ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Jenis Laporan Keuangan Bagi UMKM

Jenis Laporan keuangan bagi UMKM sesuai peraturan PSAK di Indonesia.

Para UMKM wajib melakukan pencatatan setiap penerimaan dan pengeluaran serta melakukan tutup buku setiap akhir bulan secara tertib. Laporan keuangan ini sebaiknya dibuat setiap bulan. Laporan keuangan yang diwajibkan untuk UMKM adalah laporan laba rugi dan laporan neraca.

Pengertian Laporan Laba Rugi dan Neraca

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang dihasilkan pada suatu periode tertentu yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban beban perusahaan menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

Laporan neraca adalah laporan keuangan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukan posisi keuangan entitas tersebut pada periode tersebut.

Karakteristik Laporan keuangan

Laporan keuangan merupakan ciri khas membuat informasi dalam membuat laporan keuangan yang berguna bagi para pemakai dalam pengambilan keputusan.

Laporan keuangan bagi UMKM harus memiliki Karakteristik kualitatif sesuai peraturan diindonesia melalui PSAK ( Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan ) Adalah:

1. Dapat dipahami

Kualitas informasi yang ditampung dalam laporan keuangan adalah kemudahan untuk segera dapat dipahami oleh para pemakai.

2. Relevan

Agar bermanfaat, informasi harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan.

3. Keandalan

Agar bermanfaat, informasi juga harus andal. Informasi memiliki kualitas andal jika bebas dari pengertian menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus dari yang seharusnya disajikan.

4. Dapat dibandingkan

Pemakai Laporan keuangan harus dpaat memperbandingkan laporan keuangan perusahaan antar periode untuk mengidentifikasi posisi keuangan dan penyajian keuangan dari transaksi harus dilakukan secara konsisten untuk perusahaan tersebut.

Solusi Terbaik Bagi UMKM

Para pelaku bisnis dan UMKM di Indonesia, jika Anda merasa kesulitan dalam membuat keuangan yang harus sesuai prosedur PSAK ( Peraturan Standart Akuntansi Keuangan ) Anda tidak perlu khawatir. Accurate Online memiliki Laporan keuangan lengkap dan mudah diakses dimana saja.

Laporan Keuangan Bagi UMKM
Laporan Keuangan Bagi UMKM

 

Accurate Online bisa membantu Anda dalam membuat laporan keuangan & Perpajakan. Nikmati berbagai fitur yang ada di Accurate Online yang nantinya akan membantu Anda dalam mengelola dan mencatat Laporan keuangan sampai perpajakan. Buatlah bisnis Anda berkembang seiring dengan kemajuan negara dengan tunduk pada aturan PSAK di Indonesia dengan Accurate Online.

Ingin tahu laporan apa saja yang ada di Accurate Online kalian bisa klik disini

Baca juga : Peran Penting Akuntansi Bagi UMKM

Related posts

Quick Setup di Accurate Online

Efi Nofitri

Mudahkan Pembukuan Bisnis Restoran Anda Dengan Accurate Online

admin

Ingin Punya Bisnis Online? Berikut 5 Ide Bisnis Online Menjanjikan Anda

admin

Leave a Comment