ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Membuat Iklan ? Tentukan Target Market Yang Tepat

Membuat Iklan

Membuat Iklan

Membuat iklan yang harus kita pahami adalah “Kita tidak bisa menjual produk ke semua orang “ Sebagian dari kita masih berfikir bahwa ketika dia jualan online maka market-nya semua orang dan target maket-nya adalah semua orang itu. Maka kurang tepat! Anda harus tahu apa tujuan Anda dalam membuat iklan.

Kita harus tahu siapa target market  yang kita bidik untuk melihat ilkan yang kita pasang.

Ketika anda membuat iklan Anda harus bisa memfokuskan kepada calon pembeli. Anda harus mengerti siapa saja oranag-orang yang bisa menjadi prospek Anda. Disini saya menjual produk Software Akuntansi dan ternyata produknya banyak dibeli oleh pengusaha yang belum memiliki Software Akuntansi untuk menjalankan bisnisnya dengan mudah.

Contoh lain disini saya coba menentukan segmentasi market yang paling membutuhkan produk yang saya jual. Saya memfokuskan pada pengusaha yang belum memiliki Software Akuntansi yang cocok buat bisnisnya.

Ketika saya sudah menentukan target market-nya, baru kemudian saya mencari demografisnya seperti apa. Bisa jadi saya menargetkan UMKM di Indonesia. Karena target market-nya sudah jelas maka saya pun bisa memilih konten marketing yang sesuai dengan target yang saya bidik tersebut.

Saya juga harus selektif memilih media pemasaran yang cocok dengan target marketnya, misalkan memasang melaui Instagram. Saya tidka mau memasang iklan di semua media karena saya ingin focus pada segmentasi ini.

Mengapa kita harus tahu apa yang penting bagi target market yang kita bidik ? Karena ketika kita bisa mengerti apa yang penting bagi mereka, kita bisa menjual benefit dari produk kita.

Banyak orang yang mungkin tidak peduli produk apa yang Anda tawarkan. Mungkin saja Anda sudah menjual produk dalam waktu lama. Anda selalu mempromosikan produk yang sama kepada market yang sama setiap hari.

“ Masalahnya, Anda hanya menawarkan tanpa memberikan alasan mengapa produk Anda ini penting untuk menjawab masalah mereka“ Pada akhirnya orang tidak membeli produk, tapi membeli manfaat dari produk yang Anda jual.

Baca juga : 6 Cara Jitu Membuat Bisnis Online Kamu Berkembang

Target Market

Jadi ketika sudah menentukan siapa Targetnya nantinya kita bisa breakdown, dengan cara membuat list,

Salah satu Produk yang saya pasarkan adalah software akuntansi Accurate Online. Target yang saya bidik adalah UMKM yang ada di Indonesia. Karena banyak para UMKM belum melakukan pembukuan untuk bisnisnya. Masalahnya mereka tidak memiliki modal yang besar, dan saya harus bisa menjual dengan harga murah karena target saya UMKM.

Anda bisa paham maksud saya ?

Contoh lain, misalkan pelaku bisnis tidak memiliki standart akuntansi, maka saya harus menjual produk saya ini mudah digunakan atau  user friendly.

Kemudian setelah itu saya harus memberikan solusi yang di hadapi UMKM

Berikut list  manfaat dari software Accurate Online diantaranya

  • Pantau hutang dan piutang
  • Cetak struk pembelian dan penjualan
  • Pantau keluar masuk barang
  • Membuat laporan laba/rugi

Dari sekian manfaat diatas, buat deskripsi yang memberikan pesan yang kuat untuk target market yang Anda bidik.

Baca juga : Analisis Media Periklanan

Kesimpulan

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak perlu khawatir lagi serahkan saja semua pada Accurate Online karena Accurate Online memliki fitur-fitur yang lengkap sehingga memudahkan kita dalam membuat laporan keuangan.

Tidak percaya ? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis dengan menggunkan link dibawah ini:

Coba Sekarang

 

 

Related posts

Peran Akuntansi Dalam UMKM

ervan

Rahasia Cepat Closing Dengan Calon Customer!

Efi Nofitri

Jenis Laporan Keuangan Bagi UMKM

ervan

Leave a Comment