ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Ekspansi dan Investasi : Mana yang harus Didahulukan untuk Bisnis?

Seorang pebisnis yang sudah mengantarkan bisnis tumbuh dengan baik, tentu ingin sekali melakukan hal-hal baru pada bisnis mereka. Ada dua hal yang selalu diinginkan oleh para pengusaha, ekspansi  dan investasi. Keduanya menjadi hal penting yang diinginkan oleh para pengusaha. Tetapi kira-kira antara ekspansi dan investasi Mana yang harus didahulukan pada bisnis?

Membangun bisnis memang menjadi salah satu investasi yang dilakukan oleh para pendirinya. Namun, bisnis juga harus mampu melakukan ekspansi untuk memperbesar bisnis mereka. Keduanya memang harus berjalan agar bisnis terus tumbuh. Semua pengusaha sangat ingin melakukan hal ini. Baik itu perusahaan besar, menengah, hingga perusahaan kecil sekalipun sangat suka dengan ekspansi maupun investasi.

Baca Juga : 6 Aktivitas Financial Check Up Bisnis Di Akhir Tahun yang Tak Boleh Terlewatkan

Daripada bingung, mending kita langsung cari tahu tentang keduanya. Dan kapan sebaiknya para pebisnis melakukannya. Sehingga Anda tahu kapan Anda harus memulai bisnis tersebut. Kita akan membahas satu per satu tentang ekspansi dan investasi.

Ekspansi

Ekspansi Bisnis
Boy examining globe to explore the world

Jika saat ini usaha Anda masih ada di satu kota tertentu. Mungkin dalam satu hingga tiga tahun mendatang Anda sudah memiliki rencana membuka cabang atau toko di kota lain. Bisa juga, ketika Anda membuka cabang lain di satu kota yang sama, namun di tempat yang berbeda. Itulah salah satu contoh ekspansi yang mungkin dipahami oleh banyak orang.

Pada ilmu ekonomi, ekspansi bisnis dikenal sebagai tahapan dimana bisnis mencapai titik pertumbuhan yang cukup baik dan mencari opsi tambahan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. Tetapi dalam melakukan ekspansi, ada faktor lain yang harus diperhatikan oleh pengusaha. Karena ekspansi akan menemukan tantangan baru untuk para pengusaha.

Saat Anda melakukan ekspansi, Anda harus ingat bahwa Anda akan harus berubah dibandingkan sebelumnya. Seperti melakukan manajerial baru, tantangan, dan keuangan yang berbeda dibandingkan sebelumnya.

Ekspansi juga akan membuat Anda harus rela merogoh kocek yang lebih besar. Sebab, Anda harus merekrut karyawan baru, hingga pembelian perlengkapan kantor baru sebagai tahap awal ekspansi. Ekspansi bukanlah sekedar untuk menambah keuntungan saja. Jangan hanya memikirkan bahwa Anda akan mendapatkan banyak sumber keuntungan dalam waktu instan ketika ekspansi, meskipun itu menjadi salah satu hal yang membuat banyak pelaku bisnis melakukan ekspansi.

Sebelum melakukan ekspansi ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Perencanaan

Perencanaan dalam bisnis adalah hal penting. Bisnis tanpa perencanaan akan berakibat sangat fatal kepada Anda sebagai pengusaha. Selain itu, bisnis bisa memiliki tingkat kegagalan sangat besar akibat tidak adanya perencanaan.

Baca Juga : Pentingnya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Membangun Bisnis

Anda juga harus melakukan analisis apa yang membuat Anda mau melakukan ekspansi bisnis? Apa yang Anda targetkan setelah ekspansi berjalan? Bagaimana penjualan Anda saat ini? Semua harus Anda hitung masing-masing untuk mengetahui kesiapan Anda.

Meskipun Anda ekspansi hanya sekedar membuka cabang baru di kota lain atau di tempat baru. Dengan mengincar kalangan konsumen yang sama, tetapi Anda juga harus melihat berbagai kemungkinan dari sisi lain. Mungkin ini bisa menjadi rencana untuk bisnis Anda ke depannya.

Model Bisnis

Model Bisnis
Source : https://rismedia.com/

Ketika Anda melakukan ekspansi. Anda harus memiliki model bisnis yang berbeda dengan sebelumnya. Apakah ekspansi hanya sekedar untuk memindahkan atau menambah kantor cabang saja? Tentunya tidak. Ada hal lain yang harus Anda pikirkan dalam bisnis.

Jika Anda melakukan ekspansi bisnis, salah satu caranya adalah dengan melihat bagaimana Anda menyiapkan SOP barunya. Penambahan karyawan dan mungkin Anda akan menemukan vendor yang berbeda di tempat yang baru. Semua model bisnis yang Anda jalankan tentu akan berubah.

Kalau Anda sudah memiliki produk atau layanan terbaru, bagaimana Anda mengenalkan produk atau layanan tersebut kepada target market Anda. Bagaimana metode yang akan Anda lakukan untuk mendekatkan diri kepada para konsumen.

Semua model bisnis haruslah tepat. Jika tidak, tentu Anda yang akan mengetahui konsekuensi dalam hal tersebut. Sebaiknya memang Anda harus memikirkan model bisnis sebelum melakukan ekspansi.

Modal

Persiapan selanjutnya yang harus Anda ketahui untuk ekspansi, berapa modal yang Anda butuhkan dalam melakukan ekspansi. Jangan sampai modal tersebut menganggu keuangan bisnis Anda secara menyeluruh. Anda bisa saja menggunakan cash flow perusahaan. Tetapi apakah itu cukup atau menggoyangkan bisnis Anda?

Ekspansi adalah sesuatu yang membutuhkan modal cukup besar. Bisa saja modal ekspansi sama dengan modal Anda membangun bisnis. Jadi pikirkan darimana modal yang akan Anda keluarkan untuk eskpansi. Modal tersebut akan digunakan untuk apa saja. Semua harus terhitung dengan baik.

Dalam penghitungan modal untuk ekspansi. Anda bisa mencoba menghitung semua kebutuhan keuangan bisnis Anda saat ini dan untuk selanjutnya menggunakan software khusus akuntansi. Salah satunya Anda bisa menggunakan Accurate Online.

Dengan Accurate Online, pencatatan kebutuhan keuangan bisnis akan lebih terinci, akurat, serta lebih efisien dari segi waktu dalam membuat perencanaan yang matang. Semua bisa dilakukan dalam satu aplikasi dengan Accurate Online. Mau coba Accurate Online gratis 30 hari? Cek langsung dibawah ini.

Kerja Sama

Kerjasama
Source : Pexels.com

Kalau Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda bisa melakukan ekspansi dengan cara bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang sesuai dengan bisnis Anda. Cobalah untuk melakukan negosiasi dengan berbagai pihak yang bisa Anda lakukan. Cara ini mungkin akan cukup ampuh untuk Anda lakukan dalam melakukan ekspansi dalam bisnis.

Baca Juga : Selektif! 7 Tips Memilih Rekan Bisnis Terbaik

Apa lagi jika memang keuangan bisnis Anda belum mencukupi. Kerjasama bisa menjadi salah satu peluang yang baik untuk melakukan ekspansi dalam bisnis. Karena itu sebaiknya Anda melakukan ekspansi bisnis dengan cara bekerja sama. Banyak pihak yang bisa Anda ajak kerjasama untuk bisnis.

Kesimpulan

Ekspansi impian semua pebisnis. Mereka ingin membawa bisnis dengan lebih maju dan lebih berkembang. Tetapi ekspansi tidak bisa dilakukan sembarangan. Dalam ekspansi, Anda harus bisa menciptakan peluang-peluang baru yang bisa membantu bisnis Anda.

Ekspansi dan investasi merupakan satu hal penting dalam bisnis. Tetapi keduanya tidak bisa Anda lakukan hanya dengan melihat bahwa Anda sanggup dan ingin menguasai pasar lebih luas. Semua harus terencana dengan baik, terutama modal. Jangan sampai ekspansi malah membuat modal bisnis Anda habis dan membuat bisnis terpuruk hingga gulung tikar.

Investasi

Investasi menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis dimanapun berada. Disini kita tidak akan membahas mengenai investasi merupakan tahapan penanaman modal pada satu instrumen investasi di pasar modal. Kita akan membahasnya lebih kepada hal bisnis. Karena ekspansi dan investasi adalah satu hal penting untuk kemajuan bisnis itu sendiri.

Jika kita mencari pengertian investasi, investasi merupakan salah satu aktivitas penanaman asset atau dana dalam satu perusahaan. Banyak pebisnis yang asyik berbisnis, tetapi mereka melupakan investasi. Padahal bisnis bukan hanya ekspansi, tetapi juga harus investasi.

Investasi untuk bisnis bukan sekedar kita membeli saham, reksadana, obligasi, dan deposito pada bisnis atau perusahaan lain. Namun, bagaimana investasi yang kita lakukan bisa membantu atau mendorong kemajuan bisnis yang kita bangun.

Investasi untuk Bisnis

Investasi
Source : https://www.dnaindia.com/

Produk investasi untuk bisnis bukanlah sekedar investasi saham, obligasi, emas, dan reksadana. Melainkan, lebih kepada bisnis itu langsung. Apa saja jenis investasi pada bisnis yang harus Anda lakukan sebagai seorang pengusaha?

Ada banyak instrumen investasi dalam bisnis. Tentu ini akan mampu mendorong bisnis pada tingkat efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan operasional.

Aset

Investasi pertama yang mungkin harus Anda lakukan adalah pengembangan aset bisnis. Terutama pada sektor asset bergerak seperti properti  kantor, pabrik, kendaraan, hingga alat-alat produksi. Semua investasi tersebut harus dilakukan. Namun, jangan dilakukan dengan cara memaksa, jika memang kondisi keuangan perusahaan belum mampu untuk berinvestasi properti.

Mengapa asset penting dalam bisnis? Aset sangat penting untuk meminimalisir biaya operasional yang Anda keluarkan. Coba Anda bayangkan, jika Anda harus mengeluarkan biaya sewa kantor, pabrik atau gudang setiap tahun. Bukan hanya harga beli properti yang naik setiap tahun, melainkan juga biaya sewa pastinya akan naik. Hal ini akan membuat biaya operasional bisnis akan membengkak setiap tahunnya.

Jika Anda memiliki asset properti sendiri tentu ini bisa meminimalisir pengeluaran setiap tahunnya. Biaya tersebut dapat dialihkan untuk instrumen bisnis lainnya yang lebih penting dan bisa membantu bisnis lebih maju. Aset juga bisa menjadi salah satu penyumbang pendapatan perusahaan ke depannya.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya Manusia
Source : Pexels.com

Sering sekali dilupakan, bahwa dalam bisnis sumber daya manusia itu sangatlah penting untuk perusahaan Anda. Salah satu intrumen investasi dalam bisnis adalah sumber daya manusia. Semua pelaku bisnis harus mampu menghadirkan sumber daya manusia berkompeten.

Bayangkan, jika semua tugas dalam bisnis Anda yang melakukan sendiri? Mungkin jika bisnis Anda masih level bisnis kecil atau rumahan masih bisa disiasati. Tetapi jika bisnis Anda sudah semakin besar, apakah hal tersebut mampu untuk Anda lakukan?

Seperti halnya jika Anda mulai bisnis online. Ketika pesanan masih kecil mungkin Anda bisa melakukan pekerjaan sendirian. Seperti melihat jumlah orderan masuk, menyiapkan produk, mengemas barang, hingga mengirimkannya. Tentu sangat sulit bukan? Belum lagi untuk keperluan administrasi dan keuangan, tentu Anda butuh orang yang ahli di bidangnya bukan.

Sumber daya manusia yang berkualitas dalam bisnis akan membantu bisnis lebih cepat bergerak dan maju. Mereka akan fokus pada visi misi perusahaan, serta memiliki tekad dan harapan untuk sama-sama mengembangkan bisnis. Inilah pentingnya investasi pada sumber daya manusia.

Saat Anda melakukan ekspansi bisnis, tentu investasi sumber daya manusia pun menjadi sangat penting. Karena Anda akan mencari orang-orang baru lagi untuk membawa bisnis Anda lebih maju lagi. Sumber daya manusia merupakan investasi untuk bisnis yang tidak boleh diabaikan para pemilik bisnis.

Networking

Kalau Anda berbicara bisnis, ikut dalam seminar maupun membaca buku-buku bisnis, Anda akan mendengar dan membaca salah satu instrumen penting dalam bisnis adalah networking. Networking menjadi kunci keberhasilan dalam bisnis dan menjadi bagian investasi. Dimana dalam networking Anda akan menjalin hubungan satu sama lain dan mencapai kemudahan dalam bisnis.

Ketika Anda mulai menjalankan usaha kecil-kecilan saja, orang yang pasti Anda tawarkan pertama kali adalah para networking. Mulai dari orang-orang yang kontaknya Anda miliki. Seperti grup WhatsApp, teman-teman terdekat, rekan organisasi, hingga rekan-rekan sekitar Anda bukan?

Networking menjadi salah satu instrumen penting dalam berbisnis. Anda akan mendapatkan banyak peluang dengan memiliki banyak networking pada bisnis. Mungkin Anda akan memperlebar sayap bisnis Anda, Anda memerlukan seorang relasi yang bisa membantu Anda.

Disinilah memang pentingnya sebuah networking. Ekspansi dan investasi memerlukan networking yang mudah dalam bisnis. Ini akan menjadi salah satu kunci penting untuk kemajuan bisnis Anda ke depan. Investasi untuk bisnis dalam networking menjadi satu hal penting yang harus Anda lakukan.

Teknologi

Investasi berikutnya yang cukup penting untuk bisnis adalah investasi pada bidang teknologi. Anda tidak boleh melupakan, saat ini teknologi memegang kendali penting dalam bisnis. Teknologi disini cukup banyak, bukan sekedar komputer atau laptop saja. Tetapi berbagai hal hasil teknologi bisa membantu bisnis menjadi lebih baik dan tumbuh.

Contohnya, investasi teknologi mesin produksi. Mesin produksi adalah teknologi yang sangat penting untuk bisnis. Ketika Anda ingin bisnis Anda lebih maju, seperti jumlah produksi ditambah, tentu Anda tidak bisa serta merta memanfaatkan kapasitas mesin produksi yang sudah ada. Anda harus meng-upgrade agar mesin produksi Anda bisa terus bertambah dan tumbuh lebih besar lagi.

Baca Juga : Rahasia! 10 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Apapun

Memang untuk meningkatkan teknologi pada bisnis, memerlukan modal yang tak sedikit. Sehingga Anda harus memikirkannya dengan baik dan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Namun, setidaknya Anda harus mencicil untuk investasi teknologi demi bisnis Anda menjadi lebih berkembang dan maju.

Ada banyak jenis teknologi yang memang harus diadopsi oleh para pebisnis. Mereka harus mau untuk melakukannya. Karena demi perkembangan bisnis mereka ke depan.

Kesimpulan

Ekspansi dan investasi adalah hal penting dalam bisnis. Investasi menjadi salah satu penunjang pada bisnis untuk perkembangan bisnis lebih maju lagi. Bisnis selalu dituntut untuk mampu menyiapkan segala instrumen investasi yang memang mampu meningkatkan asset atau kekayaannya.

Namun bila Anda belum mampu jangan memaksakan bisnis untuk melakukan investasi. Investasi bukanlah sesuatu hal yang mudah dan modal minim. Investasi memerlukan modal yang cukup besar, terlebih untuk perkembangan bisnis ke depan. Setiap Anda berinvestasi, Anda juga harus berhitung kapan Anda akan mendapatkan hasil dari investasi yang Anda lakukan. Baik itu dari segi pendapatan maupun segi penguasaan pasar.

Penutup

Akhir kata, ekspansi dan investasi merupakan hal yang tak bisa terlepaskan dari bisnis . Bisnis perlu ekspansi dan investasi untuk pertumbuhan bisnis ke depan. Memilih antara ekspansi dan investasi pada bisnis memang tidak bisa dilakukan secara berbarengan jika modal Anda benar-benar terbatas, jangan pernah memaksakan diri.

Anda bisa memilih mana dahulu yang harus Anda lakukan. Menyesuaikan pada tingkat urgensi yang terjadi. Jika memang harus ekspansi dahulu, maka ekspansilah. Namun, jika yang diperlukan adalah investasi maka investasilah. Kalau Anda merasa modal bisnis Anda mampu menjalankan keduanya, lakukanlah. Namun tetap harus dalam perhitungan yang tepat untuk menghindari kebangkrutan.

Related posts

Bisnis Gagal Jangan Menyerah Cari Solusinya

ervan

Strategi Membangkitkan Ekonomi Bali Dengan Automasi Keuangan Bisnis

yani

Inilah 5 Tips untuk Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

Fattah Miyaz

Leave a Comment