ABCkotaraya.id
Bisnis

Membuat Rencana Bisnis: Pentingnya, Tujuan, Jenis, dan Tantangan

Promo Accurate Online

Saat Anda memiliki ide untuk bisnis, pastikan Anda mampu untuk mewujudkannya. Rencana bisnis akan membantu Anda untuk memulai. Rencana bisnis menjadi salah satu langkah penting bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis atau untuk mendapatkan strategi bisnis baru. ABC Kotaraya akan membantu Anda dalam membuat rencana bisnis menjadi lebih mudah.

Sebuah rencana bisnis sudah pasti mendefinisikan tujuan perusahaan Anda dan bagaimana mencapainya. Memiliki satu site map penting untuk menentukan pencapaian bisnis Anda. Sehingga Anda bisa melakukan semuanya secara terukur. Selain itu, adanya rencana bisa menjadi satu cara untuk melakukan identifikasi serta mengatasi setiap hambatan yang mungkin saja terjadi.

Apa itu Rencana Bisnis

Kita akan mencoba untuk mendetailkan apa saja rencana bisnis yang bisa saja terjadi dan dilakukan oleh Anda bersama tim dalam merencanakan masa depan perusahaan. Rencana bisnis adalah sebuah garis besar tertulis yang Anda tunjukan kepada orang lain, seperti kepada rekanan, investor, dan juga para pegawai Anda.

Rencana bisnis juga menjadi salah satu peta untuk membantu perusahaan Anda berjalan. Supaya menjaga bisnis Anda berada pada jalurnya dan memastikan setiap aktivitas tumbuh dan berkembang demi memenuhi tujuan bisnis ke depan. Ketika Anda merubah arah, Anda tetap perlu mendefinisikan tujuan awal Anda. Sehingga Anda tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan.

Baca Juga: 4 Keahlian untuk Entrepreneur yang Perlu Dikuasai

Pentingnya Rencana Bisnis

Cara mudah menyusun rencana bisnis
Source: Medium.com

Membuat perubahan pada bisnis merupakan satu aktivitas yang bisa membuat Anda sakit kepala. Dengan adanya rencana bisnis akan mempersiapkan tantangan yang mungkin dihadapi oleh bisnis Anda di masa depan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat rencana bisnis dengan solid.

Menulis rencana bisnis akan mampu membantu Anda dalam menemukan apa yang menjadi tujuan perusahaan. Rencana bisnis yang sudah selesai berfungsi sebagai pengingat Anda dengan tujuan ini. Adanya rencana bisnis merupakan hal yang berharga untuk Anda rujuk kembali, membantu Anda tetap fokus dan berada di jalur yang benar.

Tujuan Utama Rencana Bisnis

Menetapkan Fokus Perusahaan

Tujuan utama dari rencana bisnis adalah menetapkan rencana di masa depan. Setiap rencana harus meliputi sasaran dan pencapaian, serta langkah-langkah terperinci mengenai perusahaan. Proses ini akan membantu Anda menentukan fokus perusahaan dan mengejar setiap pertumbuhan.

Pendanaan

Adanya rencana bisnis akan memudahkan Anda dalam merencanakan pendanaan yang ingin dilakukan. Anda bisa memproyeksikan pendapatan serta pengeluaran. Dan hal terpenting dalam setiap perencanaan bagaimana Anda bisa menentukan laba bisnis.

Sarana Komunikasi

Ketika Anda memiliki rencana bisnis yang matang, Anda akan lebih mudah menarik orang lain, supplier, konsumen, investor, hingga bank. Investor dan bank ketika mereka ingin memberikan dana kepada Anda, tentu mereka akan melihat apa rencana bisnis perusahaan Anda.

Apa Saja yang Perlu Ada dalam Rencana Bisnis

Ringkasan Eksekutif (Executive Summary)

Ringkasan eksekutif harus tertulis dalam setiap rencana bisnis. Ini bisa menjadi sebuah ringkasan singkat mengenai apa yang ingin Anda sampaikan kepada pihak luar. Informasi ini menggambarkan mengenai target pasar, produk, anggaran, dan lain-lain.

Ringkasan ini perlu dibuat secara menarik, sebab akan ditampilkan di awal proposal rencana bisnis. Di dalamnya harus terdapat visi jangka pendek, menengah, dan Panjang. Selain itu, Anda perlu menyiapkan keunggulan, kompetitor, dan target pasar yang ingin di incar.

Deskripsi Perusahaan

Bagian ini menjadi ikhtisar dari bisnis secara keseluruhan. Pastikan Anda mampu menyertakan informasi dasar, seperti kapan perusahaan berdiri, jenis badan usaha, kepemilikan, dan kemitraan.

Bahkan beberapa Pengusaha sering menuliskan filosofi perusahaan yang mereka dirikan sebagai pemahaman yang kuat tentang sebuah fondasi bisnis.

Produk

Anda juga perlu memasukan apa produk atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda. Fokuslah pada perspektif pelanggan dan kebutuhan mereka. Tunjukan masalah apa yang ingin Anda pecahkan. Tujuan dari hal ini untuk menunjukan bahwa perusahaan yang Anda dirikan sangat bonafide dan akan bertahan di masa mendatang.

Analisis Pasar

Bagian ini perlu dijabarkan secara jelas mengenai bagaiman persona pelanggan Anda. Dimana Anda bisa menemukan pelanggan, bagaimana menjangkau mereka, dan bagaimana produk atau layanan yang Anda miliki bisa sampai ke tangan mereka.

Berikan analisis mendalam tentang pelanggan ideal dan bagaimana bisnis mampu menemukan solusi bagi Anda. Anda juga perlu memasukan siapa kompetitor, dan apa keunikan dari perusahaan yang Anda miliki, serta bagaimana agar pelanggan bisa membedakannya dengan kompetitor.

Tim

Siapa saja orang-orang yang ada di dalam Kapal bisnis Anda? Dalam membuat rencana bisnis, harus ada nama-nama tim. Baik itu para pendiri, penasihat, manajemen, dan sebagainya. Anda juga bisa menuliskan ringkasan pengalaman dan peran mereka dalam perusahaan yang Anda bangun. Tambahkan resume lengkap Anda ke rencana bisnis berikutnya.

Baca Juga: Rahasia Bisnis Berkembang dengan Cepat

Rencana Keuangan

Sangat penting sebuah bisnis memiliki rangkaian rencana keuangan secara rinci. Secara umum ketika Anda sudah menjalankan bisnis, tentu Anda perlu melampirkan laporan arus kas dari bisnis Anda serta proyeksi laba rugi Anda.

Anda juga bisa memasukan historis beberapa tahun terakhir, perkiraan penjualan, dan neraca yang Anda miliki. Pastikan bagian ini harus Anda tulis secara akurat. Sebab keuangan adalah sesuatu yang sensitif.

Jika Anda ingin benar-benar menguasai rencana keuangan, Anda perlu menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk memudahkan dalam memproyeksikan rencana keuangan bisnis Anda ke depan. Serta Anda bisa sesuai dengan prinsip akuntansi secara umum.

Rencana Operasional

Dalam membuat rencana bisnis, jangan lupa Anda membuat rencana operasional. Bagian ini merinci kebutuhan fisik                bisnis. Seperti lokasi usaha, peralatan yang dibutuhkan, atau fasilitas penting yang ada dalam bisnis.

Anda juga dipersilahkan untuk memperinci kebutuhan inventaris, informasi supplier, detail produksi, dan juga rencana operasional dan rencana produksi.

Tantangan dalam Membuat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Bahkan banyak pelaku bisnis yang gagal menuliskannya. Tetapi tantangan tersebut telah ABC Kotaraya rangkum. Tantangan ini telah mengidentifikasi 10 masalah paling umum yang mungkin saja Anda hadapi:

  1. Mulai
  2. Identifikasi arus kas dan proyeksi keuangan
  3. Mengetahui target pasar
  4. Singkat
  5. Membuat menarik
  6. Menetapkan tujuan yang bisa diterapkan
  7. Bersikap realistis terhadap pertumbuhan bisnis
  8. Buktikan ide Anda sepadan dengan risiko
  9. Menemukan sesuatu yang fleksibel
  10. Membuat strategi yang dapat mudah diterapkan

Kesimpulan

Membuat rencana bisnis memang bukan sesuatu yang mudah. Terlebih bagi para pelaku bisnis pemula. Oleh karena itu, Anda perlu sering-sering melakukan diskusi dengan orang-orang pengalaman. Seperti para pengusaha lain, akuntan, bankir, dan investor.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Membuat Iklan ? Tentukan Target Market Yang Tepat

ervan

Manfaat Keberagaman Ekonomi dan Peluang Bisnis

mimin ABC kotaraya

Bangga! 10 Produk Lokal yang Mendunia dan Terkenal

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment