ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Kota Terbaik Memulai Bisnis Di Sumatera

Kota-kota besar masih menjadi tempat yang berpotensi dalam membangun bisnis. Banyak pengusaha yang mengincar beberapa kota yang masih berpelaung dan menjadi poros pembangunan Pemerintah pusat sebagai lokasi tepat berinvestasi. Lalu, kota terbaik memulai bisnis di Sumatera, mana sajakah yang cocok untuk membangun bisnis saat ini?

Masih banyak pengusaha mengincar Jakarta sebagai pusat bisnis. Sebenarnya, banyak pengusaha yang telah memindahkan bisnisnya. Sebab banyak pengusaha yang kini mulai mengalihkan bisnis mereka ke kota-kota yang masih dekat dengan Jakarta, tetapi dengan biaya investasi yang tidak begitu besar. Salah satu tujuan mereka adalah kota-kota di Pulau Sumatera.

Buat Anda yang sedang mencari kota untuk memulai bisnis, kota mana sajakah yang cocok menjadi incaran untuk Anda berbisnis di Pulau Sumatera? ABC Kotaraya akan merekomendasikan beberapa kota yang cocok untuk memulai bisnis di Tanah Melayu tersebut.

Kota Terbaik Memulai Bisnis Di Sumatera

Medan

Medan menjadi salah satu kota terbaik untuk memulai bisnis
Source: Pingpoint.co.id

Kota pertama yang menjadi rujukan untuk memulai bisnis adalah kota Medan, Sumatera Utara. Mengapa Medan? Medan menjadi kota yang cukup strategis untuk berbisnis.  Kota Medan sebenarnya telah menjadi pusat perdagangan, bisnis, dan industri sejak zaman dahulu.

Lokasinya yang berada di bagian barat Indonesia, selain itu berbatasan langsung dengan Selat Malaka, tempat yang cukup strategis berada dalam jalur laut dunia yang dilalui oleh kapal-kapal dari Asia Timur yang menuju Eropa dan Timur Tengah. Medan juga memiliki bandara internasional Kualanamu dan juga Pelabuhan Peti Kemas Belawan membuat Medan menjadi lokasi strategis untuk memulai bisnis.

Kota ini juga memiliki Kawasan Industri yang bisa menjadi peluang bagi para pelaku bisnis memulai bisnis di kota Medan.

Di luar potensi bisnis, Medan masuk dalam jajaran kota atau ibukota provinsi yang dekat dengan wilayah utama pariwisata Indonesia, seperti Danau Toba. Menjadikan Medan menjadi lokasi yang layak untuk berbisnis.

Baca Juga: Persiapan Menghadapi Keadaan Darurat yang Mengancam Bisnis

Pekanbaru

Pekanbaru cocok untuk memulai bisnis
Source: Propertynbank.com

Kota kedua yang layak untuk memulai bisnis adalah Pekanbaru. Lokasi Pekanbaru dan Medan sebenarnya tidak terlalu jauh. Pekanbaru menjadi salah satu kota yang cukup tumbuh industrinya. Selain Pekanbaru, wilayah sekitarnya pun menjadi wilayah strategis untuk memulai bisnis. Seperti kota Dumai yang menjadi kota minyak di Indonesia berada dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Pekanbaru.

Pertumbuhan ekonomi yang besar di Pekanbaru menjadi modal bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis di wilayah ini. Menjadi pintu masuk untuk menuju Batam, membuat Pekanbaru sangat layak untuk memulai menjadi sebuah kota bisnis. Sebenarnya di kota ini sudah banyak para pekerja dari Pulau Jawa yang merantau. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan besar yang memiliki aktivitas industri di Pekanbaru.

Perekonomian Pekanbaru didorong oleh industri kelapa sawit, pabrik kertas dan pulp, perusahaan minyak, dan pabrik pengolahan. Kehadiran industri tersebut cukup banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Pekanbaru.

Meskipun Pekanbaru tidak memiliki wisata yang cukup diandalkan, tetapi wilayah ini memiliki pertumbuhan yang besar. Sebagai ibukota provinsi yang layak dijadikan kota untuk bisnis. Sangat layak Pekanbaru untuk masuk dalam jajaran kota terbaik memulai bisnis di Sumatera.

Padang

Padang menjadi kota terbaik memulai bisnis di Sumatera
Source: Infopublik.id

Selain Pekanbaru, Padang menjadi kota terbaik memulai bisnis di wilayah Sumatera. Padang sendiri merupakan ibukota Sumatera Barat. Perekonomian Padang ditopang oleh industri perkebunan, pergudangan, dan transportasi menjadi sektor unggulan dari kota.

Selain itu Padang sebagai Ibukota Sumatera Barat menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang ingin melancong ke Sumatera Barat. Saat ini Sumatera Barat terutama kota Padang masih menjadi kota layak bisnis untuk para pebisnis yang ingin berinvestasi di Bumi Andalas.

Akses transportasi yang mudah dan juga banyaknya penerbangan langsung dari Jakarta ataupun kota-kota besar lainnya di Indonesia membuat Padang menjadi tempat yang cukup tepat untuk berbisnis. Selain itu, Padang sebenarnya menjadi kota penunjang dari Pekanbaru.

Bagi pebisnis baru, Kota Padang masih menjadi tempat yang cocok untuk para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kuliner, jasa, transportasi, dan hotel. Selain itu, Anda juga bisa mendirikan Start Up yang sesuai dengan kondisi disana.

Palembang

Palembang menjadi kota layak bisnis di Sumatera
Source: Maklumatnews.com

Membicarakan Palembang pasti kalian semua akan berpikir dengan makanan khasnya yakni Pempek. Dibalik kesuksesan Pempek, Palembang saat ini menjadi kota yang disebut-sebut sebagai poros koridor pembangunan di Indonesia.

Hal ini terlihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut oleh Pemerintah Pusat. Terlebih untuk menuju Palembang, jarak penerbangan bisa dilalui hanya dengan waktu 1 jam saja dari Ibukota Jakarta. Sedangkan jika menggunakan jalur darat, dari Jakarta ke Palembang hanya membutuhkan waktu 8-12 jam saja. Tentu membuat Palembang menjadi kota terbaik memulai bisnis di Sumatera saat ini.

Kota Palembang menjadi salah satu kota yang naik daun setelah menjadi kota kedua dalam penyelenggaraan Asian Games. Terlebih Palembang sedang digencarkan dalam pembangunan pengembangan Pelabuhan dan sarana kereta api.

Baca Juga: 9 Permasalahan Ekonomi Modern yang Sering Terjadi Di Negara Manapun

Sangat disayangkan jika Anda melewatkan Palembang bukan?

Nah itulah beberapa kota terbaik untuk memulai bisnis di Pulau Sumatera. Kota mana yang akan Anda pilih bisa Anda sesuaikan dengan bisnis yang ingin dijalankan. Pastikan Anda melakukan riset lebih jauh, bisnis apa yang kira-kira bisa sesuai dan cocok dengan Anda.

Saat Anda menjalankan bisnis, Anda tidak boleh melupakan keuangan dan akuntansi. Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online. Dimanapun bisnis Anda berada softwarenya tetap Accurate Online. Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari hanya dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

Tips Menumbuhkan Bisnis Menjadi Lebih Besar Di Tengah Kesulitan

mimin ABC kotaraya

Keren! 6 Perusahaan Besar Asal Indonesia Masuk Forbes Global 2000

mimin ABC kotaraya

Manfaat Aplikasi POS untuk Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi