ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Pentingnya Rencana Bisnis Sebelum Memulai Membangun Bisnis

Rencana bisnis adalah strategi untuk meningkatkan penjualan supaya pendapatan lebih besar. Jika planning ini tidak dilakukan, dipastikan perjalanan bisnis tidak terarah. Jangankan keuntungan, justru yang didapatkan adalah kerugian. Maka dari itu, rencana bisnis adalah unsur penting yang harus diketahui oleh para pebisnis.

Berikut ini, kami sajikan rencana atau strategi bisnis yang menguntungkan. Jika taktik ini diterapkan pada bisnis, tentu peluang produk/jasa dibeli orang sangat besar. Maka dari itu, silakan dicoba dengan tekun dan sabar. Berikut rencana-rencana tersebut, yaitu:

1. Tentukan Dulu Model Bisnisnya

Rencana bisnis kewirausahaan yang pertama ialah, tentukan terlebih dahulu model bisnis yang akan dijalankan. Apakah dengan sistem online atau offline.

Karena jika ini tidak direncanakan, waktu akan terbuang percuma untuk sistem yang sejatinya tidak menguntungkan. Apalagi kedua metode ini memiliki teknik dan strategi pemasaran yang berbeda.

2. Lakukan Promosi Sesuai Target Konsumen

Promosi yang sesuai target konsumen juga bagian dari strategi bisnis. Karena ini merupakan syarat, produk akan dibeli masyarakat. Jika salah target, justru produk tidak laku. Karena tidak ada konsumen yang akan membelinya.

Image by pikisuperstar from Freepik.com

Contohnya ialah, jika menjual produk fashion perempuan, maka silakan promosikan ke grup medsos yang isinya kalangan remaja putri. Karena jika dipasarkan di grup fb yang anggotanya adalah pria, tentu peluang produk laris sangat kecil.

3. Tentukan di Awal Mengenai Konsep Penyediaan Produk

Rencana bisnis ketiga yang perlu dipersiapkan di awal adalah konsep penyediaan produk. Maksudnya ialah, pebisnis akan mendapatkan produk dengan cara stok sebanyak mungkin atau membeli ketika ada pesanan saja.

Ini juga harus dimasukkan ke dalam strategi. Tujuannya ialah, untuk menghindari penumpukan barang dalam waktu lama. Padahal barang tersebut sejatinya tidak diinginkan oleh pembeli.

4. Mengkalkulasi Dana Di Awal Bisnis

Yang harus diperhatikan ketika berbisnis, dan harus dimasukkan ke dalam perencanaan adalah kalkulasi dana. Termasuk di dalamnya ialah menghitung modal dan laba atau keuntungan dari penjualan.

Image by rawpixel.com from Freepik.com

Jika target modal dan pencapaian pendapatan sudah ketemu, pebisnis tinggal memasarkan produk agar kalkulasi tersebut benar-benar tercapai. Jika ada selisih, berarti harus dievaluasi rencana tersebut. Karena ada yang salah dengan pemasangan harga dan selainnya.

5. Mengangkat SDM yang Berkualitas

Image by katemangostar from Freepik.com

Tanpa kerja manusia, bisnis tidak mungkin berjalan. Maka dari itu, jangan lakukan sendiri, melainkan ajak orang lain untuk menjadi bagian dari bisnis. Atas dasar itu, mengangkat SDM berkualitas merupakan strategi bisnis yang paling vital. Karena dialah yang menentukan apakan bisnis berkembang atau sebaliknya.

6. Menentukan Bonus Bisnis yang Akan Diberikan

Rencana berdagang selanjutnya ialah menentukan bonus yang akan diberikan kepada pelanggan. Apa dalam bentuk diskon, hadiah langsung, atau beli tiga produk mendapat 1 produk yang sama, dan yang selainnya.

Jika rencana ini diolah dengan matang dan diterapkan, tentu pelanggan tidak bosan berbelanja. Karena mereka mendapatkan berbagai macam hadiah yang menggiurkan, hanya dengan membeli produk Anda.

7. Memilih Metode Pemasaran yang Tepat

Metode pemasaran yang tepat adalah strategi berbisnis yang sangat bagus. Karena tanpa promosi, tidak akan ada satu pun konsumen yang kenal dengan produk yang ditawarkan.

Image by pikisuperstar from Freepik.com

Maka dari itu, pilihlah metode pemasaran yang disukai orang banyak. Bisa dengan mem-posting artikel di website, memasang banner di pinggir jalan atau dengan menyewa media untuk menyiarkan produk. Silakan pilih sesuai keinginan dan sekiranya bisa menarik minat pembeli.

8. Pembukuan yang Benar saat Memulai Bisnis

Di Indonesia, masih banyak para pelaku bisnis tidak menggunakan pembukuan yang benar saat mereka menjalani bisnis. Padahal, pembukuan adalah unsur penting yang perlu ada saat Anda berencana membangun sebuah bisnis.

Tanpa pembukuan yang benar, Anda tidak dapat menentukan keputusan yang tepat terutama untuk keputusan yang berhubungan dengan pembiayaan.

Saat Anda memulai bisnis, mungkin Anda bisa menggunakan pembukuan manual, namun saat transaksi bertambah banyak dan kompleks, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk mempermudah proses pembukuan Anda.

Acccurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang sudahh digunakan oleh lebih dar 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Memiliki fitur terlengkap dan harga yang terhangkau telah membawa Accurate Online menjadi software akuntansi pemenang Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Demikian rencana bisnis yang harus dicanangkan sejak dari awal berbisnis. Tujuannya tentu agar produk laris di pasaran. Semua orang tertarik untuk memesan produk dan membelinya setiap saat.

Related posts

5 Masalah yang Membuat Bisnis berjalan Lambat

admin

7 Strategi Bisnis Era Digital yang Harus Dilakukan Pebisnis Konvensional

Iskandar

Peran Influencer dalam mengembangkan bisnis

Annisa

Leave a Comment