntansi yang bisa teman-teman UMKM gunakan adalah Accurate Online. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa memiliki software akuntansi sekelas perusahaan besar. Semua fitur bisa digunakan tanpa biaya tambahan.

Baca Juga : 6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Software akuntansi Accurate Online tentu sangat memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan proses pencatatan, hingga menyusun laporan keuangan. Penilaian bisnis UMKM memiliki posisi yang baik atau tidak, bisa dilihat dari hasil laporan keuangan UMKM tersebut.

Ada berbagai manfaat yang didapatkan oleh pelaku UMKM jika mereka menggunakan software akuntansi. ABC Kota Raya akan jabarkan pentingnya akuntansi untuk pelaku UMKM di Indonesia.

Bagian dari Penilaian

Salah satu alasan mengapa pelaku UMKM perlu menggunakan akuntansi dalam proses bisnis, karena akuntansi sebagai cara yang cukup efektif dalam melakukan penilaian bisnis. Dimana dalam proses akuntansi terdapat proses dokumentasi pencatatan dalam setiap transaksi yang terjadi. Baik itu uang keluar maupun uang masuk. Sehingga akan memudahkan menilai, lebih besar pengeluaran atau pemasukan.

Alat Perencana

Setelah melakukan penilaian dari setiap proses transaksi yang terjadi, Anda akan melihat hasil dari proses akuntansi yang terjadi. Apakah hasil baik atau buruk, hanya Anda dan staff yang mengetahuinya.

Hasil tersebut akan membantu Anda untuk menarik kesimpulan. Apa yang akan Anda lakukan untuk ke depan berpatokan dari hasil akuntansi yang ada. Salah satu peran akuntansi untuk UMKM, ia sangat berguna sebagai tempat untuk merencakana strategi ke depan yang lebih baik.

Penghitung Laba

Semua pebisnis tentu ingin sekali bisnisnya menjadi maju dan mendapatkan laba yang besar. Tapi tahukah Anda bagaimana menghitung sebuah laba itu? Banyak pebisnis UMKM, terutama para pelaku bisnis pemula yang suka menyepelekan hal ini. Menggabungkan antara laba dan omzet. Padahal keduanya berbeda.

Dengan bantuan software akuntansi, Anda akan lebih mudah dalam menghitung laba bisnis Anda dengan lebih baik dan akurat.

Menghitung Jumlah Transaksi

transaction
source : https://internationalpaymentsolutions.ca/

Dalam menjalankan bisnis, akan terjadi banyak transaksi. Kalau Anda melakukannya secara manual, hal ini akan sangat melelahkan dan juga membuang waktu untuk mencatatnya satu per satu. Software akuntansi akan memudahkan Anda dalam menghitung jumlah transaksi yang terjadi pada bisnis.

Ketika Anda melakukan proses akuntansi menggunakan software, setiap transaksi akan terlihat sangat detail. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat jumlah transaksi yang terjadi dalam periode akuntansi. Bahkan penghitungan akumulasi transaksi bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software. Bukankah itu akan lebih efisien ?

Pengontrol Biaya

Bisnis yang dijalankan selalu mengeluarkan biaya. Baik itu biaya operasional, biaya produksi, dan biaya pemasaran. Semua harus dicatat dengan jelas. Dengan akuntansi, tentu akan lebih mudah dalam proses perincian biaya yang terjadi selama periode akuntansi.

Rincian biaya, akan memudahkan Anda dalam menghitung biaya produksi, penetapan harga pokok penjualan, dan laba serta rugi yang diperoleh dari suatu barang atau produksi. Jika bisnis Anda tidak menggunakan akuntansi, tentu akan sangat sulit dalam melihat laporan keuangan dari bisnis yang Anda jalankan.

Laporan Keuangan

Pentingnya akuntansi untuk pelaku UMKM yang paling penting sebagai penilaian dari kegiatan bisnis. Laporan keuangan menjadi akhir dari semua perhitungan akuntansi yang terjadi dalam bisnis. Hasil dalam laporan keuangan akan membantu Anda untuk menyusun berbagai tujuan di masa depan. Bagaimana kondisi bisnis akan terlihat dari laporan keuangan.

Bayangkan jika Anda tidak melakukan proses akuntansi dengan baik, Anda akan sulit dalam memandang laporan keuangan dan melihat perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga : Jenis Laporan Keuangan Bagi UMKM

Penghitungan Pajak

Sebagai warga Negara yang baik, Anda para pengusaha wajib juga dalam membayar pajak usaha yang Anda jalankan. Berapa besaran pajak yang harus Anda bayar? Tentu besaran pajak yang Anda bayar akan terlihat ketika Anda menggunakan laporan keuangan yang berasal dari proses akuntansi.

Tanpa adanya proses akuntansi, Anda akan sangat sulit dalam menghitung pajak usaha yang ada. Akuntansi akan membantu Anda dalam menyusun biaya pajak yang harus di setorkan kepada Negara. Sehingga Anda butuh melakukan pencatatan akuntansi.

Kesimpulan

Akuntansi untuk pelaku UMKM sangatlah penting, tanpa akuntansi tentu Anda akan sulit dalam menilai perkembangan bisnis Anda. Proses akuntansi pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, tetapi Anda bisa memudahkan prosesnya dengan bantuan software akuntansi yang ada.

Software akuntansi Accurate Online akan membantu Anda dalam melakukan pencatatan, penjurnalan, hingga laporan keuangan, dan biaya pajak yang harus Anda setorkan. Tunggu apa lagi, tanpa ribet Anda bisa mencoba untuk melakukan proses akuntansi dengan baik bersama dengan software Accurate.

Related posts

7 Alasan Mengapa Software Akuntansi Untuk Bisnis Sangat Penting

Fattah Miyaz

Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis

mimin ABC kotaraya

5 Laporan Keuangan yang Harus Disiapkan Untuk Evaluasi Akhir Tahun

Fattah Miyaz

Leave a Comment